Harga Box Culvert Beton Per Meter Mei 2019 Lengkap Dengan Cara Pemasangan

Harga Box Culvert – Box culvert atau yang biasa disebut dengan gorong – gorong beton kotak adalah sebuah bahan konstruksi yang terbuat dari beton bertulang berbentuk segi empat. Konstruksi ini mempunyai spigot dan socket yang menjadikannya kedap air tanah dan bisa tetap menyatu saat mengalami pergeseran tanah. Box culvert merupakan saluran air bawah tanah yang sangat cocok untuk digunakan pada lahan yang terbatas.

Kedalaman dan juga ketinggiannya terbatasi, namun tetap memerlukan ruang saluran yang lebar dan dangkal serta bisa menangani arus sesuai yang dibutuhkan. Box culvert biasa digunakan sebagai pembuatan gorong – gorong jalan raya, gorong – gorong kereta api, jembatan jalan raya yang pendek dan juga terowongan. Produk box culvert ini dibuat dengan tampilan bulat, persegi, trapesium dan juga modular yang terpisah antara bagian atas dan bagian bawahnya. Memiliki ukuran yang berbeda – beda pula, tergantung pada debit air yang akan dialirkan melalui gorong – gorong tersebut.

Kelebihan Box Culvert Precast

Proses pencetakan material ini bisa dilakukan di pabrik (yang biasanya disebut dengan beton pracetak atau beton precast) dan bisa juga dilakukan di lokasi konstruksi. Dilihat dari tingkat kepraktisannya, menjadikan box culvert, produk jenis beton precast ini lebih banyak dipilih dan digunakan. Untuk box culvert yang diproduksi pada pabrik beton precast sendiri pada umumnya dicetak dalam jumlah yang besar. Tidak hanya memproduksi produk ini saja, pabrik beton pracetak juga telah memproduksi produk yang lain, seperti grass block, paving block atau konblok dan juga produk – produk beton pracetak atau precast lainnya.

Pasalnya, saat kita memilih menggunakan produk dengan sistem precast ini, tidak akan membutuhkan waktu yang lama saat proses pengaplikasiannya. Pekerjaan saat di lapangan hanya sebatas penggalian tanah dan pengecoran lantai kerja bisa dilakukan dengan baik tanpa harus terganggu karena overlapping. Sementara itu, jika menggunakan sistem pengecoran di lokasi, maka waktu yang dibutuhkan akan lebih lama bahkan hingga beberapa bulan dan dapat menimbulkan kemacetan yang panjang dalam jangka waktu yang sangat lama.

Secara umum, box culvert precast ini lebih banyak digunakan karena :

  1. Pemasangan box culvert dapat dilakukan dengan cepat dan lebih mudah.
  2. Biaya instalasinya lebih kecil.
  3. Mempunyai plat besi joint yang dapat membuat struktur dari box culvert ini menjadi lebih kokoh dan juga kuat.

Fungsi dan Kegunaan Box Culvert

Pada umumnya, box culvert banyak digunakan untuk kepentingan drainase. Namun, semakin banyaknya kebutuhan – kebutuhan lain yang dapat didukung oleh adanya box culvert, menjadikan box culvert ini juga digunakan untuk beragam konstruksi underpass yang lain. Fungsi dan kegunaan box culvert diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Box culvert sebagai sarana saluran irigasi

Jenis box culvert yang digunakan untuk irigasi sendiri membutuhkan kekuatan struktur yang tinggi sehingga dapat menyalurkan air. Biasanya, penggunaan box culvert ini dapat kita jumpai dengan mudah di bawah jalan tol atau sungai yang dekat dengan area persawahan dimana box culvert sengaja digunakan sebagai saluran irigasi. Menyesuaikan dengan fungsinya sebagai saluran irigasi, ukuran box culvert yang dibutuhkan tentu sangat besar. Mengenai proses pengecorannya sendiri dapat dilakukan langsung di tempat dan tidak perlu menggunakan beton pracetak.

  1. Media terowongan utilitas

Selain berfungsi sebagai saluran air, box culvert juga dapat dimanfaatkan untuk utilitas kabel telepon, listrik dan sebagainya. Selain itu, box culvert juga dapat digunakan sebagai pelindung kabel bawah tanah yang biasa ditanam untuk kebutuhan estetika kota. Jenis box culvert yang digunakan untuk kebutuhan ini biasanya berukuran kecil dan harus memenuhi beberapa kriteria khusus. Mengingat di dalamnya nanti akan dipasang material lain yang harus dilindungi, maka harus dipastikan bahwa produk ini mempunyai ketahanan yang baik terhadap air dan juga serangan binatang pengerat.

  1. Berfungsi sebagai penangkap air

Box culvert jenis inilah yang paling sering kita temui dalam penggunaannya. Box culvert ini digunakan sebagai saluran drainase yang diterapkan dalam berbagai fasilitas umum seperti jalan raya, jalur kereta api, bendungan, dan sebagainya. Karena bagian atasnya seringkali dijadikan sebagai jembatan dan jalur yang dilewati kendaraan setiap harinya, maka tentu saja kekuatannya harus diperhitungkan dengan baik. Sebagai saluran drainase, bentuk yang digunakan juga tidak harus segi empat seperti pada umumnya. Sebab sebagian dari wujudnya terlihat oleh mata manusia, maka nilai estetikanya dapat ditambahkan dengan menggunakan box culvert ini. Adapun alternatif bentuk yang sering digunakan dari box culvert ini adalah arch culvert (melengkung) seperti yang biasa terlihat dari bawah jembatan.

Metode Pemasangan Box Culvert

Box culvert tidak memerlukan galian tanah yang dalam, sehingga akan memudahkan kontraktor. Kemudahan dan kecepatan dalam pemasangan membuat penggunaan box culvert sebagai saluran air semakin banyak diminati. Cara pemasangan box culvert atau gorong-gorong beton yang mudah adalah sebagai berikut:

  1. Ekskavasi area kerja

Langkah awal adalah dengan membuat parit yang ukurannya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Kedalamannya juga harus mengikuti kedalaman minimal yang dipersyaratkan oleh pabrik pembuat beton tersebut. Sedangkan lebar parit harus memperhatikan lebar box culvert serta kemudahan alat pada saat meletakkan box nantinya. Area galian yang tidak dibutuhkan harus segera ditutup dan dipadatkan kembali. Untuk pengurugan kemiringan saluran air harus diperhatikan sesuai perencanaan. Jika terdapat air pada parit, maka harus dilakukan dewatering terlebih dahulu supaya box culvert yang telah terpasang nantinya tidak akan mengapung.

  1. Pelapisan tanah

Setelah parit terbentuk, proses selanjutnya adalah pelapisan untuk box culvert. Material pelapis harus sesuai dengan yang diperlukan. Alasnya tidak perlu material kasar sebab akan merusak box culvert-nya. Pengalasan diperlukan supaya saat box culvert dipasang tidak mengalami pergeseran kebawah. Ketinggian alasnya minimal 75mm, jika areanya terdiri dari tanah keras dan bebatuan, maka pelapisan setidaknya setinggi 150mm. Perlu diperhatikan juga bahwa site manager, mandor, ataupun para pekerja yang sedang menangani proyek pemasangan saluran air ini harus ahli di dalam bidangnya, dan harus benar-benar memahami dengan baik cara pemasangan box culvert.

  1. Pemasangan box culvert

Selanjutnya adalah memasang box culvert. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat barisan dari box culvert, dimana peletakan pertama box ini akan menentukan kelurusan penempatan box selanjutnya. Maka dari itu peletakannya harus sesuai dengan ketinggian serta kemiringan yang telah direncanakan. Peletakan box adalah dengan menempatkan spigot di hilir dan socket di hulu.

  1. Penyambungan antar box culvert

Sealant dibutuhkan untuk menghindari miggrasi tanah dan air terhadap box culvert. Bahan dasar sealant yang paling cocok untuk digunakan adalah bitumen atau aspal. Sealant ini bisa diaplikasikan pada bagian atas dan bagian dalam dinding dengan tebal sekitar 300 mm. Box culvert yang sudah ditata sebagai awal dari saluran harus disambung dengan box pengisi. Sebaiknya terdapat pekerja yang dapat mengarahkan crane. Sebelum meletakkan box, parit harus dicek dahulu, apakah ketinggian serta kondisi parit sudah sesuai rencana atau belum. Antar box harus disatukan dengan rantai atau menggunakan derek. Rantai harus diikatkan secara bertahap hingga box menyatu, setelah itu baru crane dapat melepas box. Perlu diperhatikan bahwa sambungan antar box tidak berubah saat crane diangkat.

  1. Pengurugan kembali area kerja

Setelah box culvert terpasang dengan baik, selanjutnya adalah harus dilakukan pengurugan kembali. Tanah urug juga harus bebas dari bahan organik dan harus segera dipadatkan. Pemadatannya jangan sampai merusak box culvert atau merubah kedudukannya.

Harga dan Ukuran Box Culvert

Ukuran produk ini sangat beragam. Mulai dari yang terkecil dengan dimensi berdiameter 40cm hingga ukuran yang terbesar mencapai 200cm. Spesifikasi panjang tiap unitnya yaitu 100cm (1 meter). Dibawah ini merupakan list harga box culvert yang diproduksi oleh Indonusa dan memiliki mutu beton rata – rata K 350.

No UKURAN BOX CULVERT BERAT HARGA
1 Box Culvert 40x40x100 446 Kg IDR 875.000 /pcs
2 Box Culvert 50x50x100 612 Kg IDR 1.187.500 /pcs
3 Box Culvert 60x60x100 803 Kg IDR 1.437.500 /pcs
4 Box Culvert 80x80x100 1485 Kg IDR 2.250.000 /pcs
5 Box Culvert 100x100x100 1787 Kg IDR 2.925.000 /pcs
6 Box Culvert 120x120x100 2279 Kg IDR 4.255.000 /pcs
7 Box Culvert 150x150x100 3456 Kg IDR 6.550.000 /pcs
8 Box Culvert 180x180x100 4072 Kg IDR 7.100.000 /pcs
9 Box Culvert 200x200x100 4560 Kg IDR 11.325.000 /pcs
10 Box Culvert 300x300x120 11400 Kg IDR 36.000.000 /pcs
11 Box Culvert 400x400x120 17340 Kg IDR 48.000.000 /pcs
12 Box Culvert 600x600x120 35000 Kg IDR 93.000.000 /pcs

Ukuran Box Culvert