Harga Wastafel Cuci Piring (Kitchen Sink) Lengkap Februari 2019

Harga Bak Pencuci Piring – Dalam sebuah ruang dapur tentunya kita membutuhkan berbagai macam perabotan yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tertentu seperti wastafel cuci piring. wastafel piring merupakan sebuah tempat yang umumnya digunakan untuk mencuci piring dan berbagai jenis bahan makanan lainnya seperti sayuran dan buah.

Dengan kegunaan serta kelebihan yang dimilikinya, membuat furniture dapur  ini sudah semakin populer dikalangan masyarakat. Biasanya bak pencucian piring ini juga sudah dilengkapi dengan tempat pengeringan sehingga akan lebih praktis untuk digunakan. Seiring dengan perkembangnya zaman, wastafel cuci piring yang kini beredar dipasaran juga semakin beragam mulai dari single basin (bak tunggal), double basin (bak ganda), dan triple basin (bak triple).

Jenis-Jenis Wastafel Cuci Piring

 Ada beberapa jenis wastafel cuci piring yang bisa anda pilih sendiri sesuai dengan selera dan dan desain dapur anda. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai jenis-jenis bak wastafel piring beserta kelebihan dan kekurangannya.

  1. Single Basin (Bak Tunggal)

Wastafel cuci piring yang satu ini paling merupakan jenis wastafel  yang paling banyak diminati dan digunakan masyarakat untuk melengkapi ruang dapur mereka. Kelebihan dari wastafel cuci piring ini adalah mudah dibersihkan. Wastafel cuci piring dengan bak tunggal ini tersedia dalam ukuran panjang dan lebar yang sangat beragam sehingga pemilihannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta ketersediaan lahan untuk proses pemasangannya. Jika dapur anda berukuran sempit, maka sebaiknya anda menggunakan ukuran yang standar.

  1. Double Basin (Bak Ganda)

Wastafel cuci piring dengan bak ganda akan memungkinkan para penggunanya untuk melakukan pekerjaan multitasking. Hal ini dikarenakan jumlah baknya yang ada dua buah maka untuk aktifitas mencuci piring bisa anda lakukan di satu bak, sedangkan bak lainnya untuk mencuci buah-buahan ataupun sayuran. Jenis bak ganda (double basin) ini tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Bak Triple (Triple Basin)

Wastafel cuci piring dengan tiga buah bak ini sangat pas untuk dapur yang memiliki ukuran lebih luas. Pada umumnya wastafel piring triple basin terdiri dari tiga buah bak, yaitu 2 buah bak yang berukuran besar yang biasa digunakan untuk mencuci peralatan makan dan perabotan masak, sedangkan bak satunya memiliki ukuran yang lebih kecil dan biasa digunakan untuk mencuci sayuran serta buah-buahan.

Tips Memilih Wastafel Cuci Piring

Dengan banyaknya kegunaan dari wastafel cuci piring, maka anda perlu pertimbangan saat memilih wastafel yang akan anda tempatkan di dapur anda.  Maka dari itu, berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih wastafel cuci piring yang tepat dan sesuai :

  • Pertimbangkan Ukurannya

Dalam memilih wastafel cuci piring, anda harus menyesuaikan ukurannya dengan ukuran dapur yang anda miliki. Semakin kecil ukuran dapur anda, maka sebaiknya anda memilih ukuran wastafel yang tidak terlalu besar pula. Hal ini bertujuan untuk menghemat ruang dapur anda serta memberikan dekorasi dapur yang proporsional. Ukuran tinggi dari wastafel piring juga harus disesuaikan dengan pengguna dapur, tentunya anda tidak ingin terlalu rendah ataupun terlalu tinggi pada saat mencuci piring. Ukuran ideal yang bisa anda terapkan adalah sekitar 80 sampai 90 cm, itu tinggi dari tempat cuci piring jika diukur dari lantai.

  • Letak Ideal Untuk Wastafel Cuci Piring

Wastafel cuci piring merupakan salah satu komponen yang sangat penting di ruang dapur, namun karena selalu berhubungan dengan air maka tak jarang jika terkesan lembab. Sehingga pemilihan tata letak wastafel cuci piring menjadi hal penting untuk kita perhatikan. Maka dari itu, seharusnya wastafel cuci piring selalu mendapatkan cahaya alami dan sirkulasi udara yang lancar, hal itu bertujuan agar cepat kering sesudah digunakan. Jadi penempatan yang ideal untuk wastafel cuci piring adalah dekat dengan jendela, namun apabila tidak ada jendela bisa juga di tempat yang dekat dengan ventilasi udara. Dengan demikian, tempat cuci piring ini akan mendapatkan cahaya alami dan udara yang berganti dengan mudah.

  • Lihat Ketebalan Bak Cuci Piring

Pada saat membeli wastafel cuci piring, jangan terlalu mementingkan harganya karena biasanya harga wastafel akan sebanding dengan kualitasnya. Pastinya anda akan menggunakan wastafel piring setiap hari, jadi pilihlah bak yang tebal sehingga akan mampu untuk menampung beban yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan peralatan dapur biasanya cukup berat, jadi bak cuci piring harus dapat menahan beban yang lumayan berat atau bunyi air bisa terendam dengan ketebalan bahan tersebut. Bahkan ada beberapa produk wastafel cuci piring yang sudah diterapkan teknik peredam bunyi saat menggunakannya. Jadi, terasa tidak berbisik ataupun menganggu konsentrasi ketika memasak.

  • Perhatikan Material Pembuatnya

Saat ini wastafel cuci piring yang terdapat di pasar terbuat dari banyak material berbeda seperti stainless steel, keramik dengan lapisan enamel, dan masih banyak lagi. Setiap bahan material wastafel cuci piring ini pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Misalnya saja wastafel cuci piring dari bahan stainless steel yang lebih mudah untuk dibersihkan dan dirawat sehingga akan membuat dapur anda terlihat lebih modern. Akan tetapi, jika tidak dibersihkan dengan benar maka bahan stainless steel akan sangat mudah terkena noda dan tergores, oleh karena itu pilihlah bahan yang anti karat. Hal ini dikarenakan  wastafel yang anda gunakan setiap hari sangat mudah terkena berbagai macam zat cair seperti sabun, lemak, dan sebagainya sehingga akan membuat wastafel menjadi cepat berkarat dan rusak. Sedangkan jika anda lebih memilih wastafel cuci piring dari keramik dengan lapisan enamel yang pastinya memiliki lapisan lebih berkilau dibandingkan stainless steel, namun memiliki kekurangan mudah berkarat apabila tidak dibersihkan dan dirawat dengan baik. Jadi, anda bisa memilih style yang sesuai dengan keinginan anda yang terpenting pilihlah wastafel dari material yang kuat, tahan lama, dan tidak mudah berkarat.

  • Jumlah Bak Yang Diinginkan Dan Kedalaman Bak

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa wastafel cuci piring ada yang memiliki satu hingga bak. Dalam memilih wastafel piring ini, perhatikanlah ukuran serta kedalamannya, jika bak yang anda pilih semakin banyak maka semakin besar pula ruang yang akan digunakan untuk memasangnya. Sesuaikan juga jumlah bak cuci piring yang anda pilih dengan luas dapur yang anda miliki. Untuk dapur yang berukuran kecil sebaiknya anda memilih single basin (bak tunggal), sedangkan untuk dapur yang memiliki ukuran lebih luas anda bisa menggunakan double basin hingga triple basin tergantung dari kebutuhan serta style yang ingin anda terapkan di dapur.

Harga Wastafel Cuci Piring

Wastafel cuci piring memiliki jenis yang sangat beragam sehingga seringkali membuat para konsumen menjadi bingung dalam memilih wastafel piring yang tepat. Maka dari itu, untuk memudahkan anda dalam menentukan wastafel cuci piring yang tepat dan sesuai dengan budget yang anda miliki, kami disini akan memberikan referensi untuk anda mengenai harga wastafel cuci piring / kitchen sink.

Jenis & Merk Wastafel Harga
Wastafel Blanco Magnat (Stainless) Rp 2.440.000
Wastafel Blanco Tipo XL 9S (Off Sink Stainless Steel) Rp 5.795.000
Wastafel Simply Stainless Sink Bench With Splash Back Rp 5.640.000
Wastafel Simply Stainless (EU-06-1200) Rp 6.850.000
Wastafel Simply Stainless (EU-06-1500) Rp 7.150.000
Wastafel Blanco Tipo XL 6S (Off Sink Stainless Steel) Rp 4.340.000
Wastafel Blanco Metra 9 Alumetalic Sink Rp 11.625.000
Wastafel Blanco Dana (Stainless) Rp 4.050.000
Wastafel Ikea Baholmen (1 1/2 sisipan bak cuci dengan pengering) Rp 1.985.000
Wastafel Ikea Baholmen (1 bak cuci dengan pengering) Rp 1.380.000
Wastafel Ikea Baholmen (2 sisipan bak suci dengan pengering) Rp 2.480.000
Wastafel Ikea Baholmen (Bak cuci single) (2 jenis) Rp 1.875.000
Wastafel Ikea Baholmen (Sisipan 1 1/2 bak cuci) Rp 1.785.000
Wastafel Ikea Baholmen (Sisipan bak cuci double) Rp 1.985.000
Wastafel Ikea Baholmen (Sisipan bak cuci single) Rp 1.185.000
Wastafel Ikea Bredskar (Sisipan bak cuci single) Rp 4.375.000
Wastafel Ikea Domsjo (Bak cuci) Rp 2.687.000
Wastafel IkeaDomsjo (Bak cuci dengan bak double) Rp 3.785.000
Wastafel Ikea Domsjo (Sisipan bak cuci single) Rp 1.685.000
Wastafel Ikea Fyndig (1 bak cuci dengan pengering) Rp 690.000
Wastafel Ikea Fyndig (Sisipan bak cuci single) Rp 385.000
Wastafel Ikea Hallviken (1 1/2 sisipan bak cuci dengan pengering) Rp 4.460.000
Wastafel Ikea Hallviken (Sisipan bak cuci single) Rp 3.380.000
Wastafel Metalco MS 36/ 18 Kakiset Rp 540.000
Wastafel Metalco MS 21/ 18 Kakiset Rp 425.000
Wastafel Metalco MS 36/ 18 Rp 215.000
Wastafel Metalco MS 30/ 18 Rp 185.000
Wastafel Metalco MS 42/ 18 Rp 225.000
Wastafel Metalco MS 32/ 18 Rp 120.000