Harga Waterproofing Membrane Sika Terbaru April 2019 Dan Jenis-Jenisnya

Waterproofing Membrane Sika Bakar – Memang tak banyak orang yang tahu mengenai produk waterproofing membrane. Hal ini dikarenakan waterproofing membrane biasanya hanya dipakai oleh tukang – tukang yang memang sudah profesional. Waterproofing membrane ini banyak dipilih dan digunakan pada bangunan untuk melindungi bangunan dari air yang bisa menyebabkan lembab, sebab jika bangunan dalam kondisi  lembab tentu saja lama kelamaan akan ditumbuhi jamur.

Lalu, apa itu waterproofing membrane? Produk waterproofing membrane ini sebenarnya merupakan salah satu produk yang dipakai sebagai pelapis air, dimana cara penggunaannya harus dibakar terlebih dahulu. Sementara waterproofing sendiri merupakan sebuah prosedur yang dilakukan untuk membuat sebuah objek menjadi lebih tahan lama atau kedap terhadap air. Sebuah konstruksi bangunan yang menggunakan lapisan waterproof membrane memiliki tujuan agar struktur bangunannya menjadi lebih kuat.

Ruangan yang pada umumnya dilapisi oleh waterproofing membrane ini meliputi ruangan basement,  atap serta area – area yang basah lainnya. Seperti yang kita tahu bahwa air bisa dengan mudah menyelinap masuk ke ruangan bawah tanah atau basement melalui engsel, dinding dan juga lantai. Maka dari itu, sebuah bangunan harus dilindungi dengan sempurna dan menyeluruh agar  tidak mengalami kerusakan yang bisa disebabkan oleh air, dengan begitu menggunakan produk waterproofing membrane ini untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan tersebut merupakan pilihan serta solusi yang sangat tepat.

Jenis – Jenis Waterproofing

Ada beberapa jenis waterproofing yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Masing – masing dari jenis waterproofing tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Beberapa jenis waterproofing tersebut diantaranya :

  1. Waterproofing Membran

Membran sendiri merupakan salah satu tipe waterproofing yang pertama kali dikembangkan. Produk ini berfungsi sebagai waterproofing apabila produk diaplikasikan dengan benar, tidak boleh asal-asalan. Perlindungan yang diberikan oleh waterproofing membran ini tentunya menggunakan membran atau lembaran yang dibuat dari karet yang terdapat pada permukaan strukturnya. Waterproofing membrane ini biasanya banyak dipilih dan digunakan sebagai struktur dak atau atap beton. Penyusunan lembaran membran sendiri disesuaikan dengan kebutuhan yang tentunya harus cukup untuk melindungi seluruh permukaan struktur yang akan dilindungi. Waterproofing dengan jenis membrane ini terbuat dari bahan monomer kimia yang meliputi etilena, propilena dan kemudian dicampur dengan bahan karet.

Berikut ini adalah beberapa keterangan mengenai produk membran :

  • Membran memerlukan perawatan yang lebih sulit karena membran ini sangat rentan terhadap kerusakan, terutama pada saat proses pemasangan ataupun sesudah terpasang.
  • Aplikasi atau pemasangan membran pastinya juga memerlukan waktu yang tidak sebentar, hal ini otomatis dapat mempengaruhi waktu selesainya proyek serta banyaknya biaya operasional yang harus dikeluarkan.
  • Umur atau daya tahan membran hanya sekitar 10 sampai dengan 15 tahun, setelah itu anda perlu memasang ulang atau mengganti membran secara berkala. Apabila membran diaplikasikan pada atap, podium atau watertank, masih memungkinkan untuk diganti setiap 10 atau 15 tahun sekali, namun hal tersebut tidak berlaku apabila membran diaplikasikan pada basement.
  • Apabila terdapat keretakan pada beton dan ada sedikit saja lubang atau kerusakan pada membran, maka perbaikannya akan sangat sulit untuk dilakukan. Apabila membran diaplikasikan di atap atau watertank, permukaan screed-nya masih dapat dibongkar untuk bisa diperbaiki saat terjadi kerusakan. Namun, jika membran diaplikasikan di basement, perbaikan akan sangat sulit dilakukan karena letaknya ada di bawah slab beton dan sumber bocor-nya tentu sulit ditemukan sehingga perbaikan dengan cara menyumbat langsung sumber kebocorannya menjadi sulit.

  1. Waterproofing Coating

Waterproofing coating merupakan perlindungan terhadap rembesan dengan menggunakan bahan polimer berbentuk cat untuk dapat menutup permukaan struktur yang akan dilindungi. Pada umumnya, waterproofing coating ini banyak dipilih serta digunakan untuk perlindungan di dinding, bak, tanki serta dapat pula digunakan untuk melindungi permukaan kayu. Agar bisa mendapatkan permukaan yang luas serta perlindungan yang juga lebih kuat, anda bisa menggabungkan waterproofing coating ini dengan polyester pada permukaan yang akan dilindungi.

  1. Waterproofing Flashband Self Addhisive

Waterproofing Flashband Self Addhisive ini merupakan perlindungan terhadap rembesan dengan menggunakan flashband yang berbentuk lembaran lalu direkatkan di bagian permukaan struktur yang akan dilindungi. Lembaran yang dimaksud terdiri dari beberapa lapisan, yaitu lapisan lembaran karet, membran polyester, alumunium foil dan lapisan cat penutup. Waterproofing Flashband Self Addhisive ini biasanya banyak digunakan untuk melindungi permukaan atap, beton, lantai dan masih banyak yang lainnya.

  1. Waterproofing Integral

Waterproofing Integral ini merupakan modifikasi dalam bidang waterproofer. Cara penggunaannya yang langsung ditambahkan kedalam beton tentunya sangat menguntungkan, karena bisa mempermudah serta mempersingkat waktu pelaksanaan proyek.

  1. Cementitious Waterproofing

Cementitious waterproofing sendiri merupakan bahan yang telah diformulasikan secara baku dan terdiri dari campuran special cementation chemical dan larutan waterproofing agent. Cementitious waterproofing ini dapat melindungi objek dari rembesan, uap air serta tekanan air yang terjadi. Cementitious waterproofing juga dapat memperbaiki dinding yang rusak akibat dari rembesan air.

Secara umum, kelebihan produk waterproofing membrane :

  • Lebih tahan lama serta mudah dipasang.
  • Fleksibilitas-nya tinggi terhadap suhu rendah dan stabil terhadap suhu tinggi.
  • Daya tahannya kuat, terlebih pada terpaan garam serta bahan kimia.
  • Daya tariknya juga kuat dan sangat lentur.
  • Tidak mudah robek serta bocor.

Tahap Pengaplikasian Waterproofing Membrane :

  1. Bersihkan terlebih dahulu area yang akan dipasangi waterproofing membran sampai benar – benar bersih.
  2. Lakukan pelapisan terlebih dahulu menggunakan bahan primer bitumen lalu biarkan hingga mengering.
  3. Waterproofing membrane yang dipasang melalui teknik pembakaran harus dilakukan dengan teliti. Pada teknik ini, hanya lapisan tipis PE film-nya yang meleleh, sementara membran-nya hanya sampai lunak utuk dapat direkatkan dengan sempurna.
  4. Pastikan seluruh ruas penampangnya melekat, gunakan sendok semen untuk melekatkannya dengan rata.
  5. Terdapat beberapa detail yang harus diperhatikan :
  • Pemasangan loose-laid system (longgar), ruas area dibawah rembesan (pipa atau yang lainnya).
  • Upstand (bagian yang tegak vertikal) sepanjang 30 cm di area bawah tepi harus melekat dengan sempurna.
  • Upstand dan flashing harus dipasang sekitar 1 m yang dipotong memajang dari sisi setiap roll.
  • Sambungan Overlap yang bertumpuk harusnya cukup 5 atau 10 hingga 15 cm dari sisi samping.
  • Pengerjaan proyek waterproofing membrane ini perlu pengalaman serta ketelitian. Jika dilakukan dengan benar, aplikasi waterproofing ini memiliki tingkat keberhasilan mencapai 100% untuk dapat menutupi kebocoran.

Harga Waterproofing Membrane

Harga waterproofing membrane ini sebenarnya memang  tidak murah, namun hal ini berbanding lurus dengan kualitasnya. Dengan menggunakan produk waterproofing membrane ini, maka anda sudah tidak perlu lagi khawatir akan timbul kebocoran atau bangunan menjadi lembab. Berikut ini Kami akan memberikan list harga waterproofing membrane per m2 untuk anda yang  lengkap dengan type dan detail produknya :

Type Product Detail Harga
DS 30 Sand 3.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 37.500 /m
DS 40 Sand 4.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 40.750 /m
DS 30 Plain 3.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 37.200 /m
DS 40 Plain 4.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 40.999 /m
DS 30 Mineral Grey 3.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 40.500 /m
DS 40 Mineral Grey 4.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 47.150 /m
DS 30 Mineral Green 3.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 44.500 /m
DS 40 Mineral Green 4.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 49.250 /m
ASAD 1.6 HDPE 1.6 mm @ 1 X 20 m / Roll Rp 42.800/m
ASAD 1.6 AL 1.6 mm @ 1 X 20 m / Roll Rp 52.250 /m
MS 30 3.0 mm @ 1 X 2 m / Sheet Rp 80.600/Sheet
LM 40 4.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 73.300 /m

Anti UV Acrylic Based Waterproofing
Area aplikasi : Dak Beton, Balkon, Kanopi, Dinding Samping
Perkiraan Harga terpasang +- Rp. 70.000,-/m2

Cement Based Waterproofing
Area aplikasi : Dak Beton, Balkon, Kamar Mandi, Kolam Renang, Tanki Air
Perkiraan Harga terpasang +- Rp. 45.000,-/m2

Flexible Cement Based Waterproofing
Area aplikasi : Dak Beton, Balkon, Kamar Mandi, Kolam Renang, Tanki Air
Perkiraan Harga terpasang +- Rp. 65.000,-/m2

Waterproofing Membrane

Torching membrane
Area aplikasi : Basement, Dak Beton, Terowongan
Perkiraan Harga terpasang +- Rp. 95.000,-/m2

Semoga dengan adanya referensi list harga ini dapat membantu anda untuk anda dalam memilih waterproofing membrane yang sesuai dengan kebutuhan.