Harga Besi UNP Dan Ukurannya


Harga Besi UNP Per Batang – Apabila anda sudah lama terlibat dalam sebuah proyek konstruksi bangunan, mungkin anda tidak asing lagi dengan besi UNP. Jenis besi ini seringkali dimanfaatkan dalam perusahaan manufaktur, mesin, dan juga konstruksi sipil.

Akan tetapi, jika anda baru terjun di dunia konstruksi, maka sudah seharusnya anda memperlajari terlebih dahulu mengenai besi kanal UNP yang juga biasa disebut sebagai U-channel, kanal U, atau profil U.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang Besi Unp yang lengkap dengan kegunaan, ukuran, dan juga daftar harganya. Penjelasan ini diharapkan bisa membantu anda saat ditugaskan untuk mencari, membeli, ataupun membandingkan harga besi UNP dari satu toko ke toko lainnya. Nah untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Pengertian dan Fungsi Baja UNP

Besi UNP atau Kanal U merujuk pada bentuknya yang menyerupai huruf U. Bentuknya inilah yang membuat kanal U menjadi cukup mudah dikenali dari sekian jenis besi baja yang biasa digunakan dalam dunia konstruksi dan perancangan.

Baca juga: Harga Besi Siku Lubang

Jadi semestinya, anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mengenali besi UNP atau kanal U ini saat akan membelinya di toko bahan bangunan. Sementara itu, fungsi dari besi kanal UNP ini bisa anda prediksi dari bentuk dan juga pengertiannya. Dalam perancangan sebuah bangunan ataupun konstruksi lainnya, jenis besi baja yang satu ini memiliki peran utama sebagai terusan atau penyambung.

Pemanfaatanya bisa anda lihat dalam keperluan parlin, yaitu sebagai balok yang menutup dudukan atau. Profil U ini juga seringkali berfungsi sebagai elemen yang memgang girts atau penutup dinding.

Dalam beberapa kasus, besi UNP juga digunakan sebagai rangka pada komponen arsitektural, member atau anggota truss, struktur tangga, bahkan hingga karoseri (penutup kerangkan pada mobil).

Mengenal Besi UNP Konstruksi Lebih Dalam

Lantas, sama halnya dengan produk-produk lainnya yang beredar secara legal di Indonesia, material bangunan pun juga harus memenuhi kualifikasi SNI atau Standar Nasional Indonesia. Untuk dapat mengetahui besi kanal UNP yang SNI, anda bisa mengukur dimensinya. SNI sendiri telah menganjurkan dimensi yang bisa diterima.

Besi baja yang tidak dapat memenuhi toleransi dimensi ini maka disebut dengan besi non SNI, besi non-full, hingga besi banci karena diragukan keaslianya. Menyoal mengenai besi banci, material bangunan tanpa label SNI ini rupanya tidak mempunyai ukuran yang sudah ditentukan oleh anjuran yang berlaku.

Selain itu, besi non SNI telah memiliki target pasar sendiri yaitu proyek properti pribadi. Meskipun harganya bisa lebih menghemat budget pembangunan, tetapi penggunaan besi banci ini tetap tidak disarankan karena mutunya yang belum pasti dan akan lebih beresiko.

Bahan Besi UNP

Bahan baku UNP pastinya tidak boleh terbuat dari bahan yang mudah rapuh. Karena sesuai dengan fungsinya, besi UNP ini biasa digunakan untuk menopang konstruksi ataupun beban berat.

Jika tidak besi UNP ini tidak kokoh, maka benda atau konstruksi yang telah ditopangnya bisa saja roboh. Sebenarnya, bahan baku besi UNP sendiri adalah plat baja yang sudah terbukti anti korosi sehingga mampu tahan lama dan tidak akan keropos.

Macam-Macam Jenis Besi UNP Kanal U

Setelah mengetahui pengertian dan juga fungsi besi kanal U, selanjutnya kami akan memaparkan macam-macam jenis besi unp kanal U  yang beredar dipasaran. Besi ini termasuk jenis besi yang banyak dibutuhkan dalam pembuatan gedung, pabrik, hotel, dan juga bangunan lainnya.

Tidak hanya dibutuhkan dalam negri saja, tetapi besi ini sudah sampai memenuhi kebutuhan eksport. Namun untuk kebutuhan eksprot, pastinya ada standar tertentu yang biasanya diajukan oleh klien. Hal ini dikarenakan type bangunan, jenis, dan juga medan alam antara Indonesia dengan Negara lain sudah sangat berbeda.

Berikut ini adalah macam-macam jenis besi UNP kanal U yang harus anda ketahui. Nama-namanya telah tersedia dalam bentuk angka sehingga akan lebih mudah untuk dimengerti oleh konsumen.

  • UNP 5 – 50 x 38 x 5 panjang 6 meter dengan berat 31 kilogram per buahnya
  • UNP 6,5 – 65 x 42 x 5 panjang 6 meter dengan berat 42 kilogram per buahnya
  • UNP 7,5 – 75 x 40 x 5 panjang 6 meter dengan berat 45,52 kilogram per buahnya
  • UNP 8 – 80 x 45 x 6 panjang 6 meter dengan berat 49 kg kilogram per buahnya
  • UNP 10 – 100 x 50 x 5 panjang 6 meter dengan berat 56,2 kilogram per buahnya
  • UNP 12 -120 x 55 x 6 panjang 6 meter dengan berat 80 kilogram per buahnya
  • UNP 12,5 – 125 x 65 x 6 panjang 6 meter dengan berat 80 kilogram per buahnya
  • UNP 14 – 140 x 60 x 7 panjang 6 meter dengan berat 96 kilogram per buahnya

Berbagai macam jenis besi UNP kanal U diatas tentunya digunakan untuk jenis bangunan yang berbeda. Semakin megah dan besar suatu bangunan maka diharuskan untuk menggunakan bahan baku yang juga semakin berkualitas.

Jangan sampai anda menggunakan bahan baku yang kurang baik karena akan berdampak fatal nantinya. Pastikan juga untuk membeli produk tersebut di tempat yang sudah terpercaya untuk mendapatkan kualitas yang terjamin.

Baca juga: Harga Besi CNP

Memilih Penjual Besi UNP

Saat ini besi UNP sudah banyak dijual dipasaran dengan berbagai macam jenis ukuran. Meskipun cukup mudah sekali untuk mencari penjual bahan bangunan yang menyediakan besi UNP, sebaiknya anda juga harus berhati-hati dalam memilih penjual yang tepat.

Terlebih lagi, jika penjual tersebut menawarkan harga besi UNP yang jauh dibawah harga pasaran. Maka hal ini patut dipertanyakan apakah bahan materal yang digunakan merupakan material yang memiliki kualitas bagus dan cocok digunakan untuk besi UNP.

Jangan sampai anda mengorbankan konstruksi demi untuk mendapatkan harga yang murah. Jika konstruksi ataupun bangunan yang telah anda buat bisa sampai roboh, maka biaya yang akan anda keluarkan bisa jadi jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya yang telah kita hemat dengan cara membeli besi UNP yang murahan.

Harga besi UNP

Apabila anda sedang mencari informasi harga besi UNP untuk bangunan anda, kami disini akan memberikan informasi harga besi UNP kanal U terbaru yang mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi dalam membeli besi UNP.

Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja lihat tabel dibawah ini :

Harga besi UNP Kanal U tergantung dari jenis dan ukuran yang anda inginkan. Meskipun ukurannya hanya selisih sedikit saja namun masih tetap berpengaruh pada harga jualnya dipasaram.

Untuk pemesanan besi UNP Kanal U dalam jumlah yang besar maka anda disarankan untuk memesan langsung pada distributor. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan potongan harga yang lumayan besar karena masuk dalam hitungan pembelian grosir. Namun untuk masalah harga, masing-masing penjual akan menetapkan harga yang berbeda-beda.

Apabila dan ingin mendapatkan harga yang termurah ataupun memastikan harganya maka anda harus melakukan survey terlebih dahulu ke toko-toko bahan material bangunan yang ada di sekitar anda.



Leave a Comment