Harga Kanstin Paving Taman dan Trotoar Per Meter Juli 2019

Harga Kanstin – Kanstin merupakan sebuah material konstruksi yang terbuat dari bahan campuran beton yang berupa semen, pasir, batu split dan air dan memiliki fungsi sebagai media pembatas jalan. Kanstin biasa juga disebut dengan istilah atau nama lain kerb beton.

Material konstruksi ini diproduksi menggunakan sistem pracetak, yaitu dibuat secara besar-besaran (massal) oleh pabrik beton precast. Proses produksi kanstin pun sama dengan produk beton pracetak yang lainnya seperti u-ditch, box culvert, buis beton, pagar beton dan juga paving block.

Metode Produksi Kanstin

Apabila dilihat dari proses produksinya, kanstin dibagi menjadi 2 jenis, yang pertama adalah kanstin dengan metode cetak basah (wet cast) dan yang kedua adalah kanstin dengan metode cetak kering (dry cast). Perbedaan yang menonjol dari kedua metode pencetakan tersebut ada pada tampilan hasil produksinya (visual perfomance). Dengan menggunakan metode cetak basah, akan menghasilkan permukaan produk yang lebih halus dan rapi. Sedangkan jika menggunakan metode cetak kering, maka akan menghasilkan produk dengan tampilan permukaan yang sedikit berpori. Namun,  kekuatan dari kedua metode produksi tersebut tidak memiliki perbedaan. Kanstin cetak kering diproduksi dengan menggunakan mesin produksi pencetak kanstin. Sementara untuk jenis kanstin cetak basah, diproduksi dengan menggunakan sistem cor beton yang dituangkan ke dalam cetakan kanstin. Kanstin cetak kering pada umumnya mempunyai kapasitas produksi harian yang jumlahnya lebih besar jika dibandingkan dengan kanstin cetak basah.

Fungsi Kanstin Beton

Pada awalnya, kanstin hanya digunakan sebagai media pembatas jalan saja. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, saat ini kanstin sudah mulai didesain untuk mempercantik taman. Tidak hanya itu, kanstin juga bisa diaplikasikan sebagai material pemberhenti mobil saat parkir atau yang sering disebut dengan car stopper beton. Yang dimaksud dengan car stopper adalah semacam tanggulan yang digunakan sebagai pengaman area parkir untuk tanda bahwa mobil harus berhenti.

Pemasangan kanstin car stopper beton ini harus disesuaikan dengan ketinggian bumper mobil dan jarak sumbu pada roda mobil. Hal ini dilakukan supaya mobil bisa berhenti saat rodanya telah menyentuh car stopper. Ketinggian pemasangannya pun juga harus diatur supaya mobil nantinya tidak sampai membentur kanstin car stopper yang sudah dipasang. Pada umumnya, ketinggian pemasangan car stopper beton yang tampak dipermukaan yaitu sekitar 10 cm.

Kanstin juga dapat digunakan sebagai material pengunci pada pemasangan paving block. Tujuannya adalah supaya susunan pasangan paving tidak mudah bergeser nantinya. Disarankan untuk memasang kanstin terlebih dahulu sebelum akan memasang conblock. Hal ini bertujuan supaya pasangan conblock bisa jadi lebih rapi dan tetap lurus sesuai patokan pasangan kanstin.

Jenis – Jenis Kanstin

  1. Kanstin Jepit

Jenis kanstin ini mempunyai dimensi ukuran 40 x 20 x 10 cm. Kanstin jepit ini banyak kita jumpai pemasangannya pada area jalan di lingkungan perumahan. Dinamakan sebagai kanstin jepit sebab produk ini mempunyai socket joint atau sering disebut dengan istilah kupingan. Socket joint ini berfungsi supaya susunan antar pasangan kanstin dapat saling menjepit dan tidak mudah bergeser. Mengenai harga jualnya sendiri, kanstin jepit ini merupakan kanstin dengan harga termurah diantara jenis – jenis yang lain. Hal ini disebabkan karena kanstin jepit ini memiliki dimensi dan ukuran paling kecil.

  1. Type Kanstin Taman

Ukuran dari kanstin taman ini adalah 40 x 25 x 15 x 13 cm. Kanstin taman ini banyak digunakan sebagai pembatas area taman. Fungsinya adalah supaya tanah ataupun tanaman yang ada di sekeliling taman tidak berserakan. Selain itu, pemasangan kanstin taman ini juga dapat memperindah taman dan juga menambah nilai estetika taman tersebut. Terlebih lagi jika pemasangannya dipadu-padankan dengan grass block ataupun paving block.

  1. Kanstin Trotoar

Kanstin trotoar ini memiliki ukuran 40 x 28 x 15 x 13 cm. Kanstin trotoar ini tidak jauh beda dengan kanstin taman, perbedaannya hanyalah pada ukuran ketinggiannya saja. Untuk kanstin trotoar ini dibuat dengan dimensi yang lebih tinggi supaya tidak dapat dilompati oleh kendaraan yang melintas di jalan raya.

  1. Jenis Kanstin Standar DKI

Pada umumnya, kanstin jenis ini banyak digunakan pada proyek – proyek pembangunan jalan raya institusi pemerintahan. Kanstin jenis ini memiliki 2 macam ukuran, yang pertama berukuran 60 x 25 x 22 x 18 cm dan yang kedua berukuran 60 x 30 x 25 x 22 cm. Dinamakan dengan kanstin DKI karena spesifikasi ukurannya pertama kali dikeluarkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota DKI Jakarta. Kanstin DKI memiliki harga jual yang paling mahal diantara jenis-jenis kanstin yang lainnya.

  1. Type Car Stopper Beton

Kegunaan dari kanstin ini adalah tanggulan sebagai pengaman area parkir dan sebagai tanda bahwa mobil harus berhenti. Ukuran kanstin ini adalah 60 x 15 x 20 x 18 cm.

Cara Pemasangan Kanstin untuk Trotoar Jalan

  1. Persiapan Drainase

Setiap konstruksi jalan tentu memerlukan drainase yang baik untuk membuang air yang jatuh pada area jalan guna menghindari terjadinya genangan air yang bisa merusak konstruksi jalan. Pemasangan kanstin harus berjarak sekitar 150 – 200 mm dari tepi jalan sebagai jalur air yang turun pada paving. Namun, keberadaan kanstin bisa menggangu drainase penutup jalan, maka dari itu drainase bisa dibuat dengan model cross fall atau longitudinal fall yang diarahkan keluar. Kemiringan yang disarankan adalah sekitar 1,5º – 2 º.

  1. Pembuatan Alas Kanstin

Kanstin yang akan diletakkan pada permukaan tanah harus dibuatkan alas terlebih dahulu dengan menggunakan rabat beton yang ketebalannya minimal 150 mm. Rabat beton sendiri merupakan material struktural yang mampu menstabilkan tanah dibawah kanstin supaya kanstin tidak mudah turun atau tenggelam. Fungsi dibuatnya alas kanstin dari rabat beton ini juga untuk menguatkan susunan antar pasangan kanstin.

  1. Penempatan Kanstin Beton

Setelah alas selesai dibuat, selanjutnya adalah meletakkan kanstin diatasnya. Prosesnya sama saat peletakkan bata beton, yaitu dengan menggunakan benang untuk meluruskan peletakan kanstinnya. Untuk mengetahui peletakkan kanstin telah lurus bisa menggunakan bagian kayu yang lurus atau bisa juga menggunakan waterpass.

  1. Pembuatan Haunching

Proses ini dibutuhkan untuk mengunci kanstin supaya tidak bergeser. Sebab apabila kanstin bergeser maka akan merusak konstruksi penutup jalan yang sudah dibuat. Haunching ini diletakkan di bagian belakang atau di luar dengan ketebalan minimal 75 mm untuk jalan perumahan, 100 mm untuk jalan dan 150 mm untuk jalan raya.

  1. Finishing Pemasangan Kanstin

Proses yang terakhir adalah penggunaan mortar untuk melapisi kanstin sebagai perekat. Tebal mortar yang biasa digunakan adalah sekitar 12 sampai 20 mm. Cara memasang kanstin dengan menggunakan mortar ini hanya dilakukan pada konstruksi penutup jalan besar atau pada penggunaan kanstin dengan dimensi yang besar. Selain menggunakan mortar, proses finishing ini juga membutuhkan besi dowel yang berguna sebagai pengikat pelat beton.

Harga Kanstin

Kanstin tersedia mulai dari ukuran kecil yang dimensi panjangnya 40 cm sampai ukuran besar yang panjangnya mencapai 60 cm. Mahal atau murahnya harga kanstin juga ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  • Mutu betonnya. Makin baik kualitas betonnya, maka harganya pun akan semakin mahal.
  • Bentuk dan ukurannya. Makin besar ukurannya maka akan makin mahal pula harganya.
  • Jumlah pembelian. Besarnya jumlah pembelian, dapat menentukan seberapa besar diskon yang akan diperoleh nantinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah list harga kanstin yang lengkap dengan spesifikasinya :

Leave a Comment