Jenis, Fungsi, dan Tips Merawat Engsel Pintu Lengkap dengan Harga Terbaru Februari 2019

Harga Engsel – Kegiatan yang mungkin tidak pernah kita lewati sehari-hari adalah membuka dan menutup pintu. Pintu sendiri  terdiri dari komponen-komponen yang penting, seperti engsel pintu. Bagaimana jadinya jika sebuah pintu tidak dilengkapi dengan engsel? Tentunya, sebuah pintu tanpa engsel tidak dapat difungsikan sebagai akses masuk dan keluar. Engsel merupakan salah satu benda yang paling penting agar pintu bisa berfungsi dengan baik. Meskipun fisik engsel ini tertutupi dan hampir tidak terlihat, tetapi engsel pintu memiliki peran penting untuk menyatukan dua obyek padat. Bahan pembuatan engsel sendiri berbeda-beda, ada yang terbuat dari besi, plastik, kuningan, ataupun logam campuran. Modelnya juga sangat beragam dan tentunya memiliki fungsi yang berbeda. Untuk tukang bangunan pastinya harus bisa mengenali jenis-jenis dan fungsi engsel pintu, karena jika penggunaanya tidak tepat maka fungsi dari engsel tersebut tidak akan optimal bahkan engselnya bisa rusak. Jadi bisa disimpulkan bahwa engsel pintu yang akan dipasang harus sesuai dengan beban yang ditanggung oleh engsel itu sendiri.

Jenis-jenis Engsel dan Fungsinya

  1. Engsel Kupu-kupu

Sesuai dengan namanya, engsel ini memiliki model seperti kupu-kupu. Engsel kupu-kupu ini memiliki bentuk yang tipis dan bahannya terbuat dari logam besi dan ada juga yang terbuat dari bahan kuningan. Fungsi engsel ini yaitu, untuk menghubungkan daun pintu dan bingkai pintu yang berbobot ringan. Penggunaan engsel kupu-kupu ini idealnya dipasangkan pada sebuah pintu yang berbahan alumunium, Upvc dan pintu dengan material kayu yang ringan. Engsel kupu-kupu memiliki beberapa ukuran yaitu, 1,5inch, 2inch, 2,5inc, 3inch, dan 4inch.

  1. Engsel Panel

Bentuk engsel panel tidak jauh berbeda dengan engsel kupu-kupu, tetapi lebih tebal dan kokoh sehingga engsel ini bisa digunakan untuk beban yang lebih berat lagi dibandingkan engsel kupu-kupu. Engsel panel biasa digunakan untuk pintu panel atau pintu yang terbuat dari kayu, maka dari itu engsel ini di beri nama Engsel Panel. Untuk jendela atau pintu yang memiliki beban berat sebaiknya menggunakan engsel ini karena engselnya tidak akan mudah rusak. Engsel panel memiliki beberapa ukuran yaitu, 3inch 4inch, 5inch, dan 6 inch.

  1. Engsel Pintu Sendok (Concealed Hinge)

Engsel pintu sendok biasanya digunakan pada pintu lemari dan kotak penyimpanan tertutup. Engsel pintu sendok terdiri dari dua jenis yaitu, engsel lurus dan engsel bengkok. Engsel lurus biasa digunakan pada pintu luar. Pada akhir pemasangan hanya bagian pintu saja yang terlihat dari luar. Sedangkan daun pintu menutup sisi tebal dinding samping. Sedangkan engsel bengkok biasa digunakan pada pintu dalam. Apabila sebuah pintu lemari menggunakan engsel ini maka pada saat posisi tertutup permukaannya akan sama rata dengan sisi tebal dinding samping lemari.

  1. Engsel Pintu Patrom / Engsel H

Engsel pintu patrom memiliki bentuk yang menyerupai huruf H, maka dari itu engsel ini biasa disebut dengan engsel H. Engsel ini berfungsi untuk pintu yang memiliki beban tidak begitu berat. Dengan menggunakan engsel pintu patrom maka pintu bisa dilepas dan dipasang kembali dengan mudah.

  1. Engsel Pintu Koboi (Double Action Hinge)

Dengan menggunakan engsel pintu koboi maka daun pintu bisa diayunkan ataupun digerakkan dalam jangkauan penuh, ini karena adanya tekanan per di dalam engsel sehingga bisa digerakkan ke arah luar dan dalam. Engsel pintu koboi juga bisa diatur supaya pintu tertutup sesuai dengan kehendak pemiliknya, dan bisa dipasang pada pintu tanpa ditakik. Engsel pintu jenis ini banyak dijumpai di tempat bisnis seperti di kafe dan restoran yang mana pintu tersebut bisa diayunkan ke dua arah yaitu kedalam dan keluar.

  1. Engsel Pintu Piano (Continuous Hinge)

Menurut sejarahnya, engsel pintu piano ini pernah digunakan pada daun penutup piano. Namun saat ini, engsel piano banyak disematkan pada daun pintu, daun pintu lemari, dan daun jendela. Engsel piano ini biasanya dijual gulungan. 1 gulungan panjangnya mencapai sekitar 3 meter. Sedangkan untuk pemakaiannya, engsel ini bisa dipotong sesuai dengan panjang daun pintu.

  1. Engsel Pintu Bubut (Barrel Hinges)

Engsel bubut merupakan engsel yang memiliki bentuk seperti tabung besi  dengan lubang di bagian tengahnya seperti silinder guna untuk menempatkan poros atau pivot sebagai inti gerakan putaran engsel. Apabila digunakan pada pintu besi maka pemasangannya harus di las. Sedangkan jika digunakan pada pintu kayu, biasanya sudah tersedia plat dengan lubang sekrup untuk mengencangkannya pada kusen atau pintu.

  1. Engsel Pintu Gudang

Engsel gudang biasanya digunakan pada pintu kayu gudang dan garasi. Engsel pintu yang satu ini memiliki bentuk panjang dan mengerucut. Untuk beban pitu yang lebih berat, maka engsel gudang harus dipasang sejajar sesuai dengan beratnya pintu agar stabil.

Tips Merawat Engsel Pintu

Sama seperti bagian rumah yang lainnya, engsel pintu juga perlu dirawat supaya tidak mudah berkarat dan pintu bisa terbuka dan tertutup sempurna setiap saat. Jika tidak, maka pintu tersebut akan berderit ketika digerakkan akibat debu dan kotoran yang telah menumpuk di permukaan engsel. Engsel pintu yang terbuat dari bahan logam (yang tidak anti karat) juga memiliki resiko untuk mengalami korosi. Sebenarnya, cara merawat engsel pintu sangatlah mudah, hanya dengan mengoleskan bahan pelumas ke beberapa bagian engsel pintu. Berikut ini adalah pentunjuk untuk merawat engsel pintu :

  • Pilihlah bahan pelumas yang dapat menjangkau ke seluruh bagian engsel serta menembus lapisan kotoran pada engsel pintu. Jenis pelumas yang direkomendasikan adalah pelumas yang berbahan silikon (dalam kemasan semprot).
  • Lepaskan batang silinder (privot atau poros) engsel supaya pelumas bisa menjangkau bagian-bagian terdalam pada engsel pintu.
  • Oleskanlah pelumas tersebut ke bagian poros engsel, sayap engsel, dan buku engsel (tempat untuk memasukkan batang silinder). Cara pengolesannya bisa tipis-tipis. Ulangilah jika perlu.
  • Pasang kembali batang silinder ke tempat yang semula. Namun jika pintu masih saja berderit, maka berarti pelumas engsel masih kurang.
  • Bersihkanlah sisa pelumas tersebut menggunakan lap. Pintu berderit karena terdapat kotoran yang menumpuk di beberapa bagiannya. Maka dari itu, penting sekali untuk membersihkan engsel secara teratur.
  • Sedangkan engsel pintu yang macet biasanya dikarenakan batang silinder sudah berkarat. Apabila hal ini terjadi, memberikan pelumas saja tidak akan berhasil untuk mengatasinya sehingga anda harus mengganti batang silinder.

 

Daftar Harga Engsel Pintu Terbaru 2019

Bagi anda yang sedang mencari daftar harga engsel pintu paling update, kami akan memberikan informasi harga terbaru paling uptodate untuk tahun ini. Pastinya untuk merk dan modelnya merupakan yang paling populer di Indonesia dan mempunyai kelebihan serta kekurangan tersendiri di setiap jenisnya, baiklah langsung saja lihat selengkapnya melalui tabel berikut ini.

Deskripsi Barang
Harga
Engsel Jendela Arcel Nrp 3″ Sss Sus 304 Rp. 45.700,-
Rel Pintu Geser Soligen J3 180 cm Rp. 182.000,-
Engsel Pintu Garasi Lipat Besi / Kayu Henderson Rp. 160.000,-
Engsel Pintu SOLID 4 inch Tebal 3 inch Rp. 37.500,-
Engsel Pintu Arcel Nrp 4″ Sss Sus 304 Rp. 52.900,-
Engsel Pintu Arcel Nrp 5″ Sss Sus 304 Rp. 74.000,-
Engsel Binoche Premium 32525 2bb Sss Rp. 33.500,-
Engsel Pintu Stainless 3″ Ecoline Dekson Rp. 30.000,-
Engsel Pintu Stainless Steel 4x3x3mm 4bb Rp. 60.000,-
Engsel 4″ H 2bb Ecoline Dekson/ Engsel Aluminium Tanpa Coak Rp. 47.500,-
Engsel Pintu Stainles 4″Ecolen Dekson Rp. 40.000,-
Handle Pintu Sliding Arcel 628 Sss Sus 304 Rp. 244.200,-
Engsel Pintu Stainless Steel 3×2.5×2.5mm 2bb Rp. 40.000,-
Engsel Pintu Kupu Kupu 3″X2,5″X2 Mm 2bb Hampton Rp. 17.000,-
Body Kunci Arcel Full Sss Sus 304 Rp. 244.600,-

Pilihlah jenis dan model pintu engsel yang sesuai dengan kebutuhan anda dan jangan terlalu memikirkan harganya, karena engsel memiliki peran penting dalam sebuah pintu agar berfungsi dengan baik serta tahan lama. Beberapa daftar harga engsel pintu diatas mungkin berbeda dengan harga yang ada dipasar, biasanya tergantung dari tempat dan daerah anda tinggal.