Fungsi dan Manfaat Buis Beton Lengkap Dengan Harga Terbaru Februari 2019

Harga Buis Beton – Buis beton atau yang  juga biasa disebut dengan gorong – gorong beton tentunya sudah tidak asing lagi, baik itu di kalangan masyarakat umum ataupun bagi para pekerja di bidang kontraktor. Buis beton merupakan salah satu material beton yang tersedia dalam bentuk yang sudah siap pakai untuk kebutuhan saluran air. Material beton yang satu ini pada umumnya digunakan dalam proyek pembangunan gorong – gorong, saluran pembuangan air dan juga drainase. Penggunaannya pun mulai dari level pembangunan rumah, pembuatan sumur dan juga jalan, tergantung dari kebutuhan buis beton itu sendiri.

Buis beton adalah bahan material modern yang digunakan dalam proses pembuatan saluran air. Selain disebut dengan buis beton, material beton ini juga sering disebut dengan nama hong atau pipe concrete, sebab material beton yang satu ini memiliki bentuk seperti pipa tetapi terbuat dari beton. Disamping itu, tentu nama standar dari buis beton adalah gorong-gorong, seperti yang biasa di sebutkan oleh para pekerja di bidang kontraktor. Selain memiliki beberapa istilah nama atau sebutan yang berbeda, buis beton ini juga memiliki beberapa fungsi yang berbeda. Meskipun pada dasarnya, cara kerja dari buis beton ini adalah sebagai penahan laju air, baik itu air yang mengalir masuk maupun air yang mengalir keluar. Itulah mengapa, bentuk dan juga ukuran dari buis beton ini selalu dibuat menyerupai pipa. Baik itu lingkaran penuh maupun setengah lingkaran.

Berdasarkan dari fungsinya pula, buis beton juga mempunyai beberapa pilihan material dan juga type yang berbeda – beda. Sebelum membahas lebih jauh tentang bentuk hingga tipe buis beton precast, kami disini akan membahas tentang fungsi dan manfaat dari penggunaan buis beton itu sendiri. Baik itu fungsi dan manfaat penggunan buis beton pada perumahan, untuk sarana publik dan sarana umum. Dibawah ini adalah uraian selengkapnya tentang buis beton tersebut.

Fungsi Buis Beton

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa fungsi buis beton pada umumnya adalah untuk saluran air. Fungsi utama dari buis beton ini memang nampak sederhana, yaitu untuk membantu proses pengaliran air. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan dibawah mengenai fungsi dari buis beton yang dibagi menjadi 3 kategori berbeda.

  1. Buis Beton Untuk Sumur Resapan

Fungsi atau kegunaan yang pertama dari buis beton adalah untuk sumur resapan. Pada fungsi yang satu ini, buis beton dipakai untuk melapisi dinding tanah saat proses pembuatan sumur resapan. Sebelum adanya buis beton, pelapis dinding tanah untuk sumur resapan dulunya dibuat dari batu kali atau biasanya dibuat dengan cara dicor. Dengan adanya buis beton sekarang ini tentu akan lebih mempermudah pengerjaan sumur tanah serta dapat lebih menghemat biaya. Untuk sumur resapan, dimensi buis beton yang akan digunakan umumnya yang berbentuk bulat (lingkaran). Jenis buis beton ini biasa disebut dengan buis beton model pipe concrete. Sumur resapan yang telag menggunakan buis beton dipercaya mempunyai keunggulan tersendiri, salah satunya adalah memiliki daya tahan yang lebih kuat. Tentunya, hal ini akan tergantung dari jenis jenis buis beton yang akan digunakan nantinya.

  1. Buis Beton untuk Gorong – Gorong

Fungsi dari buis beton selanjutnya adalah untuk gorong – gorong. Sebenarnya, buis beton atau beton precast hanya digunakan untuk gorong – gorong saja, namun seiring berjalannya waktu buis beton akhirnya juga dapat difungsikan untuk keperluan lainnya. Buis beton yang digunakan untuk gorong – gorong memiliki type yang sama dengan buis beton yang digunakan untuk sumur resapan. Hanya saja, dalam pembuatan gorong – gorong, yang sering sekali dipakai adalah buis beton dengan type setengah lingkaran. Mengenai dimensi dan spesifikasi dari buis beton akan disesuaikan dengan kebutuhan nantinya. Fungsi buis beton adalah untuk melapisi dinding tanah dengan lebih baik. Dengan menggunakan buis beton dalam pembuatan gorong – gorong ini maka proses pengerjaannya dapat lebih cepat serta gorong – gorong juga menjadi lebih kuat dan tahan lama. Itulah mengapa, sekarang ini banyak sekali pembuatan gorong – gorong atau drainase yang menggunakan buis beton daripada dicor ataupun menggunakan teknik yang lain.

  1. Buis Beton untuk Pengairan

Fungsi terakhir dari buis beton adalah sebagai pengairan. Fungsi ini sama seperti fungsi buis beton pada gorong – gorong dan juga drainase. Dimana nantinya yanga akan digunakan adalah buis beton dengan tipe buis beton bulat ataupun buis beton belah. Proses pengerjaan menggunakan buis beton ini memang akan jauh lebih cepat serta lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan material saluran yang lainnya. Selain itu, menggunakan buis beton sebagai material untuk pengairan juga lebih unggul jika dibandingkan dengan menggunakan batu kali. Hal ini dikarenakan buis beton untuk pengairan lebih mampu untuk  melindungi air dibandingkan dengan menggunakan bahan material yang lainnya, serta buis beton ini juga termasuk bahan material yang sangat kuat.

Setelah membahas 3 fungsi dari buis beton di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa buis beton terdiri dari beberapa type dan juga jenis yang berbeda. Untuk lebih detailnya, simak penjelasan dibawah ini :

  1. Type pertama, buis beton berdasarkan bentuknya

Sekarang ini kebanyakan pabrik buis beton memproduksi precast dalam 2 pilihan bentuk. Yang pertama adalah buis beton lingkaran penuh dan yang kedua adalah buis beton setengah lingkaran. Kedua bentuk ini memiliki kegunaannya masing – masing seperti yang telah dibahas sebelumnya. Buis beton lingkaran penuh biasanya digunakan untuk sumur resapan. Sedangkan, buis beton setengah lingkaran biasanya digunakan untuk pengairan air. Meskipun tak menutup kemungkinan jika untuk pengairan air akan digunakan buis beton bentuk lingkaran penuh untuk skala penggunaan yang jauh lebih besar.

  1. Type kedua, buis beton berdasarkan bahan yang digunakan

Semua jenis buis beton dibuat dari concrete atau semen yang dicetak. Bedanya adalah, ada yang menggunakan campuran pasir saat pembuatan dan ada yang tidak menggunakan campuran pasir. Buis beton tanpa campuran pasir diklaim lebih kuat sebab tidak akan ada air yang masuk ke dalam nantinya. Sedangkan buis beton yang dicampur pasir biasanya digunakan untuk sumur resapan.

  1. Type ketiga, buis beton berdasarkan penggunaan rangka atau tulangan

Buis beton ada yang menggunakan rangka baja, yang mana daya tahannya tentu akan lebih kuat. Ada pula buis beton yang tidak menggunakan rangka, yang mana daya tahannya tentu akan lebih mudah rapuh. Dalam pembuatan gorong – gorong, biasanya yang digunakan adalah buis beton yang menggunakan rangka. Buis beton yang mengguakan rangka ini memiliki istilah lain yaitu buis beton bertulang.

 

Maanfaat Penggunaan Buis Beton

Setelah mengetahui fungsi dan juga jenis-jenis buis beton, berikutnya kita akan membahas manfaat dari buis beton. Sebenarnya menfaat dari buis beton ini terfokus pada proses penggerjaannya yang akan menjadi lebih mudah. Penggunaan buis beton sebagai material bahan bangunan juga lebih baik dibandingkan dengan menggunakan cor. Terlebih jika menggunakan buis beton dengan rangka baja dan tanpa adanya bahan material pasir, maka sudah bisa dipastikan jenis buis beton ini akan lebih kuat daripada cor. Manfaat yang lain adalah harga buis beton ini lebih terjangkau.

Harga Buis Beton

Harga buis beton saat ini sedang stabil dan tidak ada kenaikan harga yang terlalu signifikan. Berikut ini akan kami berikan list harga buis beton yang lengkap beserta spesifikasinya.

 

Harga tersebut dapat berubah sewaktu – waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Biasanya, ada harga yang mahal namun kualitasnya tidak terjaga. Begitupun sebaliknya, biasanya banyak pula yang harganya murah namun kualitasnya malah lebih baik. Jadi anda harus pandai – pandai menentukan pilihan, buis beton mana yang benar – benar tepat untuk kebutuhan proyek anda. Semoga tabel list harga dan spesifikasi buis beton diatas dapat membantu anda memilih dan menemukan buis beton yang tepat.