Inspirasi Desain Ruang Tamu Sederhana Minimalis Modern (Gambar Foto)

Desain Ruang Tamu – Sesuai dengan namanya, ruang tamu merupakan tempat yang didesain khusus untuk menjamu para tamu, juga difungsikan sebagai tempat berkumpulnya keluarga. Selain dapat membuat para tamu berkesan, ruang tamu yang indah dan nyaman tentu akan menyejukkan hati dan pikiran para penghuninya yang penat setelah beraktivitas seharian di luar rumah. Ada banyak sekali model desain yang dapat kita pilih untuk ruang tamu ini, dan salah satu desain yang menjadi favorit adalah desain ruang tamu minimalis. Sampai saat ini, gaya rumah minimalis masih menjadi favorit banyak orang. Desain minimalis dianggap sebagai tipe yang paling sesuai untuk mendapatkan kesan modern, sederhana,  rapi, dan bersih. Sehingga sangat cocok sbagi anda yang memiliki ataupun menginginkan gaya hidup minimalis.

25 Ide Desain Ruang Tamu Minimalis

Demi mendapatkan desain ruang tamu sederhana yang mengesankan, seringkali pemilik rumah menjadi kebingungan. Maka dari itu, kali ini kami akan membagikan 25 kreasi ruang tamu minimalis yang indah dan nyaman, diantaranya.

  1. Beragam bentuk dan warna dalam satu ruangan. Meskipun desain minimalis sangat identik dengan kesan rapi dan sedikit variasi bentuk, hal ini bukan berarti akan menjadi batasan bagi anda untuk berkreasi. Anda dapat mengkombinasikan jenis sofa yang berbeda dalam sebuah ruangan. Kombinasikan antara sofa yang mempunyai sandaran dengan sofa yang tanpa sandaran. Misalnya saja, sofa kecil yang berwarna biru ini. Ruangan terlihat lebih luas, sebab sofa tanpa sandaan ini tidak akan menutupi ruangan disebelahnya.

  1. Ruang tamu minimalis type 36. Tidak ada salahnya jika anda ingin mengisi satu ruangan penuh dengan furnitur, asalkan anda memperhatikan tata letaknya. Meskipun sempit, anda harus pastikan ruang sirkulasi cukup. Jangan sampai menghambat anda ataupun temu-tamu yang berjalan melewati ruang tamu tersebut. Pilihan warna sofa, karpet, dan dinding yang selaras akan semakin memperindah tampilan ruang tamu minimalis anda. Tambahkan juga lukisan penuh warna agar ruang tamu anda jauh dari kesan yang membosankan.

  1. Biarkan ruangan terlihat lapang dan luas. Mempunyai ruang tamu dengan ukuran yang cukup luas bukan berarti dapat dipenuhi dengan berbagai macam furnitur. Satu sofa dengan ukuran besarpun sudah cukup untuk ruang tamu yang memberi kesan luas. Tambahkan juga bantal yang memiliki warna berbeda dengan sofa. Sehingga sofa akan langsung terlihat lebih manis dan berwarna.

  1. Dekorasi ruang tamu tanpa sofa. Menjamu tamu tidak harus di sofa, kan? Untuk anda yang masih mempunyai usia muda, desain ruang tamu ini akan sangat cocok sekali untuk anda. Apalagi jika anda tingga di rumah yang memiliki ukuran tidak begitu besar. Satu sofa saja sudah cukup, ditambah dengan karpet tebal yang memiliki ukuran cukup besar untuk menutupi hampir seluruh ruang tamu.

  1. Cahaya mentari menembus seluruh ruangan. Menempatkan ruang tamu di sebelah jendela yang besar merupakan pilihan yang paling tepat untuk mendapatkan ruang tamu yang terang tanpa harus menghabiskan biaya listrik yang banyak pada siang hari. Anda juga bisa menambahkan tumbuhan hijau yang cukup besar agar dapat menambahkan kesan segar pada ruang tamu minimalis anda.

  1. Tanaman hijau dalam ruang tamu. Selain dapat membuat ruangan terasa segar, tanaman hijau juga dapat dimanfaatkan sebagai interior ruang tamu yang indah. Masukkan tanaman hijau ke dalam vas yang cukup besar kemudian tempatkan disamping sofa, atau bisa juga dimasukkan ke dalam vas yang kecil lalu disimpan di rak dinding, berdekatan dengan interior lain yang semakin memperindah ruang tamu minimalis anda.

  1. Desain ruang tamu minimalis ukuran 3×3. Cukup tempat 2 atau saja untuk ruang tamu sederhana ukuran 3×3 ini. Pastikan furnitur tidak akan menghalangi ruang gerak anda. Pajangan foto-foto keluarga masih menjadi hiasan dinding yang sangat digemari untuk memenuhi dinding ruang tamu. Pilihlah pigura yang bahannya sejenis supaya hiasan dinding anda nampak lebih rapi dan sedap jika dipandang.

  1. Ruang tamu tanpa karpet. Apabila anda memiliki anak kecil, karpet pada ruang tamu bukanlah ide yang bagus karena biasanya akan ketumpahan makanan ataupun minuman. Ruang tamu yang bagus tidak harus selalu dilengkapi dengan karpet. Untuk mengakali lantai yang kosong maka penuhilah sofa dengan bantal yang berwarna-warni.

  1. Ruang tamu luas tanpa sekat. Biarkanlah satu ruangan yang berukuran luas tetap nampak luas tanpa ada sekat yang membatasi. Anda pun dapat membuat satu ruangan menjadi dua bagian, yaitu ruang tamu dengan ruang menonton tv atau ruang tamu dengan ruang makan tanpa adanya sekat yang akan membuat rumah anda terlihat lebih sempit. Posisikan sofa antara dua bagian ruangan yang berlawanan, sehingga akan terlihat ada dua bagian dalam satu ruangan.

  1. Ruang tamu di samping taman. Apakah anda mempunyai taman yang luas? Tempatkanlah ruang tamu anda di sebelahnya. Anda bisa menambahkan jendela yang besar sehingga pemandangan indah dapat anda nikmati dari ruang tamu minimalis anda. Tidak hanya pemandangan yang indah saja, sinar mentari pun juga dapat menembus ke dalamnya.

  1. Ruang tamu minimalis ala Korea. Jangan ragu untuk mengaplikasikan dekorasi ruang tamu dari Korea ini. Desainnya memang simple tetapi tetap nyaman dipandang mata apalagi digunakan untuk menjamu tamu atau hanya sekedar bersantai sambil menonton TV. Kombinasi antara warna abu-abu dengan putih juga akan semakin memperindah tampilan ruang tamu minimalis.

  1. Guci dengan desain sederhana. Penambahan elemen guci di dalam ruang tamu sangat identik dengan dekorasi rumah yang mewah bergaya klasik. Namun, guci yang sederhana dapat anda jadikan pilihan untuk ruang tamu minimalis anda. Pilihlah warna guci yang selaras dengan furnitur di ruang tamu anda supaya tampilannya sesuai dan rapi.

  1. Desain ruang tamu mewah. Apabila anda ingin mendapatkan kesan mewah tetapi tetap bergaya minimalis, maka desain berikut ini bisa anda jadikan inspirasi. Menempatkan sofa dan furnitur lainnya dengan jarak yang berjauhan akan membuat ruangan nampak luas dan terisi penuh. TV yang memiliki ukuran besar akan nampak semakin besar ketika anda memilih untuk menggantung TV pada rak TV yang besar. Warna abu-abu pada tembok rumah juga akan membuat ruang tamu minimalis anda semakin mewah dan indah.

  1. Ruang tamu kecil namun elok. Komposisi furniture yang sesuai dapat memberikan kenayaman lebih maksimal untuk ruang tamu anda. Tidak perlu menambahkan perabotan yang tidak begitu penting dalam ruang tamu yang kecil ini. Anda dapat menambahkan pelengkap sofa anda dengan bantal dan boneka.

  1. Desain ruang tamu minimalis serba rapi. Warna-warna yang netral seperti putih, abu-abu dan coklat akan membuat ruang tamu minimalis anda nampak rapi. Furnitur yang digunakan pun tidak begitu banyak, dengan bentuk yang setipe. Tidak perlu juga banyak elemen tambahan untuk dapat memperindah ruangan. Lukisan pada dinding dan tanaman di atas meja sudah cukup mempermanis ruang tamu.

  1. Penuhi satu ruangan dengan warna coklat. Meski semua furnitur, lantai dan dinding berwarna coklat, jendela yang cukup besar dapat membuat ruangan tetap terang benderang karena sinar matahari bisa masuk dengan bebas untuk memenuhi seluruh ruang tamu. Tambahakan juga bantal pada stationary window menambah tempat untuk duduk bersantai sambil membaca buku ataupun hanya sekedar menikmati pemandangan di luar rumah.

  1. Ruang tamu minimalis serba putih. Desain dengan warna putih akan sangat menarik sebab warnanya yang fleksibel dan disukai banyak orang. Hampir semua perabotan di dalam ruang tamu ini memiliki warna putih kecuali TV dan beberapa elemen tambahan lainnya yang tidak begitu terlihat. Anda juga bisa menambahkan patung dan hiasan yang juga memiliki warna putih agar membuat ruang tamu anda semakin elegan.

  1. Sekat ruang tamu dapat dijadikan hiasan. Lemari yang telah ditempelkan pada sekat antara ruang tamu dan tangga bisa dimanfaatkan secara maksimal. Selain dapat jadi pegangan pada tangga, namun juga bisa dijadikan sebagai tempat menyimpan hiasan ruang tamu. Guci kecil dan pajangan juga akan menjauhkan ruang tamu minimalis anda ini dari kesan polos.


Demikian tadi informasi yang dapat kami bagi tentang ide desain ruang tamu minimalis sederhana. Semoga beberapa gambar ruang tamu di atas bisa memberikan inspirasi yang memudahkan anda untuk mendesain ruang tamu yang sesuai dengan tema dekorasi rumah. Selamat mencoba!