Harga Bondek Per Lembar April 2019 Lengkap Dengan Cara Pemasangannya

Harga Bondek Cor – Bondek adalah material galvanis yang bentuk lekukannya sama seperti seng alkan dan spandek. Garis tekukan bondek sangat mirip dengan kedua jenis atap tersebut. Yang membedakan adalah bondek didesain secara khusus untuk lapisan dasar beton pada rumah bertingkat, sedangkan seng alkan dan spandek biasa digunakan untuk atap rumah. Apabila anda pernah melihat bangunan bertingkat yang biasanya menggunakan triplek tebal sebagai alas cor, maka bondek inilah sebagai pengganti triplek dan penggunaan papan.

Sekarang ini penggunaan bondek telah dikenal sebagai pelapis dasar cor selain penyangga seperti kayu atau scaffolding. Bondek dibuat dengan bentuk dan konversi yang khusus sebagai penyangga cor beton dengan ketebalan tertentu sehingga akan sangat kuat untuk menopang beban besi dan beton yang berada di atasnya. Gelombang plat bondek juga dirancang khusus dengan bentuk yang sudah diperhitungkan agar mampu menahan beban besi dan cor beton betulang. Bondek cor biasanya akan dibiarkan menempel sebagai langit-langit dak setelah cor mengering dalam waktu tertentu, sekitar 21 hari lebih setelah pengecoran dilakukan. Kita pun akan melihat pemandangan bondek di langit-langit bangunan atas lantai. Bodek biasanya juga akan dibiarkan sebagai plafon dan dicat. Tetapi kebanyakan ditutup dengan plafon sebagai desain interior.

Kelebihan dan Kekurangan Bondek

Untuk mengenal lebih jauh mengenai bondek, maka kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan bondek sebagai material bekisting:

Kelebihan atau Keunggulan Bondek

  1. Penggunaan bondek sebagai bahan material pelapis cor beton, sudah tidak perlu dibuka ataupun dilepas setelah cor beton mengering. Bahkan juga bisa dicat langsung atau hanya dibiarkan saja apa adanya. Plat bondek pun tidak akan berkarat, bahkan akan terlihat sangat rapi dan bersih apabila langit-langit dak dari bondek dibiarkan menempel. Hal ini tentunya akan lebih menghemat pekerjaan membuka bekisting.
  2. Bisa mengehemat waktu pengerjaan pembuatan bekisting.
  3. Dapat mempercepat pekerjaan corak dak, hasil cornya akan terlihat rapi dan tidak akan ada keluhan cor plat beton bocor. Hal ini dikarenakan plat bondek sangat rapat dan anti bocor.
  4. Dapat mengurangi jumlah perancah atau penyangga, tentunya ini akan lebih hemat jika dibandingkan dengan penggunaan bekisting kayu ataupun triplek.
  5. Menghemat volume cor beton sekitar 15% sampai 25%.
  6. Cara pemasangan bondek ini bisa dilakukan dengan dua cara, cara yang pertama yaitu balok lantai dicor bersamaan dengan plat lantai. Cara yang kedua, balok beton harus dicor dahulu, jika sudah mengering maka bondek bisa ditaruh di atasnya sama seperti mengecor plat bangunan

Kekurangan atau Kelemahan Penggunaan Bondek Sebagai Bekisting

  1. Plat bondek cukup sulit untuk dipotong, ini berarti dalam melakukan pemotongan anda harus menggunakan alat khusus. Sehingga ukuran bidang yang akan dicor haruslah tepat dan untuk pemesanan harus anda sesuaikan dengan hasil pengukuran bidang cor. Apabila terpaksa harus memotong, biasanya akan menggunakan angel grinder.
  2. Pemasangan bondek harus dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman, karena proses pemasangan bondek ini diperlukan keahlian yang khusus. Jika pemasangannya dilakukan oleh tukang masih belum berpengalaman maka dikhawatirkan akan terjadi kesalahan dan pemborosan material terutama bondek galvalum.
  3. Tidak disarankan untuk cor dak yang tidak mempunyai balok dan plat tepi, seperti plat pel, plat kanopi teras minimalis yang tanpa balok, dan cantilever.
  4. Dalam proses pemasangan sambungan antar sisi bondek maka anda harus menggunakan las litrik, ini berguna untuk menguatkan sambungan. Hal ini pastinya akan menambah biaya las listrik dan membutuhkan keahlian dari tukang las.
  5. Apabila dipasang secara terpisah maka aplikasi bondek harus menggunakan penopang balok. Jadi bondek akan bertumpu pada balok beton atau baja H.

Cara Pemasangan Bondek

  1. Pedoman Pemasangan

Secara prinsip, bondek dapat dipasang diatas tumpuan portal konstruksi baja, beton, dan batu bata. Panjang bondek yang digunakan minimal harus bisa menutupi dua bagian bangunan dan mempunyai jarak bentang yang efisien. Sambungan yang terdapat di antara dua panjang panel krisdek juga harus diusahakan seminimal mungkin. Walaupun panel deck bisa menjadi bekisting yang sangat aman saat kondisi beton masih basah, namun sebaiknya menggunakan papan untuk lintasan pekerja dan hindarilah pemutusan beban.

  1. Pemasangan Pada Konstruksi Baja

Pemasangan bondek diatas tumpuan baja baru bisa dilakukan setelah pekerjaan konstruksi portal baja selesai diukur dengan lot dan waterpass. Pemasangannya bisa anda lakukan dengan membentangkan material ini secara terus menerus, kemudian diikat menggunakan las listrik atau paku tembak. Jarak pemikul akhir ditentukan oleh gaya geser, biasanya sekitar 5 cm.

  1. Pengikatan dengan Las

Langkah selanjutnya adalah mengelas bagian ujung dek mulai dari atas hingga ke bawah menggunakan las cantum yang berdiameter  10 mm pada bagian rata-rata sisi rusuk panel. Tumpuan tengah setiap panel dek juga harus dilas di bagian rata sisi rusuk betina memakai kawat las baja colulose AC/CD yang memiliki ukuran 3,25 mm.

  1. Penyempurnaan Pemasangan Dek

Tutup lubang rusak dek pada sisi bidang lantai cor menggunakan pita perekat. Kemudian lakukan penyepurnaan sambungan sisi rusuk panel dek yang berjarak kurang lebih 100 m dengan cara dilas cantum, di revet dia 5 mm atau dipasangi dengan sekrup. Pada saat estimasi diperlukan adanya bahan bangunan yang berfungsi untk menahan geser, maka material ini harus dilas atau ditanam pada balok tumpuan yang terdapat di antara bagian lembeh rusuk dek. Usahakan jarak dari ujung penahan geser ke permukaan beton ini sekitar 25 mm. Penghitungan jarak penempatan tersebut dihitung berdasarkan diagram gaya lintang balok tulangan sudut agar diperoleh pembebanan yang merata.

  1. Persiapan Pengecoran

Untuk melakukan persiapan pengecoran, dibutuhkan tiang penyangga sementara yang berfungsi untuk mencegah terjadinya lendutan pada waktu cor beton masih dalam kondisi yang basah. Setelah beton berumur 4 sampai 7 hari maka tiang penyangga tesebut sudah bisa dilepaskan.

Harga Bondek 2019

Bagi anda yang saat ini sedang membeli ataupun sekedar membutuhkan informasi tentang harga bondek. Kami disini akan memberikan informasi harga bondek per meter 2019. Harga bondek sendiri tergantung dari kebutuhan anda serta ketebalan bondek yang anda inginkan. Jika kekuatan bondek akan berbanding lurus dengan ketebalannya maka sebaiknya anda memilih bondek yang paling tebal karena sudah tentu kuat. Tetapi jika anda ingin yang ekonomis, maka tebal 0.65mm adalah pilihan yang tepat. Secara umum bondek dijual per meter, dan tebalnya ini pun memiliki ukuran yang bermacam-macam. Berikut ini adalah daftar harga bondek per lembar 2019 :

JENIS BONDEK UKURAN HARGA
Bondek Galvalum/Floordeck0.75 0.75 Rp.112.700
Bondek Galvanis/Floordeck 0.75 0.75 Rp.110.400
Bondek Galvalum/Floordeck 0.70 0.70 Rp.102.350
Bondek Galvanis/Floordeck 0.70 0.70 Rp.100.050
Bondek/Floordeck 0.65 0.65 Rp.94.300

Harga Bondek Per m2

No Ukuran (Tebal) Lebar : 1 Meter Harga
1 0,65 mm Rp. 92.000/m2
2 0,70 mm Rp. 104.000/m2
2 0,75 mm Rp. 108.000/m2
3 1 mm Rp. 182.000/m2
Ukuran Bondek
1 3 Meter Tingga di kali Dengan harga permeter tebal yang di inginkan.
2 3,5 Meter Tingga di kali Dengan harga permeter tebal yang di inginkan.
3 4 Meter Tingga di kali Dengan harga permeter tebal yang di inginkan.
4 4,5 Meter Tingga di kali Dengan harga permeter tebal yang di inginkan.
5 5 Meter Tingga di kali Dengan harga permeter tebal yang di inginkan.
6 5,5 Meter Tingga di kali Dengan harga permeter tebal yang di inginkan.
7 6 Meter Tingga di kali Dengan harga permeter tebal yang di inginkan.

Demikian ulasan kami tentang “harga bondek”. Silahkan pertimbangkan juga apakah anda akan menggunakan bondek atau tetap menggunakan triplek dan papan sebagai bekisting. Sebaiknya anda juga menghitung besarnya anggaran apabila anda menggunakan bondek atau triplek dan papan. Lebih ekonomis manakah dari kedua bahan material tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda sebelum memilih membeli bondek yang sesuai dengan kebutuhan.