Desain Pintu Minimalis Model Kayu, Besi, Aluminium (Cara Memilih)

Pintu Rumah Minimalis – Pintu ini merupakan filosofi dari rumah minimalis sederhana. Dengan memilih pintu rumah yang cocok untuk dapat menambah ciri khas dinamis rumah minimalis sederhana anda. Ciri khas rumah minimalis terutama pada bagian pintu rumahnya adalah detail aksen garis tegak dan datar sebagai hiasan. Tetapi ada juga cara membuat pintu yang didesain polos, hanya menambahkan unsur dinamis melalui warna kayu, warna plitur, vernis, atau cat putih, abu-abu dan hitam. Untuk bahannya sendiri saat ini sedang tren pintu jati, pintu kayu, pintu besi dan pintu aluminium yang digunakan pada desain rumah minimalis jaman sekarang.

Meski pintu rumah minimalis ini terkesan sederhana, tetapi ada banyak sekali varian desain, model, dan juga jenis-jenis pintu minimalis yang dapat anda pilih sendiri untuk mempertegas ciri khas rumah minimalis anda. Untuk lebih jelasnya, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai ciri khas pintu rumah minimalis.

Ciri Ciri Pintu Minimalis

Sesuai dengan kegunaan dan penempatannya sebagai pelengkap interior dan eksterior Rumah Minimalis, pintu minimalis ini mempunyai ciri-ciri yang tidak dimiliki oleh pintu lainnya. Berikut adalah ciri khas pintu rumah minimalis yang perlu anda ketahui.

  • Pintu rumah kayu minimalis memiliki bahan kayu yang cukup kuat dan terlihat sederhana namun masih menonjolkan karakter yang elegan dan mewah. Biasanya kayu yang digunakan adalah kayu jati dengan motif alami pada kayunya. Selain itu, kayu trembesi dan ulin juga dapat digunakan sebagai pintu rumah minimalis.
  • Sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai pintu rumah minimalis, pintu ini memiliki bentuk simple dan hampir polos, tanpa hiasan yang rumit seperti pada rumah-rumah dengan gaya etnik atau futuristik yang lebih kompleks.
  • Terdapat tambahan garis tegak, daya atau kombinasi keduanya untuk pintu minimalis. Cukup manis dan dinamis sebagai hiasan.
  • Hanya dengan menggunakan satu warna saja untuk dapat mempertegas ciri khas pintu rumah minimalis. Biasanya akan menggunakan warna netral atau abu-abu. Namun terkadang juga menggunakan warna alami kayu dengan plitur dan vernis.

Memilih Pintu Minimalis

Saat ini, ada banyak sekali desain pintu rumah minimalis yang sangat menarik dengan harga bervariasi. Namun, perlu diingat ada juga beberapa hal untuk menjatuhkan pilihan. Berikut adalah tips memilih pintu rumah minimalis yang perlu anda perhatikan, diantaranya :

1. Desain Pintu

Desain pintu rumah minimalis ini memiliki ciri khas yang sederhana dan polos. Perpaduan garis tegak dan datar merupakan hiasan yang paling umum. Penggunaan detail lain yang dapat menambah kesan sederhana adalah bagian pegangan pintu. Ada beberapa jenis pegangan pintu yang dapat anda pilih, yaitu perak, besi dan lainnya. Selain bahan kayu, pintu alumunium juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk rumah minimalis anda.

2. Model Pintu

Model pintu rumah minimalis ini sangat beragam. Ada pintu yang berdaun satu, ada pula berdaun pintu dua. Apabila dilihat dari cara membukanya, ada dua pilihan model, yaitu pintu dorong dan pintu geser.

  • Daun pintu satu

Model pintu berdaun satu ini sangat manis untuk digunakan pada jenis rumah minimalis sederhana bertipe 36 dan 45. Pintu ini selain sangat cocok untuk bagian eksterior rumah, bagus juga digunakan sebagai pintu kamar.

  • Daun pintu dua

Model dua pintu ini sangat elegan digunakan sebagai pemanis eksterior rumah. Terutama jika teras rumah dan ruang tamu anda memiliki ukuran yang cukup luas. Merancang pintu lebar sangat penting sekali ketika anda mendesain dan menata ruang tamu serta memasukkan perabot.

  • Pintu geser

Desain pintu geser ini sangat unik dan akan menghemat tempat untuk pasang di rumah minimalis. Desain pintu geser memiliki banyak pilihan. Anda harus sering merawat pintu model geser ini untuk menghindari seret. Selain terbuat dari bahan dasar kayu, triplek juga dapat digunakan untuk membuat pintu geser ini.

  • Pintu dorong

Pintu rumah minimalis model dorong ini banyak kita jumpai dimana saja karena lebih umum dan praktis penggunaannya.

3. Bahan Kayu

Ada beberapa bahan yang digunakan dalam membangun rumah, salah satunya adalah kayu. Memilih bahan kayu yang digunakan pada pintu rumah minimalis sangatlah penting untuk dapat mempertegas desain minimalis keseluruhan rumah anda. Selain itu, pemilihan jenis kayu juga bertujuan agar terhindar dari rayap dan pintu rumah bisa awet. Tips memilih bahan kayu adalah sebagai berikut :

  • Memililh jenis kayu berkualitas

Memilih kayu yang berkualitas akan lebih mudah jika anda langsung bertanya kepada penjual kayu. Namun sebaiknya, anda harus memiliki gambaran umum jenis-jenis kayu yang cukup kuat untuk pintu rumah minimalis anda.

  1. Kayu meranti merupakan jenis kayu yang cocok untuk pintu rumah minimalis. Jenis kayu ini sangat awet dan mudah sekali untuk divernis ataupun dicat sesuai selera anda sendiri.
  2. Jika anda ingin mempunyai daun pintu minimalis polos dengan corak alami, maka kayu jati bisa anda jadikan pilihan. Kelebihan lain kayu jati adalah sangat awet dan anti rayap. Disamping itu, kusen kayu jati juga menjadi menjadi favorit banyak orang. Anda pun bisa membuat kayu jati sendiri apabila memiliki waktu yang luang.
  3. Kayu trembesi juga sangat kuat dan gagah untuk dijadikan sebagai pintu, perabot dan rangka atap.
  4. Kayu merbau, kayu besi, dan kayu bayan juga mempunyai kualitas yang bagus untuk dijadikan sebagai pintu ataupun jendela.
  • Memilih tekstur kayu

Dalam pemilihan tekstur kayu yang berkualitas, akan jauh lebih baik jika anda ikut terlibat langsung didalamnya. Sehingga anda bisa mendapatkan pintu yang sesuai dengan keinginan anda sendiri. Kayu yang memiliki tekstur bagus, kuat dan awet biasanya akan mengeluarkan getah merah ketika disiram dengan air.

  • Hindari belang pada kayu

Apabila anda membeli kayu, anda harus lebih cermat apakah kayu tersebut mempunyai belang putih atau tidak. Hal ini dikarenakan warna putih pada kayu menunjukkan bahwa katu tersebut masih terlalu muda dan berpenyakit. Tempat semacam inilah yang menjadi lokasi rayap untuk berkembang biak.

  • Gunakan obat anti rayap

Apabila anda memang sudah tidak bisa menemukan kayu yang berkualitas bagus, maka tidak ada salahnya jika anda berjaga-jaga untuk melapisi kayu yang anda pilih dengan obat anti rayap. Semprotkan sekitar satu tahun sekali supaya kayu terhindar dari rayap. Hal ini juga berlaku untuk kusen anda. Perawatan merupakan hal yang sangat penting sebelum serbuan rayap yang tidak anda inginkan datang. Ini juga bertujuan agar rumah anda selalu sehat dan bersih.

4. Warna pintu

Pelapis kayu untuk daun pintu minimalis sebenarnya tidak memiliki warna yang terbatas dan juga jenis pelapisnya. Mulai dari cat kayu, vernis dan juga plitur. Warna daun pintu ini dapat anda sesuaikan sengan cat dinding tembok yang menjadi warna dasar rumah anda.  Warna-warna biasa digunakan adalah warna putih, coklat, dan abu-abu. Apabila anda ingin menciptakan fokus dominan pada pintu rumah anda, maka anda bisa memilih warna-warna yang berani seperti warna merah atau kuning cukup dinamis untuk dapat menunjukkan jiwa berani dalam diri anda.

5. Anggaran pembelian

Menyesuaikan budget pembelian dengan harga pintu juga harus memperhatikan desain dan jenis kayunya. Anda harus menyiapkan budget sekitar tujuh juta. Apabila model dan desain pintu yang anda pilih semakin sederhana, termasuk dalam pemilihan peganan pintu maka harganya juga bisa berkurang. Namun bisa lebih mahal harganya jika anda memilih model dua pintu atau lebih yang biasa disebut pintu kupu tarung.

Bagi anda yang sedang mencari inspirasi mengenai pintu minimalis ataupun hendak mengganti pintu rumah lama anda, semoga informasi ini bermenfaat.