Harga Folding Gate dan Rolling Door Otomatis Manual Lengkap April 2019

Harga Rolling Door – Saat ini, beberapa industri yang memproduksi beraneka jenis material dan juga konstruksi bangunan semakin bersaing dengan menonjolkan berbagai produk andalannya masing – masing. Jenis bahan bangunan yang sekarang ini banyak diproduksi oleh CV dan juga industri – industri ternama seperti misalnya Sanwamas, Arimata Steel, MaxindoSteel, Afindo dan juga Mega Cipta Steel adalah folding gate dan rolling door. Kedua jenis bahan material ini memang seringkali kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari

Belakangan ini, banyak sekali proyek yang mengerjakan sejumlah pembangunan, dimana pembangunan tersebut tidak hanya perumahan namun banyak pula yang didominasi oleh pertokoan. Dalam tahap pembangunannya sendiri tentu sudah harus memiliki perencanaan yang matang sebelum sampai pada tahap yang terakhir atau proses finishingnya nanti. Salah satu tahap finishing atau penyelesaian dalam pembangunan pertokoan yang harus anda perhatikan dengan teliti adalah pemasangan rolling door dan juga folding gate.

Folding gate saat ini tidak hanya digunakan sebagai penutup garasi sebuah rumah saja, namun sudah banyak juga pertokoan yang memilih dan menggunakan folding gate ini sebagai salah satu pengganti pagar untuk keamanan tokonya. Banyak orang yang beranggapan bahwa rolling door dan folding gate ini sama, padahal kedua jenis pagar gulung ini memiliki karakteristik yang berbeda dan ada beberapa hal yang membedakan keduanya.

Penggunaan Folding Gate dan Rolling Door pada Bangunan

  1. Folding Gate

Folding gate merupakan pintu dengan sistem buka tutup kesamping kiri dan kanan. Folding gate sendiri mempunyai dua bilah pintu yang terdiri atas dua sisi rangka dengan posisi silang yang saling menyambung diantara plat UNP sebagai pegangannya. Folding gate pada umumnya mempunyai ukuran yang lebih lebar jika dibandingkan dengan rolling door, ini dikarenakan folding gate mempunyai dua bilah pintu. Folding gate biasanya banyak digunakan sebagai pintu toko ataupun pintu garasi.

Cara kerja dari folding gate sendiri adalah dengan didorong ke samping kanan atau kiri menggunakan sistem sliding yang bertumpu pada rel, hingga saat didorong pintu akan melipat. Folding gate yang dijual di pasaran ada dua jenis. Pertama, folding gate yang ditutup dengan slat daun seperti yang sering kita jumpai pada ruko dan juga gudang pabrik. Kedua, folding gate harmonika yang transparan. Dikatakan transparan sebab struktur rangkanya tidak ditutupi dengan slat daun, hal ini bertujuan untuk menampilkan estetika dari rangka yang dibentuk dengan beragam model – model artistik.

Berikut ini beberapa tips untuk anda supaya lebih mengenali folding gate sebelum membelinya :

  • Slat Daun dan UNP

Di pasaran biasanya ketebalan slat daun ini umumnya berkisar 0.3 mm, 0.4 mm, 0.5 mm, 0.6 mm, 0.8 mm, 1.0 mm dan 1.2 mm. Sebaiknya, pemilihan tebal slat daun ini harus diimbangi dengan ketebalan UNP-nya supaya makin kuat dalam pemakaiannya dan lebih awet. UNP-nya sendiri juga mempunyai beragam jenis ketebalan yang dapat disesuaikan dengan lebar dan tinggi bangunan.

  • Jari – jari

Jari – jari merupakan bagian rangka yang terkadang mengalami masalah dan mengakibatkan kerusakan. Masalah ini biasanya terjadi karena jari – jari melengkung dan keluar rangka yang disebabkan ketebalannya kurang dapat menahan beban folding gate-nya. Jari jari hanya ada dua, yaitu di atas dan bawah. Untuk itu sebaiknya ada memilih jari – jari yang tebal atau sedang serta sesuaikan dengan tinggi dan juga lebar pintu supaya pemakaiannya dapat lebih awet.

  • Roda Kecil

Roda ini merupakan bagian kecil yang fungsinya sangat penting dalam penggunaan folding gate. Untuk itu, roda kecil ini harusnya memiliki kualitas yang baik supaya pintu mudah dibuka dan ditutup.

  • Pelatuk

Bagian kecil ini biasanya jarang diperhatikan, padahal masalah yang ditimbulkan dapat sangat mengganggu. Beberapa kasus yang ada pada folding gate adalah karena pelatuk-nya tidak bisa atau susah dikunci. Apabila masalah tersebut terjadi, anda perlu spesialis yang tepat supaya kondisinya tidak makin parah. Sebaiknya, saat membeli pastikan pelatuk-nya benar – benar bermutu.

  • Rel

Ketebalan rel ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk pintu yang sering digunakan sebagai jalan keluar masuk seperti usaha bengkel atau pabrik, sebaiknya menggunakan rel tanam supaya lebih awet dan tahan terhadap tekanan berat.

  • Silinder dan Keamanan Tambahan

Pilihlah silinder yang kualitasnya baik untuk dapat memudahkan saat menutup dan membuka folding gate. Selain itu, akan sangat baik apabila folding gate dilengkapi dengan tutup silinder atau pengamanan tambahan untuk keamanan sebuah bangunan. Kunci pintu-nya juga harus dipastikan kuat dan terbuat dari bahan besi supaya tak mudah dibongkar.

  1. Rolling Door

Rolling door merupakan pintu yang menggunakan sistem buka tutup dengan menggulungnya ke atas dan ke bawah. Slat dau pintunya digulung ke arah atas dan juga bawah melalui sebuah alat atau komponen yang ada pada box atas, dimana komponen tersebut terdiri atas pipa as, roda gulung serta per. Roda gulung dan per ini lah yang berfungsi untuk menggulung slat pintu saat rolling dor akan dibuka dan mengulurnya saat akan ditutup. Sedangkan pipa as-nya sendiri merupakan pilar tempat tumpuan semua beban dari rolling door. Rolling door pada umumnya terdiri dari satu daun pintu, namun ada pula rolling door yang terdiri dari beberapa daun pintu yang dipisahkan oleh slat di bagian tengahnya.

Rolling door sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu rolling door manual dan rolling door otomatis. Untuk rolling door manual sendiri dibuka dan ditutup secara manual menggunakan alat bantu seperti tangkai untuk dapat menjangkau pegangan pintunya. Sedanglan rolling door otomatis atau industri ini menggunakan motor listrik sehingga dapat dibuka dan ditutup secara otomatis menggunakan tombol atau remote control untuk dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Pada umumnya, rolling door dengan jenis otomatis ini banya digunakan pada tempat – tempat yang mempunyai lubang pintu tinggi seperti misalnya garasi truk dan juga gudang industri yang tentunya akan sulit untuk dapat dijangkau oleh tangan. Rolling door sendiri dapat dengan mudah dijumpai pada area pertokoan, namun dalam skala yang besar, rolling door ini juga banyak digunakan pada kawasan industri dan juga pabrik.

Harga Rolling Door dan Folding Gate

Rolling door dan folding gate memiliki harga yang sangat bervariasi. Variasi harga tersebut tentunya juga bergantung pada spesifikasi yang merujuk pada jenis ataupun bahan dasar pembuatannya, kualitas, ukuran dan juga aspek – aspek penting yang lain. Untuk jenis dan bahan pembuatannya sendiri terdapat berbagai macam jenis folding gate dan rolling door yang dibuat dengan bahan dasar berbeda. Salah satu bahan yang biasanya digunakan untuk membuat rolling door dan folding gate adalah besi dan alumunium, baik itu alumunium Galvalum ataupun alumunium Galvanis.

Berikut ini adalah list harga rolling door dan harga folding gate terlengkap :

Harga Folding Gate

Barang
Harga
Folding Gate Minim 0,3 mm
Rp. 370.550 / m2
Folding Gate Standard 0,4 mm
Rp. 390.550 / m2
Folding Gate Medium 0,5 mm
Rp. 425.550 / m2
Folding Gate Super 0,8 mm
Rp. 575.550 / m2
Harmonika ( Folding Gate tanpa daun )
Rp. 410.550 / m2

Harga Slat Rolling Door Otomatis / Rolling Door Listrik Elektrik

Barang
Harga
Roll Door Besi Galvalum 0,8 mm
Rp. 750.550/ m2
Roll Door Besi Galvalum 1,0 mm
Rp. 975.550 / m2
Roll Door Besi Galvalum 1,2 mm
Rp. 1.150.550 / m2
Roll Door Besi Galvalum 1,4 mm
Rp. 1.350.550 / m2

Harga Rolling Door Manual

Barang
Harga
Roll Door Besi 0,4 mm
Rp. 295.550 / m2
Roll Door Galvalum 0,4 mm
Rp. 315.550 / m2
Roll Door Aluminium 0,6
Rp. 370.550 / m2
Roll Door Aluminium 0,8
Rp. 430.550 / m2
Roll Door Onesheet Solid
Rp. 550.550 / m2
Rolling Door Onesheet perforated 20 cm ditengah
Rp. 510.550 / m2
Rolling Door Onesheet perforated 80 cm ditengah
Rp. 550.550 / m2
Roll Door Onesheet Full perforated
Rp. 650.550 / m2
Tiang Tengah
Rp. 450.550 / buah
Gantungan
Rp. 100.550 / set
Rolling Grille aluminium
Rp. 550.550 / m2
Rolling Grille Stainless
Rp. 1.600.550 / m2

Harga Folding Door PVC :

Barang
Harga
Folding Door PVC Type OG / Mini
Rp. 1.100.550 / m1
Folding Door PVC Type N / Maxi / Solid
Rp. 1.350.550 / m1
Folding Door PVC Type N Vetri ( kaca acrylic)
Rp. 1.850.550 / m1