Harga Ayunan Besi


Ayunan Besi Minimalis – Ayunan Besi merupakan salah satu mainan yang paling digemari oleh anak-anak, hampir di setiap sekolah TK (Taman kanak-kanak) mainan ayunan besi pasti ada, dan memang keberadaannya sepertinya wajib ada di sekolah TK  ini.

Karena memang murid TK biasanya masih berusia 4 sampai 6 tahun. Saat ini ayunan besi tidak hanya berada di sekolah TK ataupun taman bermain saja, namun hampir disetiap rumah yang memiliki anak kecil  ayunan besi ini disediakan.

Meskipun peminatnya masih sedikit untuk menghadirkan ayunan besi di rumahnya, namun hal tersebut merupakan bukti bahwa ayunan besi saat ini sudah ada di rumah-rumah biasa.

Beberapa Model Ayunan Besi Minimalis

Dari sekian banyaknya model ayunan, ayunan besi minimalis inilah yang banyak menarik minat masyarakat. Ayunan besi minimalis akan sangat cocok bagi anda yang mendesain rumah dengan gaya minimalis. Berikut dibawah ini adalah beberapa model ayunan besi model minimalis yang dapat anda pilih, diantaranya :

  1. Ayunan Berbentuk Lingkaran

Ayunan berbentuk lingkaran dengan dua tempat duduk yang saling berhadapan di bagian tengah ini menjadi model ayunan besi yang paling banyak diminati dan di pakai karena sangat menonjolkan desain minimalisnya.

  1. Ayunan Bangku Panjang

Ayunan besi yang hanya berisi satu bangku panjang ini pun juga akan memberikan kesan minimalis. Namun bangku yang digunakan hanya 1 buah saja dan biasanya diletakkan atau dipakai oleh tempat hiburan seperti di mall-mall besar.

  1. Ayunan Berbentuk Segitiga

Ayunan besi model minimalis ini mempunyai rangka luar yang berbentuk segitiga, di dalamnya terdapat dua buah bangku pendek yang saling berhadapan. Ayunan ini sangat cocok untuk bermain bersama anak anda dirumah.

Selain digunakan untuk bermain bersama keluarga, ayunan besi yang diletakkan di luar rumah juga dapat memperkuat eksterior rumah anda. Terlebih jika ayunan besi ini dicat dengan warna yang selaras dengan rumah anda, yakni warna-warna minimalis.

Rangka yang digunakan untuk membuat ayunan besi ini adalah besi yang anti karat sehingga ayunan dapat bertahan lama meskipun di tempatkan di bagian luar rumah. Itulah beberapa pilihan desain ayunan besi model minimalis yang bisa anda pilih untuk di halaman rumah anda.

Kelebihan Ayunan Besi

Terdapat banyak kelebihan yang anda dapatkan ketika menggunakan ayunan besi minimalis ini. Beberapa kelebihan ayunan besi yang bisa anda dapatkan antara lain, yaitu :

  • Ayunan besi minimalis akan sangat pas dan cocok untuk diletakkan di bagian luar rumah, seperti di area pekarangan rumah yang cukup memadai.
  • Selain dapat diletakkan di luar rumah, ayunan besi minimalis juga dapat diletakkan di dalam rumah, pastinya luas area di dalam rumah anda harus memadai agar tidak tampak penuh nantinya.
  • Ayunan besi minimalis menggunakan besi yang sangat kuat dan kokoh, dan tentunya cocok sebagai salah satu ornamen untuk desain interior rumah anda.
  • Untuk warna cat yang digunakan juga bisa anda sesuaikan dengan dinding yang terdapat di dalam rumah ataupun luar rumah anda.

Cara Membuat Ayunan Besi

Ayunan yang terbuat dari besi ini biasanya menggunakan aluminium. Bahan ini pastinya akan sangat kuat untuk menahan siapa saja yang bermain di ayunan tersebut. Dengan menggunakan bahan aluminium ini juga akan tahan lama dan anti karat ketika ditempatkan diluar ruangan.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa ayunan ini sangat pas untuk anak-anak, ini dikarenakan materialnya yang cukup berat bobotnya, sehingga mampu menyeimbangkan gerak anak-anak yang terlalu aktif.

Penggunaan ayunan besi untuk anak-anak ini juga sangat aman, meskipun digoyangkan sekuat tenaga tetap saja materialnya sangat kuat sehingga anak-anak tidak akan terjungkal pada saat bermain ayunan.

Cara untuk membuat ayunan besi ini pun terbilang cukup mudah, berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat ayunan besi yang benar agar nantinya akan menghasilkan ayunan yang aman dan kuat.

Pertama-tama, anda siapkan bahannya dahulu seperti :

  1. Pipa paralon dengan dinding yang cukup tebal. Untuk masalah ukurannya, anda bisa memakai 1 inci yang dipakai untuk rangka sebanyak 2 staf, ukuran 0,5 inci untuk pagar, sebanyak 1 staff berukuran 4 meter, dan ukuran 1,5 inci untuk ukuran kaki penyangga sekitar 2 meter.
  2. Pipa besi berukuran 0,5 untuk alasnya
  3. Baut dan mur untuk melakukan fiksasi
  4. Tripleks berukuran 70 x 40 cm yang dipakai untuk alasnya

Lalu untuk perlengkapan yang di dibutuhkan dalam pembuatan ayunan besi yaitu :

  1. Gergaji pipa dan besi untuk memotong
  2. Meteran
  3. Amplas berukuran 0,5 m
  4. Penggaris
  5. Pensil
  6. Kompor untuk memanaskan pipa
  7. Kikir yang ketika dipanaskan atau bisa dengan menggunakan solder untuk melubangi pipa

Setelah semua bahan dan peralatan sudah lengkap, berikut ini adalah cara membuat ayunan besi yang benar, yaitu :

  1. Lubangi paralon dengan besi panas. Untuk urutan langkahnya adalah pipa besi untuk alas, dipotong 50 cm sebanyak 5 buah. Lalu pipa paralon ukuran 0,5 inci digunakan untuk pagar pengaman di potong lebih kecil sekitar 30 cm sebanyak 6 buah untuk sisi lebar dan panjang 18 cm sebanyak 12 buah untuk sisi memanjang.
  2. Kemudian pipa paralon 1 inci sebagai rangka dipotong berukuran 80 cm sebanyak 6 buah. Lalu 4 paralon dilubangi sebanyak 6 buah untuk pagar, 2 paralon dilubangi untuk alas 5 buah, dan pipa paralon ukuran 1,5 ini yang digunakan untuk kaki penyangga dipotong dengan ukuran 50 cm sebanyak 4 buah. Kemudian pipa tersebut dilubangi yang didasarkan pada posisi pagar dan alas yang sudah dirakit.
  3. Kemudian anda rakit pagar, kaki, dan alas. Dan ayunan besi yang anda inginkan  sekarang sudah dapat digunakan.

Harga Ayunan Besi

Apabila anda saat ini sedang mencari informasi harga ayunan besi terbaru. Kami disini akan memberikan informasi harga ayunan besi terbaru 2020 untuk anda yang mungkin bisa anda jadikan referensi. Ada bermacam jenis harga jual ayunan besi ini.

Pastinya untuk harga sangat fleksibel bisa anda dapatkan, tergantung dari type bahan besi yang digunakan untuk membuatnya.  Nah, untuk lebih jelasnya mari kita lihat daftar harga ayunan besi terbaru berikut ini:

Jenis & Ukuran Ayunan Anak Kisaran Harga
Ayunan Besi Bangku 65 cm (4 anak) Rp1.700.000 – Rp2.500.000
Ayunan Anak Besi Bulat 80 cm Rp2.700.000 – Rp3.200.000
Ayunan Anak Besi 80 cm Rp3.000.000
Ayunan Putar Besi (6 anak) Rp3.450.000

Harga ayunan besi yang termuat di dalam tabel diatas tentu bisa berubah sewaktu-waktu. Terkadang di setiap daerah memiliki harga jual ayunan besi yang berbeda.

Namun harga tersebut tidak jauh berbeda dengan harga ayunan besi yang ada di pasaran dan bisa anda jadikan sebuah patokan sebelum akan membeli ayunan besi. Untuk dapat memastikannya anda bisa langsung mengunjungi penjual ayunan besi yang berada di daerah  sekitar anda.

Demikian informasi yang telah kami sampaikan tentang harga ayunan yang dilengkapi dengan jenis-jenis ayunan, kelebihan ayunan, cara membuat  ayunan dan juga daftar harganya.

Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terutama untuk anda yang sedang mencari ayunan besi sehingga akan memudahkan anda dalam memilih jenis ayunan besi yang sesuai dengan kebutuhan.



Leave a Comment