Harga Gorden Jendela Minimalis


Gorden Jendela Minimalis – Tirai atau yang disebut dengan gorden adalah potongan kain atau tekstil yang biasanya digunakan untuk menghalangi masuknya cahaya matahari. Pada awalnya, tirai digunakan sebagai penutup jendela rumah di pedesaan.

Pembuatannya pun cukup sederhana, hanya menggunakan kain polos. Pada waktu itu, tirai hanya menutupi setengah bagian jendela yaitu di bagian bawahnya saja, sedangkan di bagian atasnya dibiarkan terbuka supaya cahaya matahari tetap bisa masuk kedalam. Saat ini tirai atau gorden telah hadir dengan berbagai bentuk dan model.

Fungsi dan Manfaat Gorden

Selain hadir dengan berbagai macam bentuk dan model. Tirai atau gorden ini juga memiliki beberapa fungsi dan manfaat. Berikut dibawah ini adalah beberapa fungsi dan manfaat gorden :

  • Sebagai penutup jendela

Rumah pada umumnya memiliki bukaan yang berupa pintu, jendela, dan ventilasi yang mempunyai kegunaan masing-masing. Seperti jendela misalnya, jendela dibuat agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah,  sekaligus untuk melihat pemandangan yang ada diluar rumah.

Namun ada kalanya kita ingin menutup jendela untuk privasi, khususnya di malam hari. Pada saat itulah gorden akan berperan penting sebagai penutup jendela. Selain itu, ruangan yang dilengkapi dengan gorden akan terasa lebih hangat dan nyaman.

  • Berfungsi sebagai pengatur kualitas dan kuantitas cahaya

Gorden juga memiliki fungsi untuk kualitas dan kuantitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Hal ini sangat penting untuk menjamin kenyamanan aktivitas anda pada saat di dalam rumah. Ketika bekerja di dapur ataupun mengerjakan pekerjaan kantor, pastinya anda memerlukan pencahayaan yang cukup. Kontrol cahaya yang masuk ke dalam ruangan hanya dengan membuka atau menutup gorden.

  • Gorden berfungsi untuk menjaga privasi

Melihat pemandangan yang ada di luar rumah lewat jendela tentu akan sangat menyenangkan. Namun, rasa nyaman tersebut akan berkurang jika hal sebaliknya yang justru terjadi, yaitu orang luar juga dapat melihat bagian dalam rumah anda.

Hal ini tentunya akan beresiko terhadap keselamatan dan keamanan anda. Untuk itulah kegunaan gorden. Gorden yang tertutup dapat menghalangi pandangan dari luar ke dalam rungan, demikian pula sebaliknya. Hal ini sangatlah penting jika anda sekeluarga ingin melakukan aktivitas sehari-hari anda didalam rumah tanpa harus khawatir karena dilihat ataupun diamati orang dari luar.

  • Gorden berfungsi sebagai penambah nilai estetik

Tidak dapat dipungkiri bahwa gorden akan sangat berpengaruh pada tampilan estetika ruang. Hal ini tidak lain karena porsi penutup jendela ini sangat besar sehingga akan menyita perhatian siapapun yang melihatnya. Dengan kata lain, elemen penutup jendela memiliki peran besar dalam menciptakan mood ruang.

Baca juga: Desain Kamar Tidur Minimalis

Cara Memasang Gorden Pintu Yang Benar

Cara memasang gorden harus diperhatikan dan dilakukan dengan benar, agar gorden dapat terlihat indah di pintu. Pasalnya, gorden yang tidak dipasang dengan benar, tidak akan enak jika dipandang mata. Selain itu, juga memungkinkan merusak bagian-bagian dari gorden itu sendiri.

Nah, pastinya anda tidak mau kan kalau gorden pintu yang mulanya terlihat indah justru menjadi norak dan menganggu pemandangan di dalam rumah anda. Meskipun demikian, nyatanya masih banyak sekali orang masih belum paham cara memasang gorden yang baik dan benar.

Kebanyakan dari mereka justru langsung terima beres dengan menggunakan jasa pemasangan gorden. Bagi anda yang memiliki budget terbatas, tentu anda harus mempertimbangkan pilihan untuk memasangnya sendiri.

Apabila anda berminat untuk memasangnya sendiri namun anda masih belum mengetahui cara memasang gorden yang baik dan benar, kami akan mengulas tentang cara memasang goden pintu yang baik. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam memasang gorden pintu yang baik dan benar :

  • Melakukan pengukuran

Melakukan pengukuran pintu yang tepat dan benar merupakan hal wajib yang harus anda lakukan dalam pemasangan gorden pintu. Apabila anda salah dalam mengkurnya, maka gorden yang sudah terpasang nantinya akan terlihat tidak cocok dengan pintu rumah anda.

Anda juga harus menentukan jarak terbaik untuk memasanganya. Hal ini bertujuan agar goden bisa terlihat pas dengan pintu ukuran pintu. Pastikan bahwa lebar pintu sesuai dengan lebar kain gorden yang akan anda gunakan.

Mengukur pintu dengan tepat dan benar juga akan lebih menghemat biaya pengeluaran dan efesiensi waktu dalam pemasangan. Tentu anda tidak mau kan, ketika sudah membeli gorden pintu namun ternyata tidak sesuai dengan ukuran pintu di rumah anda?

  • Menggunakan kain yang lebih panjang dari ukuran pintu

Cara memasang gorden pintu sendiri berikutnya adalah menggunakan kain gorden yang panjangnya lebih dari ukuran pintu rumah anda. Anda bisa menggunakan kain gorden yang panjangnya hingga lantai, tetapi jangan sampai berlebihan supaya tidak mudah kotor.

Rumah dengan desain interior klasik, sebaiknya menggunakan gorden pintu yang panjangnya menyentuh lantai supaya menonjolkan nuansa yang megah. Sedangkan untuk tampilan romantis, gunakan gorden yang lebih panjang 15 sampai 20 cm daripada penyangganya agar memberikan tampilan elegan di lantai rumah anda.

Panel gorden juga harus cukup lebar supaya saat ditutup, bisa tertutup secara penuh. Sebaiknya lebar panelnya sekitar 2 atau 2,5 kali dibandingkan dengan lebar pintu.

  • Memilih warna gorden

Selain menentukan desain gorden, pilihan warna gorden juga dapat mempengaruhi tampilan pintu rumah anda nantinya. Maka dari itu, pilihlah warna yang cerah. Apalagi untuk pintu rumah yang memiliki ukuran tidak begitu besar, hindari pula menggunakan gorden pintu yang berwarna monokrom.

Hal ini dikarenakan dapat memuat ruangan tampak pengap. Sedikit tips untuk anda, pilihlah gorden pintu yang berwarna putih, dusty pink, peach, dan juga warna-warna kalem lainnya.

  • Memilih penyangga

Setelah mengukur pintu dan menentukan desain gorden pintu diatas sudah selesai, maka langkah berikutnya adalah dengan memilih jenis penyangga yang akan digunakan untuk gorden itu sendiri. Dalam pemilihan penyangga gorden ini tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan desain gorden dan bentuk pintunya.

Anda harus pastikan penyangga gorden yang akan digunakan cukup lebar, sehingga ketika terbuka tepi bagian dalam gorden hanya akan menutupi bingkai pintu saja dan bukan jalan masuk. Anda bisa mencari berbagai referensi terlebih dahulu untuk dapat menentukan jenis penyangga yang tepat dan sesuai dengan desain pintu serta gorden anda.

  • Melubangi dinding tempat penyangga dan benar

Langkah selanjutnya adalah dengan melubangi dinding yang digunakan sebagai tempat untuk memasang penyangga. Untuk melubangi dindingnya, anda bisa menggunakan bor listrik supaya lubangnya  kecil tetapi hasilnya akan lebih kuat dan tidak mudah lepas.

Dengan menggunakan bor listrik, anda juga akan mendapatkan tempat memasang penyangga yang jauh lebih rapi. Jika anda baru pertama kali memasang gorden pintu sendiri, cara manual seperti dengan menggunakan palu sebaiknya harus anda hindari karena akan memberikan hasil yang kurang rapi dan bahkan dapat merusak dinding rumah anda.

  • Memasang kain gorden pintu

Setelah penyangga sudah terpasang dengan kuat, langkah berikutnya adalah memasang kain gorden. Kain gorden pintu ini lebih baik dipasang pada posisi yang sedikit tinggi sehingga akan menciptakan kesan ruangan yang jauh lebih luas.

Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan, apalagi jika ruangan anda berukuran sempit. Menggantung gorden pintu yang terlalu pendek merupakan kesalahan dalam memasang gorden pintu ini. Pastikan juga kalau anda perlu menaruh pintu di dekat gorden sebagai pencahayaan.

  • Menggantung gorden pintu di posisi yang benar

Posisi menggantung gorden pintu juga harus anda perhatikan. Sebaiknya gorden pintu digantung setengah jalan antara bagian atas pintu dan langit-langit juga lebih tinggi. Tempat yang paling pas dan sesuai untuk instalasi gorden adalah dibawah langit-langit.

Dengan memasang gorden pintu yang lebih tinggi, maka akan menciptakan visualisasi rungan terlihat lebih tinggi dan luas. Tidak masalah pula jika harus melebihi frame pintu bagian atas.

  • Cek kerapian dan kebersihan gorden pintu

Sebelum memasang kain gorden pintu ke penyangganya, anda harus mengecek kembali apakah gorden tersebut sudah rapi  atau belum. Jika gorden tersebut masih kusut dan kotor, maka anda harus membersihkannya dulu sebelum akan dipasang.

Anda juga harus teliti dan berhati-hati karena tidak semua jenis kain gorden dapat disetrika, sehingga anda perlu hati-hati dalam memasang gorden pintu dengan jenis kain yang tertentu.

Baca juga: Harga Sekat Pembatas Ruangan

Harga Gorden

Apabila anda sedang mencari daftar harga gorden. Kami disini akan memberikan list harganya. Harga gorden yang kami cantumkan berikut ini adalah jenis bahan gorden yang populer atau yang sering dipesan.

Berikut adalah harga gorden terupdate di toko kami :

Tipe Gorden Harga per Meter (Rp)
Gorden Benang Glitter Rainbow 16.900
Gorden Plisket Saten 17.000 – 50.000
Gorden Plisket Saten Poni Renda 28.000
Gorden Saten Motif Bunga 28.000
Gorden GJ AMI 30.000
Gorden Voile Putih 50.000
Gorden Benita 75.000
Gorden Quinn 95.000
Gorden New Senza Vitrage 95.000
Gorden Orlando 95.000
Gorden Polkadot 160.000
Gorden Salute/Serial 160.000
Gorden Saiba 165.000
Gorden New Senza 185.000
Gorden Kids World 195.000
Gorden Cat 24 225.000

Harga Gorden Bahan Blackout

  1. Gorden minimalis bahan blackout warna ungu muda, harga Rp. 179.900
  2. Gorden minimalis bahan blackout blazer, harga Rp. 105.000
  3. Gorden minimalis bahan blackout motif shabby chic cantik, turis emas, 12 smorking, harga Rp. 178.000
  4. Gorden minimalis bahan blackout import minimalis, harga Rp. 290.000
  5. Gorden minimalis bahan blackout shabby purple (gordyn tirai curtains), harga Rp. 149.999
  6. Gorden minimalis bahan blackout tulip minimalis motif elegan bahan tebal dan mewah, harga Rp. 110.000
  7. Gorden minimalis bahan balckout impor minimalis kombinasi renda manik 12 Smokring, harga Rp. 127.500
  8. Gorden minimalis bahan blackout grade A, harga Rp. 145.000
  9. Gorden minimalis bahan blcakout mawar garis biru, harga Rp. 115.000
  10. Gorden minimalis blackout printing brown combine (gordyn tirai curtains), harga Rp. 149.999
  11. Gorden minimalis blackout coklat dengan poni, harga Rp. 225.000
  12. Gorden minimalis blackout shabby coklat (gordyn tirai curtains), harga Rp. 300.000
  13. Gorden minimalis blackout polos grey (gordyn tirai curtains), harga Rp. 300.000
  14. Gorden minimalis bahan blackout 100 x 145, harga Rp. 70.500
  15. Gorden minimalis blackout silky pink, harga Rp. 125.000
  16. Gorden minimalis blackout ukuran 200 x 250, harga Rp. 315.000
  17. Gorden minimalis bahan blackout motif line 001, harga 1.125.000
  18. Gorden minimalis blackout shabby chic 016, harga Rp. 597.000
  19. Gorden bahan blacout motif princess beige, harga Rp. 880.000
  20. Gorden bahan blackout gisela hijau Rp. 185.000


Leave a Comment