Harga Besi CNP Dan Ukurannya


Harga Besi CNP Per Batang – Salah satu material bangunan yang memiliki peran penting dan wajib digunakan untuk membuat bangunan menjadi lebih kokoh adalah Besi CNP. Besi ini memiliki banyak kegunaan untuk konstruksi bangunan  gedung yang tidak anda salahnya untuk anda ketahui. Dengan begitu, anda bisa memanfaatkan besi CNP ini dengan baik.

Besi CNP atau besi kanal C, mungkin sebagian dari anda masih belum pernah melihat atau mengetahui tentang besi CNP ini. Ya, besi yang memiliki panjang 6 meter ini bisa anda temukan dengan mudah di toko bangunan ataupun distributor yang menjual besi CNP.

Seberapa penting besi CNP ini sehingga wajib digunakan untuk konstruksi bangunan gedung ataupun sebagainya? Lalu, apakah sebenarnya kegunaan besi CNP ini untuk konstruksi sebuah bangunan? Jawaban dari pertanyaan sederhana tersebut akan anda temukan dalam pembahasan setelah ini.

Kali ini kami akan membahas tentang Besi CNP yang akan kami ulas secara lengkap, dan jelas sehingga bisa anda pahami dengan mudah. Nah, untuk lebih  jelasnya mari langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Baca juga: Harga Besi Siku Per Batang

Apa itu Baja CNP

Besi baja CNP ini juga biasa disebut dengan besi kanal C. Ini karena besi kanal C memiliki bentuk fisik yang menyerupai huruf C pada bagian permukaan. Peran besi CNP dalam konstruksi sebuah bangunan dianggap sangat penting karena ada banyak sekali koneksi yang menyambungkan antara satu batang dengan batang yang lainnya.

Pemasangan besi CPN biasanya menggunakan sambungan baut dan menggunakan sambungan las. Peranan besi ini akan sangat terlihat jelas bila anda memperhatikan konstruksi bangunan perumahan yang sedang dalam proses.

Pada bagian atap rumah akan terdapat tampilan baja yang berfungsi sebagai penyangga atap. Jenis baja tersebutlah yang umumnya merupakan besi baja profil CNP. Penggunan jenis baja kanal C memang merupakan pilihan yang bisa dikatakan sangat efisien.

Dengan bentuk yang menyerupai huruf C dan mempunyai panjang yang sesuai membuat besi CNP ini mudah sekali untuk dilekatkan antarsudutnya antara besi yang satu dengan besi yang lainnya. Sehingga kemudahan inilah yang menjadikan besi CNP sebagai material dasar yang wajib dipilih untuk beragam bagunan, baik itu rumah ataupun gedung.

Besi CNP, selain biasa disebut dengan besi kanal C, ternyata besi ini juga mempunyai ragam penyebutan lainnya :

  • Balok purlin
  • C-channel
  • Profil C
  • Lipped channel
  • Profil gording

Beberapa penyebutan yang berhubungan dengan alphabet C tersebut pastinya terindikasi dari bentukan antara ujung-ujungnya yang membentuk huruf C. Sementara itu, alasan untuk penyebutan yang lain, seperti balok purlin adalah karena besi CNP biasa gunakan untuk purlin atau balok dudukan atap.

Sedangkan biasa disebut pofil gording CNP karena besi ini memiliki fungsi sebagai gording atap dan rangka untuk dinding cladding. Yang terakhir mengapa dinamakan dengan lipped chanel, karena antara ujung besi CNP ini mempunyai fungsi untuk dapat saling merekatkan antara satu besi dengan besi yang lainnya.

Fungsi dan Peran Besi CNP pada Bangunan

Setelah mengetahui tentang pengertian besi CNP, selanjutnya kami akan menjelaskan lebih detail mengenai fungsi besi CNP dalam sebuah konstruksi atau sebuah bangunan. Beberapa fungsi besi CNP tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai gording atau rangka atap dalam suatu bangunan

Sebelum tampilan atap sebuah bangunan terlihat indah, di dalamnya terdapat rangka besi yang bisa menunjang keindahan dan juga kekohon atap bangunan tersebut. Besi CNP inilah yang digunakan sebagai penunjang atap sebuah bangunan, baik itu rumah, gedung, pabrik dan masih banyak lagi jenis bangunan lainnya yang memanfaatkan besi CNP sebagai rangka dalam bangunan atapnya.

  1. Sebagai rangka untuk dinding cladding

Sebelum membahas fungsi besi CNP yang berikutnya, mungkin anda belum paham apa itu cladding. Cladding merupakan struktur eksterior bangunan yang biasa dipasang pada dinding luar sebagai finishing (penyelesaian pekerjaan).

Fungsi cladding sendiri adalah sebagai pemberi kesan keindahan pada dinding dan sebagai pelindung struktur utama eksterior dinding, yang tak lain adalah besi CNP supaya terhindar dari berbagai gangguan ataupun kotoran. Secara visual, cladding memiliki peran penting untuk menampilkan keindahan suatu bangunan.

  1. Sebagai purlin atau yang disebut dengan balok dudukan penutup atap

Purlin disini berperan penting sebagai penopang konstruksi-konstruksi atap yang berada diatasnya. Kedudukan balok dudukuan atau purlin ini adalah sebagai penahan bahan-bahan penunjang atap lainnya.

Maka dari itu, memilih bahan bangunan untuk dijadikan sebagai purlin tentu harus benar-benar diperhatikan. Itulah mengapa memilih besi CNP merupakan pilihan yang tepat. Karena besi CNP mempunyai kualitas yang baik dan tahan untuk menopang berbagai konstruksi bangunan yang berada di atasnya.

  1. Sebagai girts atau berperan sebagai elemen yang menutup dinding

Apabila dalam sebuah bangunan, anda melihat logam yang tampak menutupi dinding, biasanya bahan logam yang digunakan sebagai kerangka dinding tersebut adalah besi kanal C. Tampilan dinding tertentu akan terlihat semakin menawan, disamping itu kekokohan dinding tersebut mampu bertahan hingga bertahun-tahun.

  1. Sebagai rangka kompnen arsitektural

Dalam hal ini berarti bawaha bentukan artifisial yang terlihat dari sebuah bangunan tidak bisa berdiri kokoh tanpa adanya struktur dan kerangka bangunan yang bagus di dalamnya. Disinilah besi CNP akan berfungsi untuk menunjang komponen arsitektural dalam sebuah bangunan.

  1. Sebagai member atau anggota pada truss atau rangka batang tiga dimensi

Sebelum melakukan pembangunan seperti gedung, pertokoan, dan bahkan pusat perbelanjaan yang berdiri tegak di tengah-tengah kota ataupun di desa, hal pertama yang kita butuhkan untuk dapat menopang bangunan tersebut yaitu truss atau rangka bangunan. Konstribusi besi CNP di sini adalah sebagai komponen yang bisa melengkapi rangkaian truss tersebut.

Baca juga: Harga Besi UNP

Ukuran Besi CNP

Besi CNP sendiri memiliki ukuran yang sangat bermacam-macam, yaitu 60 x 30 x 10 mm, 75 x 35 x 15 mm, 150 x 50 x 20 mm, 200 x 75 x 20 mm, dan masing banyak lainnya. Sementara itu, panjang besi CNP atau kanal C pada umumnya adalah 6 meter.

Harga Besi CNP

Saat ini sudah banyak sekali yang menjual besi CNP dipasaran, meskipun cukup mudah sekali untuk mencari penjual bahan bangunan yang menyediakan besi CNP anda harus tetap berhati-hati dalam memilih penjual yang tepat.

Apalagi jika penjual ataupun toko tersebut memberikan harga yang jauh dibawah pasaran, sehingga patut dipertanyakan apakah bahan material yang digunakan merupakan bahan yang bagus dan cocok digunakan besi CNP.

Sebab jika anda tidak berhati-hati dalam memilih material besi CNP maka bangunan yang anda buat bisa sampai roboh nantinya. Untuk mendapatkan informasi harga besi CNP terbaru, kami akan memberikan Daftar Harga Besi CNP dengan berbagai macam ukuran yang sering digunakan khususnya dalam pekerjaan konstruksi.

Tabel Harga Besi CNP

Ukuran Tebal Panjang Harga Berat
Besi CNP 100 x 50 x 20 2,3 mm 6 m 240.000 24,36 kg
Besi CNP 100 x 50 x 20 3,2 mm 6 m 301.500 33,00 kg
Besi CNP 125 x 50 x 20 2,3 mm 6 m 265.000 27,06 kg
Besi CNP 125 x 50 x 20 3,2 mm 6 m 353.500 36,78 kg
Besi CNP 150 x 50 x 20 2,3 mm 6 m 288.500 29,76 kg
Besi CNP 150 x 50 x 20 3,2 mm 6 m 390.000 40,56 kg
Besi CNP 150 x 65 x 20 2,3 mm 6 m 308.500 33,00 kg
Besi CNP 150 x 65 x 20 3,2 mm 6 m 435.500 45,06 kg
Besi CNP 200 x 75 x 20 2,3 mm 6 m 395.500 40,62 kg
Besi CNP 200 x 75 x 20 3,2 mm 6 m 530.500 55,62 kg

Daftar harga besi CNP terbaru diatas bisa berubah sewaktu-waktu dan terkadang akan berbeda dengan harga di toko bahan bangunan yang ada di sekitar anda.

Hal ini dikarenakan harga besi CNP tergantung dari kebijakan masing-masing supplier, lokasi, dan juga jumlah material yang diperlukan. Maka untuk lebih jelasnya anda bisa mengunjungi toko bahan bangunan yang menyediakan besi CNP di sekitar anda.



Leave a Comment