Harga Cat Minyak Kaleng Kecil 1 Kg


Harga Cat Minyak – Pengecatan dinding rumah bagian dalam (interior) ataupun bagian luar (exterior) tentu akan berbeda. Dinding tembok bagian luar rumah harus menggunakan cat yang lebih tahan terhadap segala cuaca.

Jika anda tidak hati-hati dalam memilih cat maka anda akan seringkali mengecat dinding tembok luar rumah anda tersebut, dan hal ini bisa dikatakan sebagai pemborosan. Dalam melakukan pengecatan rumah bagian luar disarankan untuk menggunakan cat minyak atau cat besi.

Cat minyak dinding adalah cat yang berbahan dasar dari minyak, cat ini berfungsi sebagai media untuk dapat mengikat pigmen warna pada cat. Namun untuk masalah proses pengeringan, cat dinding ini terbilang sangat lama bahkan hingga sampai berhari-hari.

Di samping itu, cat ini dapat meresap dengan baik pada obyek yang sudah anda siapkan terlebih dahulu dengan bersih tanpa ada yang menganggu dalam proses pengecatan dengan cat minyak.

Baca juga: Harga Kuas Cat

Macam-Macam Cat Minyak

  • Dulux V-Gloss warna standar 1 lt
  • Dulux V-Gloss warna khusus 1 lt
  • Dulux V-Gloss warna standar 2,5 lt
  • Dulux V-Gloss Doff warna standar 1 lt
  • Dulux Weathershield Gloss warna standar 1 lt
  • Dulux Weathershield Gloss warna khusus 1 lt
  • FTALIT Gloss 1 Kg
  • FTALIT Gloss 5 Kg
  • FTALIT Gloss 20 Kg
  • FTALIT Doff 1 Kg
  • FTALIT Doff 5 Kg
  • FTALIT Doff 20 Kg
  • FTALIT Silver 115 – 998 1 Kg
  • FTALIT Silver 115 – 998 5 Kg
  • FTALIT Silver 115 – 998 20 Kg
  • FTALIT tosca, copper, gold 1 Kg
  • FTALIT Clear Varnish 042-007 1 Kg
  • FTALIT Clear Varnish 042-007 4 Kg
  • FTALIT Clear Varnish 042-007 20 Kg
  • SEIV Gloss warna standar 1 lt
  • SEIV Gloss warna standar 20 Kg
  • SEIV Doff warna standar 1 lt
  • SEIV Doff warna standar 20 Kg
  • SEIV warna special 234 – 500 1lt
  • SEIV warna special 234 – 500 20Kg
  • SEIV warna Exclusive 260, 460, 560 1lt
  • SEIV warna Silver 685 1lt
  • SEIV warna Silver 685 20lt
  • SEIV warna Varnish 10 1lt
  • SEIV warna Varnish 10 10lt
  • SEIV chasis black 020 1lt

 Kelebihan Cat Minyak

Cat minyak memiliki beberapa kelebihan, kelebihan cat ini adalah pigmen warna cat minyak akan terlihat lebih cerah dibandingkan semua cat yang ada walaupun cat akrilik sekalipun. Apabila penggunaan cat minyak ini dilakukan dengan professional maka dapat memberikan hasil tekstur yang sangat bagus.

Cat minyak juga sangat awet dan tidak mudah terkelupas tetapi bau yang dikeluarkan cat minyak ini sangat menyengat sekali dan bahkan bisa membuat pusing bagi orang yang tidak terbiasa. Cat minyak ini terbagi dari beberapa tujuan penggunaannya. Pada umumnya cat minyak ini dugunakan untuk mengecat besi ataupun kayu yang tidak dapat menyerap cat dengan bahan dasar air.

Selain itu, cat yang satu ini juga bis digunakan sebagai salah satu media lukis pada pelukis professional. Kebanyakan pelukis professional senang sekali menggunakan jenis cat minyak ini. Hal ini dikarenakan warna yang dihasilkan dan tingkat kecerahan serta pencampuran yang jauh lebih bervariasi.

Sedangkan untuk finishing furniture, para pekerja finishing sudah pasti akan menggunakan cat minyak sebab bahan adhesivenya tentu dapat menempel pada pahan kayu ataupun besi. Disamping itu penggunaan cat minyak ini juga akan membuat kayu dan besi menjadi lebih awet. Kenapa bisa lebih awet? Sebab bahan minyak tentunya dapat menghindarkan katu dan besi dari air yang besi menyebabkan kelapukan kayu dan korosi besi.

Selain karena faktor dapat mengawetkan furniture, warna cat minyak pastinya dapat memperindah warna kayu. Cat minyak ini tidak hanya muncul dengan warna saja, tetapai ada pula cat minyak yang memiiliki warna bening atau yang disebut dengan pelitur. Pelitur juga terbuat dari minyak, sebab sifat minyak yang melekat pada kayu dan bisa melindungi dari air.

Tips Menggunakan Cat Minyak

Sebelum melakukan pengecatan dinding tembok rumah anda dengan cat minyak ini, ada beberapa hal yang harus anda dipersiapkan. Seperti dengan membersihkan dinding tembok terlebih dahulu yang akan anda cat sebelum di lakukan pengecatam.

Pembersihan ini harus dilakukan karena biasanya terdapat kerak, jamur, dan tumbuh lumut. Amplas terlebih dahulu dinding luar rumah lalu semprot dengan air sampai merata.

Biarkan sampai mengering dan setelah itu anda sudah bisa melakukan pengecatan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum akan memulai menggunakan cat minyak :

  • Hindari musim hujan

Hindarilah pengecatan dinding luar rumah pada saat musim huja ataupun cuaca yang sedang lembab. Hal ini dikarenakan pada musim hujan ataupun pada cuaca lembab akan menyebabkan cat lebih susah mengering. Dinding tembok yang lembab ataupun basah juga akan menyebabkan cat lebih sulit untuk menempel. Hal ini tentunya hanya akan membuang-buang waktu saja. Maka dari itu, sebaiknya anda memilih musim panas ataupun cuaca yang sedang terik karena selain lebih mudah untuk menempel di cat juga akan lebih cepat kering sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal.

  • Hindari plamur

Hindirilah menggunakan plamur untuk mengecat dinding tembok luar rumah anda. Hal ini dikarenakan plamur dapat mengurangi cat minyak yang menempel di dinding luar rumah anda. Akan tetapi, jika memang diperlukan plamur untuk dapat menambal retakan-retakan ringan yang terdapat pada dinding luar rumah, maka anda harus menggunakan seminimal mungkin sesuai dengan keperluan.

  • Tinner

Cat lah dengan sangat hati-hati dan jangan sampai mengenai badan ataupun wajah anda. Akan lebih baik jika anda menggunakan pelindung untuk wajah, mata dan helem. Tetapi jika percikan cat minyak ini terkena kulit anda, maka anda bisa membersihkannya dengan tinner yang telah dicampur dengan air.

  • Tekhnik mengecat

Pengecatan dinding tembok rumah dengan cat minyak ini bisa dilakukan dengan tekhnik sederhana. Akan tetapi jika anda tidak mengetahui caranya mungkin saja cat pada tembok akan terlihat kurang rata. Pengecatan ini bisa dimulai dari mendatar yang kemudian diratakan secara vertikal. Yang harus anda ingat adalah lakukan sedikit demi sedikit supaya permukaan cat terlihat lebih  rapi dan merata.

Baca juga: Harga Cat Akrilik

Cara Mengecat Tembok Dengan Cat Minyak

  1. Siapkan Semua Peralatan dan Bahan yang Akan Digunakan

Pertama, siapkan peralatan dan bahan yang anda butuhkan sebelum memulai proses pengecatan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dan memperlancar proses pengecatan demi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Jangan sampai pada tahap pengerjaan tiba-tba anda  membutuhkan salah satu alat dan ternyata alat tersebut belum anda siapkan. Tentu saja hal ini akan merugikan anda karena proses pengecatan menjadi lebih lama.

  1. Proses Pembersihan Tembok yang Akan Di aplikasikan Cat Minyak

Seperti yang sudah kami bahas diatas, sebelum melakukan pengecatan jangan sampai lupa membersihkan permukaan dinding tembok yang akan diaplikasikan cat minyak. Pembersihan ini dapat anda lakukan dengan cara mengerok, mengelupas ataupun mengamplas cat tembok. Hal ini bertujuan supaya nantinya cat minyak yang anda aplikasikan pada dinding tembok bisa menempel sempurna dan tidak mudah hilang serta dapat tahan lama.

  1. Pilihlah Warna Cat yang Sesuai dengan Keinginan Keluarga

Untuk dapat menciptakan suasana yang harmonis, berarti anda harus bisa menyelami dan mengenali dan mengenali keluara anda lebih dalam. Warna cat apakah yang paling dominan pada keluarga anda? Jangan sampai anda memutuskan sepihak karena ujung-ujungnya keluarga menjadi tidak betah di rumah.

  1. Proses Pencampuran Bahan yang Akan Digunakan

Bahan-bahan yang telah anda siapkan sebelumnya, bisa langsung anda campurkan. Apabila anda ingin mencampurkan beberapa warna cat, maka pastikan takaran harus benar-benar anda perhatikan supaya nantinya saat cat minyak habis tidak akan kebingungan dan warna yang dihasilkan masih tetap sama.

Kemudian lakukan pengadukan hingga merata sebelum akan digunakan. Terlalu kental ataupun terlalu encer dapat mempengaruhi kualitas yang dihasilkan. Jadi anda harus pastikan adonan sesuai dengan standar yang telah dianjurkan.

  1. Proses Pengecatan

Dalam proses pengecatan sebaiknya anda menggunakan roll saja untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih rapi. Cara mengecat tembok dengan roll memang akan sangat efektif dan lebih rapi. Barulah di bagian-bagian yang anda rasa sulit seperti di pojokan, anda dapat memaksimalkannya dengan kuas.

  1. Finishing

Setalah proses pengecatan sudah selesai, sebaiknya anda perhatikan lagi bagian permukaan tembok yang sudah anda cat. Bisa jadi ada bagian yang masih belum sempurna sehingga anda bisa langsung menyempurnkannya dengan mengecatnya kembali.

  1. Pembersihan Kembali

Apabila cat sudah mulai mengering, anda bisa membersihkannya kembali untuk menghilangkan debu-debu yang telah menempel pada saat proses pengecatan sedang berlangsung. Supaya cat dinding tembok terlihat istimewa dan menarik.

Harga Cat Minyak

Jenis Cat Minyak Satuan Harga
Dulux V-Gloss warna standar 1 lt Rp 40.000
Dulux V-Gloss warna khusus 1 lt Rp 43.000
Dulux V-Gloss warna standar 2,5 lt Rp 180.000
Dulux V-Gloss Doff warna standar 1 lt Rp 43.000
Dulux Weathershield Gloss warna standa 1 lt Rp 72.000
Dulux Weathershield Gloss warna khusus 1 lt Rp 80.000
FTALIT Gloss 1 Kg Rp 47.300
FTALIT Gloss 5 Kg Rp 226.600
FTALIT Gloss 20 Kg Rp 869.000
FTALIT Doff 1 Kg Rp 50.600
FTALIT Doff 5 Kg Rp 243.000
FTALIT Doff 20 Kg Rp 935.000
FTALIT Silver 115 – 998 1 Kg Rp 58.300
FTALIT Silver 115 – 998 5 Kg Rp 223.300
FTALIT Silver 115 – 998 20 Kg Rp 1.072.500
FTALIT tosca, copper, gold 1 Kg Rp 62.700
FTALIT Clear Varnish 042-007 1 Kg Rp 35.200
FTALIT Clear Varnish 042-007 4 Kg Rp 135.300
FTALIT Clear Varnish 042-007 20 Kg Rp 649.300
SEIV Gloss warna standar 1 lt Rp 45.450
SEIV Gloss warna standar 20 Kg Rp 850.000
SEIV Doff warna standar  1 lt Rp 45.450
SEIV Doff warna standar 20 Kg Rp 850.000
SEIV warna special 234 – 500 1lt Rp 47.300
SEIV warna special 234 – 500 20Kg Rp 935.000
SEIV warna Exclusive 260, 460, 560 1lt Rp 75.000
SEIV warna Silver 685 1lt Rp 50.000
SEIV warna Silver 685 20lt Rp 950.000
SEIV warna Varnish 10 1lt Rp 37.500
SEIV warna Varnish 10 10lt Rp 712.500
SEIV chasis black 020  1lt Rp 40.000

Harga Cat Minyak Avian Dan Emco

Avian 1 kg 47.000,-
1. EMC1-27 Cat Emco 1 K 27 Merlin Blue Rp. 60.000,-
2. EMC1-104 Cat Emco 1 K 104 SEA Green Rp. 54.000,-
3. EMC1-105 Cat Emco 1 K 105 Lollipop Rp. 60.000,-
4. EMC1-107 Cat Emco 1 K 107 Porcelain Blue Rp. 54.000,-
5. EMC1-108 Cat Emco 1 K 108 Old Gold Rp. 54.000,-
6. EMC1-113 Cat Emco 1 K 113 Ivory Rp. 54.000,-
7. EMC1-131 Cat Emco 1 K 131 hazelnut Brown Rp. 54.000,-
8. EMC1-139 Cat Emco 1 K 139 Lavender Purple Rp. 60.000,-
9. EMC1-141 Cat Emco 1 K 141 Pansy Purple Rp. 69.000,-
10. EMC1-102 Cat Emco 1 K 102 Ocean Blue Rp. 69.000,-


Leave a Comment