Pompa Air Tanpa Listrik, Pemanfaatan Pompa Ram Hidrolik

Pompa Air Hidrolik – Ada banyak sekali contoh kondisi dimana anda memerlukan pompa untuk mendapatkan air, namun pada saat itu anda tidak mempunyai atau menemukan sumber energi listrik untuk dapat menggerakkan pompa. Beberapa contoh yang nyata yaitu ketika terjadinya bencana alam, pemadaman listrik, atau saat anda hidup di daerah pedalaman yang tidak mempunyai pembangkit tenaga listrik. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai cara membuat pompa air tanpa bantuan listrik.

Beberapa metode untuk membuat pompa air tanpa listrik

  • Menggunakan pompa tenaga surya
  • Menggunakan pompa manual seperti pompa dragon
  • Dapat memanfaatkan tenaga air
  • Dapat memanfaatkan tenaga angin

Semua metode alternatif tersebut untuk bisa membuat pompa air tanpa listrik pastinya tetap membutuhkan sumber air atau sumur. Khusus untuk hari ini, kami akan membahas cara membuat pompa air tanpa listrik dengan bantuan tenaga air.

Sejarah Pompa

Jhon Whitehurst, seorang warga negara Inggris adalah penemu pertama pompa hydram hidrolik pada tahun 1771. Akan tetapi, pompa john ini tidak aktif sendiri (non-self–acting ram pum). Kemudian seorang warga negara Perancis yang bernaman B. Montgolfier menambahkan katup yang akan membuat pompa dapat aktif sendiri. Pada tahun 1809, paten pertama amerika untuk pompa hydram hidrolik dikeluarkan bagi J Cerneau anda S. S. Hallet di New York. Semenjak tahun 1800 an pompa hydam hydrolik sudah menyebar luas hingga ke seluruh dunia. Termasuk juga di wilayah Indonesia kecuali di Bandung, ada yang telah memantenkan pompa hydram hidrolik beberapa tahun belakangan ini.

Apa itu Pompa Ram Hidrolik

            Menurut North Carolina Cooperative Exstension Service, Pompa Ram Hidrolik merupakan sebuah alat (pompa) sederhana tanpa motor untuk dapat memompa air pada laju aliran yang rendah.

Dengan memanfaatkan tenaga air yang mengalirkan untuk dapat mengalirkan air dari aliran sungai atau kolam ke tangki penyimpanan air yang ditinggian atau ke titik pembuangan air, maka anda bisa memanfaatkannya untuk mengalirkan air yang bersih. Jadi, Pompa ram hidrolik ini dapat bekerja dengan baik di tempat atau lokasi yang mempunyai sumber air yang mengalir terus menerus.

 

Cara menggunakan tenaga air untuk pompa ram hidrolik

Ada dua hal yang diperlukan sebelum memulai untu membuat Pompa ram hidrolik, yaitu :

  1. Diperlukan sumber air yang mengalir terus menerus dari kolam atau jenis mata air alami yang lainya dan letaknya berada diatas pompa, sehingga air ini dapat mengalir kebawah dan masuk ke dalam pompa.
  2. Diperlukan aliran air yang kencangnya sekitar 2 sampai 3 galon air per menit supaya air dapat mengalir ke tempat penampungan akhir.

Cara Instal Pompa Ram Hidrolik

  • Pertama, pasanglah ram paling sedikit yaitu setengah kaki di bawah sumber air. Panjang pipa dari suplai air ke pompa, yang biasa dikenal dengan pipa penggerak ini harus sekitar 10 hingga 15 kali jauh lebih besar dibandingkan jarak dimana ia jatuh.
  • Anda harus memasang filter sebelum air masuk ke pompa, ini bertujuan supaya benda asing ataupun kotoran tidak akan masih kedalam pompa untuk menghindari malfungsi pompa.
  • Selanjutnya, pasanglah flexible polythylene tubungi dari keluaran pompa ke tempat penampungan air. Anda harus perhatikan, jangan sampai terdapat belokan tajam pada pipa supaya kecepatan air tidak akan terhambat.

Cara Menggunakan Pompa Ram Hidrolik

  • Setelah semua instalasi sudah selesai dilakukan, maka pompa air sudah dapat digunakan.
  • Tekan Stem Valve naik turun sebanyak 30 sampai 40 kali hingga pompa tersebut berputar sendiri karena tekanan.
  • Setelah pompa tersebut dapat berputar sendiri, pasanglah tutup adjuster naik atau turun untuk dapat mengatur seberapa sering frekuensi putaran. Biasanya sekitar 60 sampaii 150 cycle per menit.
  • Cobalah atur besar kecilnya frekuensi cycle hingga pompa dapat mengalirkan air dengan maksimal.

Bagaimana gravitasi bumi bisa membuat pompa air bekerja

  • Air dari sumber akan mengalir ke pipa penggerak hingga ada tekanan yang cukup untuk dapat menggerakkan pompa.
  • Pada saat valve pembuangan ditutup, air akan mengalir dari check valve menuju tempat penampungan tekanan udara. Lalu, air akan menutup saluran udara dan membuatnya untuk memberikan tekanan balik, menuntuk check valve kemudian air akan keluar melaui pipa keluaran dan menuju wadah penampungan akhir.
  • Ketika check valve ditutup, air yang terdapat didalam pipa penggerak akan dapat memantul kembali sesaat dan akan menciptakan tekanan parsial atau sebagian yang akan membuka valve pembuangan lagi. Air tersebut kemudian dapat anda arahkan ke tempat lain atau didiamkan begitu saja supaya secara alami bisa kembali ke sumber utama air.

Kelebihan dan Kekurangan Pompa Ram Hidrolik

            Pompa ram hidrolik memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya bahwa keuntungan yang jelas kita dapatkan adalah bahwa pompa ini tidak memerlukan listrik dan perawatan yang jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan pompa air yang menggunakan tenaga listrik. Namun, pompa air hidrolik ini juga tak luput dari kekurangan. Kekurangan dari pompa ram ini tidak begitu fatal dan bahkan dapat diminimalisir. Yakni, buangnya air yang terbuang dan tidak tersalurkan ke tempat pembuangan akhir. Hal ini tidak akan menjadi masalah jika sumber airnya banyak.