Harga Conwood Dan Keunggulannya Terbaru Februari 2019

Lantai Conwood – Jenis kayu yang biasa kita jumpai adalah kayu mahoni, jati, akasia, dan trembesi yang sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan furnitur dan mebel rumah minimalis. Bahan-bahan kayu tersebut diambil secara alami melalui proses pemotongan di hutan dan diproduksi untuk membuat meja, kursi, lemari, tempat tidur, dan sebagainya. Namun, pernahkah anda mendengar conwood? Jika anda masih asing dan belum pernah mendengar ataupun mengetahui apa itu conwood, mari simak ulasan mengenai conwood dibawah ini.

Pengertian Conwood

Apabila diterjemahkan secara kasar, mari kita bedah terlebih dahulu kata conwood. Kata conwood terdiri dari dua kata yaitu “con” dan “wood”. Kata “con” sendiri dalam bahasa inggris berarti “tipuan” atau “bohongan”, sedangkan kata “wood” dalam bahasa inggris berarti “kayu”. Jadi secara singkatnya, conwood ialah kayu “tipuan” atau bukan kayu asli yang biasanya didapatkan dari hutan secara alami. Lalu, dari manakah conwood ini berasal? Seperti bahan sintetis yang lainnya, bahan bangunan yang memiliki kandungan fiber semen dan kumpulan selulosa dibuat dalam proses ramah lingkungan untuk memproduksi conwood. Hasil akhirnya nanti menyajikan conwood yang memiliki bentuk dan teksture mirip seperti kayu asli, sehingga conwood bisa dibentuk menjadi furniture atau bisa juga diimplementasikan dalam struktur bangunan. Masalah kualitasnya tidak jauh berbeda dengan kayu asli, harga kayu conwood juga semakin kompetitif.

Produksi conwood sendiri terinspirasi dari gagasan pembangunan-pembangunan sekarang ini. Kayu merupakan bahan alami, jika terus menerus ditebang dan tidak diperbaruhi secara seimbang dengan penebangannya tentu akan punah. Masalah-masalah yang ada diperhutanan bisa diatasi dengan cara menanam pohon-pohon yang baru, tetapi hal ini pastinya akan memakan banyak waktu, biaya, dan pembibitan yang harus memadai. Maka dari itu, diproduksilah  conwood sebagai pengganti kayu yang tentunya ramah lingkungan untuk memungkinkan masyrakat memproduksi benda-benda yang berbahan dasar kayu namun sambil menjaga keharmonisan dengan lingkungan.

Conwood diproduksi menggunakan serat selulosa yang memiliki kualitas terbaik dan semen portland (semen yang biasanya digunakan untuk bahan dasar beton atau mortar), anda sekaligus mempunyai gabungan beton dan kayu dalam satu paket apabila anda memilih conwood untuk furnitur rumah. Keunggulan conwood terdapat pada kekuatan materialnya yang tahan lama, bebas rayap, dan tidak mudah terbakar. Sehingga conwood tidak akan membuat rumah anda kaku ataupun tidak menarik. Material conwood ini juga tetap mempertahankan keindahan dan nuansa kayu yang alami, anda pun tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan conwood.

Jenis Jenis Conwood

Dengan bentuk dan terksturnya yang  menyerupai kayu asli, conwood bisa digunakan untuk berbagai macam elemen bangunan. Conwood nantinya juga diprediksi akan menggantikan kayu sebagai material bangunan untuk kedepannya karena conwood jauh lebih efisien dan tahan terhadap rayap, api, dan cuaca. Conwood memiliki produk yang sangat bermacam-macam, berikut adalah berbagai macam conwod yang sesuai dengan fungsi dan peruntukannya :

  1. Conwood Fence biasa digunakan untuk pembuatan pagar.
  2. Conwood Siding atau lisplank dinding.
  3. Conwood Plank 1” biasa digunakan untuk lisplank.
  4. Conwood Plank 2” biasa digunakan untuk lisplank dinding.
  5. Conwood Deck 12” biasa digunakan untuk lantai.
  6. Conwood Eave 2in1 biasa digunaakan untuk lisplank atap.
  7. Conwood Decorative Deck digunakan untuk lantai.
  8. Conwood Lath Cut 3” biasa digunakan untuk plafond luar bangunan.
  9. Conwood Sunshade biasa digunakan untuk grill atau penghalang cahaya matahari.
  10. Conwood Siding G Series biasa digunakan untuk panel dinding.
  11. Conwood Lath UG biasa digunakan untuk plafons dalam bangunan.
  12. Conwood Lap Sidding BG biasa digunakan untuk panel.
  13. Conwood Mould biasa digunakan untuk plit lantai.
  14. Conwood Decorative Stair biasa digunakan untuk tangga.
  15. Conwood Decorative Panel V-Groove biasa digunakan untuk papan dekorasi dinding.
  16. Conwood Decorative Panel biasa digunakan untuk papan dekorasi dinding.

Keunggulan & Kelebihan Conwood

  1. Indah Seperti Kayu Asli

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa conwood merupakan material alternatif pengganti kayu yang ramah lingkungan, terbuat dari campuran serat fiber dan semen Portland berkualitas, dan memiliki bentuk yang indah seperti kayu asli.

  1. Hemat Biaya dan Waktu

Conwood juga tahan rayap, tahan api, bisa di gergaji dan cukup mudah dipasang, sehingga hal ini akan membuat anda lebih menghemat biaya dan waktu untuk mengaplikasikan conwood dirumah anda.

  1. Bebas Rayap

Menggunakan bahan kayu sebagai furnitur dirumah anda tentunya akan mudah rusak oleh Rayap. Maka dari itu, kini Conwood hadir untuk menjadi material alternatif sebagai pengganti kayu yang mempunyai keunggulan tanpa takut rusak akibat Rayap.

  1. Dapat digergaji

Sebagai material alternatif pengganti kayu, conwood juga bisa di gergaji layaknya seperti kayu yang asli. Sehingga hal ini akan lebih memudahkan anda untuk memasang ataupun mengaplikasikan conwood di rumah anda.

  1. Mudah Dipasang

Kayu sendiri terkenal akan kemudahannya untuk diolah menjadi bahan furnitur apapun yang dibutuhkan oleh manusia, , hanya dengan paku dan palu kita bisa dengan mudah mengolah sebilah kayu.. Sama seperti conwood yang juga mudah diolah dan mudah dipasang.

  1. Tahan Terhadap Api

Kindahan produk conwood yang sama seperti kayu asli serta dilengkapi dengan daya tahan terhadap api yang cukup tinggi, sehingga akan sangat cocok untuk diaplikasikan di rumah anda.

  1. Tahan Terhadap Cuaca

Dengan konduktivitas thermal 0.184 W/m.K, produk conwood mempunyai ketahanan terhadap suhu panas yang sangat baik. Sangat cocok sekali untuk mempercantik eksterior rumah anda sekaligus sebagai penahan panas dari cahaya matahari dan anda tidak perlu takut lapuk akibat kelembaban.

  1. 100% Bebas Asbes

Conwoon telah teruji dan mendapatkan Singapore Green Label sebagai meterial alternatif kayu yang ramah lingkungan dan 100% bebas asbes.

Cara Mengecat Conwood Agar Seperti Kayu Alami

Conwood merupakan material pengganti kayu yang dibuat dari semen fiber. Berdasarkan dari bahan pembuat (semen) bisa diperkirakan bahwa warna dasar conwood adalah abu-abu sama seperti warna semen, bukan seperti kayu alami yang biasanya bewarna kekuningan atau kecokelatan. Pabrikan yang memproduksi conwood telah merekomendasikan material cat yang bisa digunakan untuk mengecat conwood yaitu cat Fiberkote, cat ini diproduksi oleh Propan. Disamping itu, pabrik conwood juga memberikan intruksi dan pentunjuk tentang bagaimana cara mengecat conwood yang benar. Berikut adalah cara mengecat conwood sesuai dengan instruksi dan petunjuk dari pabriknya :

  1. Pertama, siapkanlah material conwood dan pasang dengan ketentuan serta regulasi yang sesuai dengan Panduan Instalasi Conwood.
  2. Setelah material tersebut sudah terpasang, tutup bekas sekrup menggunakan MU-408 warna Extra Grey. Tunggu sampai mengering dan kemudian di amplas sampai rata dengan permukaan.
  3. Persiapkan cat warna abu-abu Decorshield – Castle Grey dengan campuran air sekitar 50% kemudian aplikasikan ke permukaan conwood yang sudah terpasang dengan menggunakan kuas bulu. Tunggu sampai mengering.
  4. Setelah cat abu-abu tersebut sudah mengering, kemudian aplikasikan Fiberkote dengan campuran air sekitar 10% sampai tiga lapis (setiap lapis diamplas supaya permukaan halus)

Harga Conwood

Conwood yang memiliki kualitas terbaik akan sebanding dengan harga conwoodnya, jadi anda harus memilih dengan cermat atau tanyakanlah pada penjual conwood jika ada yang tidak anda pahami. Berikut adalah tabel harga conwood yang mungkin biasa anda jadikan gambaran sebelum membeli conwood yang sesuai :

Conwood Lantai

Produk Ukuran m2/pack Harga/pcs
Conwood Deck 4“ 102x3050x14 3.22 Rp 80.250
Conwood Deck 6“ 152x3050x14 2.15 Rp 115.500
Conwood Deck 8“ 203x3050x14 1.61 Rp 160.000
Conwood Deck 4“ 102x3050x25 1.22 Rp 159.999
Conwood Deck 6“ 152x3050x25 2.15 Rp 225.250
Conwood Deck 8“ 203x3050x25 1.61 Rp 305.500
Conwood Deck 12“ 300x3050x25 1.09 Rp 445.999

Conwood Tangga

Produk Ukuran m2/pack Harga/pcs
Conwood Stair 8” (Vertikal) 200x1200x16 0.83 Rp 99.999
Conwood Stair 12” (Horizontal) 300x1200x25 0.83 Rp 180.000
Conwood Stair 8” (Handrail) 85x3050x30 0.33 Rp 147.500

Itulah ulasan mengenai harga conwood atau harga conwood per m2 yang banyak tersedia dipasaran. Conwood bisa digunakan sebagai pengganti kayu pada proyek pembangunan sebuah rumah ataupun gedung. Bahan material ini sangat cocok untuk indoor ataupun outdoor dengan berbagai pengaplikasian pada atap, dinding, plafon, lantai, dan pagar. Sebelum membeli, anda bisa mengecek terlebih dahulu harga conwood terbaru di pasaran supaya memiliki gambaran.