Harga Glasswool Terbaru, Cara Memasang Dan Manfaatnya Lengkap Februari 2019

Harga Glasswool – Glasswool merupakan material insulasi yang terbuat dari serat fiberglass yang telah diolah melalui proses tertentu sehingga menghasilkan tekstur yang mirip dengan wol atau bulu domba. Saat ini glasswool masih banyak dipilih dan digunakan karena termasuk dalam insulasi atau sebuah material untuk meredam panas dan suara yang memiliki kualitas sangat baik.

Glasswool juga sangat mudah digunakan karena memiliki sifat yang elastis sehingga dapat dengan mudah dipasang. Biasanya, glasswool sering dipilih dan digunakan sebagai lapisan di bawah pabrik, gudang, rumah, perkantoran, dan tak jarang pula glasswool sering dijumpai di studio – studio kedap suara.

Bahan dasar yang memiliki sifat sebagai peredam panas pada glasswool bertujuan untuk menjaga suhu agar tetap stabil sehingga ketika sedang menempati sebuah ruangan kita akan merasa lebih nyaman. Saat ini, kebutuhan akan peredam panas sendiri sangat banyak diminati, maka tak heran apabila banyak pula para pengembang perumahan yang akhirnya memilih glasswool sebagai nilai tambah.

Tidak hanya untuk perumahan, di sektor industri juga banyak sekali perusahaan yang memilih dan menggunakan peredam panas sebagai kebutuhan pabriknya. Biasanya pabrik yang memilih menggunakan peredam panas atau glasswool ini memasangnya di gudang yang suhunya memang sangat panas, hal ini dilakukan supaya para karyawan bisa lebih merasa nyaman saat bekerja.

Ciri – ciri atau karakterisitik dari glasswool sendiri lebih mirip seperti selimut tebal yang dibalut dengan warna kuning. Saat ini, glasswool dapat dengan mudah ditemukan di pasaran, banyak pula yang menjual glasswool secara ecer dan dalam bentuk lembaran. Bahkan, karena glasswool sering digunakan dan memang banyak sekali dibutuhkan, sekarang ini glasswool juga dapat dibeli dengan jumlah yang besar dalam bentuk roll. Rata – rata glasswool memiliki ketebalan sekitar 25 mm hingga 50 mm dengan densitas permukaan yang bisa anda dapatkan dengan ukuran mulai dari 25g per meter persegi hingga 75g per meter persegi.

Manfaat Glasswool

Pemakaian glasswool dengan tujuan untuk meredamkan panas memang termasuk salah satu pilihan yang tepat dan tentunya bermanfaat. Manfaatnya pun bisa langsung dirasakan utamanya bagi anda yang menggunakan glasswool untuk meredam panas di ruangan. Beberapa manfaat menggunakan glasswool untuk meredam panas di ruangan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Mampu menjaga suhu udara dengan tepat.

Salah satu manfaat glasswool untuk ruangan adalah dapat membuat suhu di ruangan anda jadi lebih terjaga serta dapat terhindar dari suhu udara yang terlalu dingin ataupun terlalu panas.

  1. Lebih hemat listrik.

Dengan menggunakan glasswool sebagai peredam panas di ruangan anda tentunya mampu meminimalisir dan menghemat penggunaan listrik. Dengan demikian, anda tak perlu lagi membayar listrik terlalu mahal, sebab dengan adanya glasswool, penggunaan AC (Air Conditioner) ataupun kipas angin yang boros listrik juga dapat diminimalisir.

  1. Aman dan tidak bau.

Manfaat berikutnya yang bisa anda dapatkan dari penggunaan glasswool ini adalah tidak menimbulkan bau tak sedap yang berbahaya utamanya terhadap kesehatan. Dengan demikian, suasana yang nyaman pun dapat selalu tercipta dan terjaga tanpa adanya gangguan dari bau – bau yang aneh dan tak sedap.

Glasswool vs Aluminium Foil

Alat peredam panas lain yang juga masih diminati adalah aluminium foil. aluminium foil sendiri memiliki sifat yang elastis, kuat, tahan air dan mampu menahan serta memantulkan panas sinar matahari. Fungsi aluminium foil ini pada umumnya memang sama dengan glasswool, yaitu sama – sama dapat digunakan sebagai alat peredam panas. Namun, jika ditinjau lebih lanjut, glasswool memiliki beberapa kekurangan apabila dibandingkan dengan aluminium foil.

Hal ini yang menjadikan glasswool memiliki perbedaan dengan aluminum foil, utamanya jika ditinjau mengenai fungsi dan juga cara kerja dari keduanya. Perbedaan tersebutlah yang akhirnya menjadikan glasswool memiliki nilai rendah dan membuat para pengguna beralih ke aluminium foil.

Beberapa perbedaan tersebut diantaranya :

  • Glasswool meredam panas dengan cara menyerap, berbeda dengan aluminium foil yang meredam panas secara reflektif. Kelemahan dari sistem serap yang dimiliki glasswool yaitu sangat bergantung terhadap ketebalan dari glasswool itu sendiri. Hal tersebut yang menjadikan panas akan tetap memuai apabila daya tampungnya sudah tidak muat. Sedangkan daya serap aluminium foil tidak bergantung pasa seberapa tebalnya melainkan benar – benar murni dari lapisan foil yang ada di permukaannya untuk dapat memantulkan berapapun panas yang datang.
  • Daya tahan glasswool lebih rendah jika dibandingkan aluminium foil. Hal ini dapat terjadi karena glasswool tidak tahan air, sehingga mudah lapuk dan disukai oleh serangga atau tikus. Sedangkan aluminium foil selain dapat memantulkan panas juga lebih tahan terhadap air sehingga tidak mudah lapuk dan tidak disukai serangga atau tikus.
  • Dalam hal kesehatan, glasswool cukup membahayakan sebab glasswool memiliki sifat karsinogen bagi manusia bila terhirup di pernafasan dalam jangka waktu tertentu. Kontak langsung dengan glasswool juga dapat menimbulkan gatal serta iritasi pada kulit.

Cara Kerja Glasswool

Serat – serat halus yang sudah dipress jadi satu pada lembaran glasswool akan membentuk banyak rongga kecil. Rongga – rongga kecil tersebut berfungsi sebagai kantong udara yang terpisah satu sama lain, kantong udara yang terpisah ini akan memperlambat transfer panas dan suara. Semakin banyak rongga kecil yang ada pada lembaran glasswool akan menjadikan transfer panas dan suaranya juga makin lambat.

Cara Penanganan

Pada umumnya, glasswool memiliki ukuran serat sekitar 5 – 10 micron, dimana 1 micron = 1/1000 milimeter. Namun ada pula partikel halus debu glasswool yang ukurannya dibawah 3 micron yang dapat terhirup dalam sistem pernafasan. Partikel halus yang terlepas dari glasswool ini dapat menyebabkan gatal bahkan iritasi di kulit, mata serta pernafasan pada pekerja yang tidak mengenakan alat bantu saat pemasangan. Maka dari itu, gunakanlah masker sebagai pelindung pernafasan, kacamata sebagai pelindung mata serta sarung tangan dan juga pakaian guna menutup permukaan kulit agar tidak terkena debu glasswool. Tips pemasangan untuk meminimalisir efek debu glasswool terhadap kesehatan diantaranya :

  • Tutup permukaan glasswool dengan lapisan Wofen Foil Laminasi guna mengurangi partikel debu yang dapat terlepas dan terhirup.
  • Hindari peasangan glasswool pada bagian yang mendapatkan getaran secara kontinu (berkelanjutan). Sebab getaran tersebut mampu membuat partikel debu terlepas lalu terhirup.

Harga Glasswool

Di Indonesia, terdapat dua jenis glasswool yang banyak dijual di pasaran, yaitu glasswool tanpa branded dan glasswool yang branded. Namun, kebanyakan yang dijual di Indonesia adalah glasswol tanpa branded yang otomatis tidak disertai dengan sertifikasi yang menjamin kemanannya terhadap api atau panas dan juga bagi lingkungan. Glasswool – glasswool tanpa branded ini biasanya banyak digunakan untuk proyek – proyek yang memiliki anggaran rendah atau tidak terlalu tinggi serta harga yang ditawarkan pun lebih ekonomis.

Berikut ini kami berikan anda referensi mengenai daftar harga glasswool yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

No

Keterangan Ukuran Tebal

Density / m3

1

Glasswool

1.2x30m

2.5cm

16 kg
2

Glasswool

1.2x15m

5cm

16 kg

3

Glasswool

1.2x30m

2.5cm

24 kg
4

Glasswool

1.2x15m

5cm

24 kg

5

Glasswool

1.2x15m

5cm

32 kg