Harga Lem Fox, Rajawali, Aibon, Dll


Harga Lem Kayu, Vinyl, Pipa – Merekatkan beberapa jenis benda tidak hanya bisa dilakukan dengan semen, dalam hal ini keberadaan lem juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti semen. Lem sendiri selain bisa digunakan untuk merekatkan benda tetapi juga digunakan untuk memperkuat bahan – bahan material bangunan.

Salah satu kegunaan lem dalam sebuah proyek bangunan adalah untuk mengecat. Ketika akan mengecat sebuah tembok, biasanya tukang bangunan akan menambahkan beberapa lem perekat khusus dengan tujuan untuk lebih memperkuat cat yang nantinya diaplikasikan di tembok sehingga bisa menjadi tahan lama.

Hanya saja tidak semua jenis serta merk lem dapat digunakan sebagai campuran cat. Jenis lem yang biasanya digunakan sebagai campuran cat adalah lem kayu rajawali. Meski sebenarnya lem rajawali ini berfungsi sebagai penyambung atau perekat kayu, namun sekarang sudah banyak masyarakat yang berekspremien menggunakan lem rajawali ini sebagai keperluan mengecat tembok.

Baca juga: Harga HPL Per Lembar

Seperti yang kita tahu bahwa lem merupakan salah satu bahan material yang sudah pasti diperlukan pada segala bidang kontruksi, entah itu konstruksi bangunan maupun mebel, yang pasti lem akan selalu dibutuhkan. Lem yang digunakan pun sangat beragam, mulai dari lem kayu, lem pipa, lem fox, lem silicon dan banyak lagi yang lainnya.

Selain digunakan untuk segala bidang kontruksi, lem yang banyak dijual di pasaran juga disediakan untuk kebutuhan lain. Seperti misalnya lem fox yang hanya dikhususkan untuk menjebak hama tikus. Harga lem ini memang termasuk mahal, mengingat lem ini memang leih kuat daripada lem alteco dan lem G. Selain lebih kuat, lem ini juga tidak mudah mengeras.

Jenis Lem Yang Ada di Indonesia

  1. Lem Aica Aibon

Lem aica aibon atau yang biasa disebut lem aibon ini merupakan lem perekat yang serbaguna. Lem aica aibon ini dapat digunakan untuk merekatkan kayu, beton, melamin, karpet, bahkan dapat pula untuk merekatkan logam. Hal ini dikarenakan lem aibon ini memiliki kandungan sejenis pelarut organik dan juga karet sintesis, sehingga lem aibon dapat digunakan sebagai alat perekat yang benar – benar kuat.

Sebelum lem aibon ini diaplikasikan, pastikan terlebih dahulu bahwa anda sudah membersihkan kotoran pada permukaan barang yang akan direkatkan. Setelah itu, aplikasikan lem aibon ke permukaan barang tersebut lalu biarkan sampai setengah kering. Selanjutnya, anda sudah  bisa merekatkan kedua permukaan tersebut.

  1. Lem Kayu

Sesuai dengan namanya, lem kayu berfungsi  untuk merekatkan kayu. Dalam keperluan lainnya, lem kayu juga bisa dimanfaatkan untuk merekatkan kertas maupun bahan – bahan yang lain.  Lem kayu sering juga disebut sebagai lem kuning atau lem putih.

Pada dasarnya, yang disebut sebagai lem kayu adalah semua jenis adhesive (suatu bahan yang digunakan untuk menyatukan benda yang jenis materialnya sama ataupun berbeda) yang dapat diaplikasikan pada kayu. Sedangkan kayu yang dimaksud disini bisa berupa kayu jati, kayu balsa, kayu pinus serta semua jenis kayu lainnya.

Penggunaan lem kayu juga telah lama dikenal untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Seperti misalnya untuk penyambungan mebel, merekatkan kerajinan dari kayu hingga sebagai perekat rangka atap sebuah bangunan.

Berdasarkan sejarahnya, lem kayu bermula dari lem yang bahannya natural, seperti misalnya lem kak (animal glue). Namun seiring dengan perkembangan zaman, saat ini banyak sekali jenis lem kayu yang bermunculan.

Lem kayu ada yang terbuat dari bahan alami dan ada pula yang terbuat dari bahan sintetis. Lem kayu sintetis sendiri juga ada dua jenis, yaitu lem kayu yang kecepatan mengeringnya cepat serta lem kayu yang kecepatan mengeringnya lambat.

Biasanya, lem yang mengeringnya lambat cenderung leih awet dan kuat jika dibandingkan dengan lem yang cepat kering sebab lem yang lambat mengering dapat lebih meresap ke dalam pori – pori kayu hingga akan menempel dengan sangat kuat.

  1. Lem Kertas

Tidak seperti lem aibon dan juga lem kayu, lem kertas ini hanya dapat digunakan untuk merekatkan kertas saja. Hal ini disebabkan lem kertas mempunyai daya rekat yang kurang kuat, bahkan beberapa jenis lem kertas yang ada biasanya berbahan dasar air. Oleh sebab itu, lem kertas direkomendasikan hanya untuk merekatkan kertas saja.

Lem kertas sendiri terbagi atas beberapa jenis, yaitu lem kertas yang berbentuk stik, gel ataupun dalam bentuk cair. Katiga jenis lem kertas tersebut dapat bekerja dengan baik sesuai fungsinnya masing – masing.

Baca juga: Harga Conwood

Uji Coba Daya Rekat Lem Kayu

Terdapat beberapa metode pengujian yang dapat anda lakukan untuk mengetahui seberapa kuat daya rekat dari lem kayu yang akan anda gunakan, beberapa metode praktis tersebut adalah :

  • Metode Gross Grain

Metode gross grain ini merupakan perekatan atau pengeleman 2 batang kayu tanpa menggunakan konstruksi apapun serta menggunakan jenis lem yang sama namun merk-nya berbeda. Maka hasilnya anda dapat dengan mudah menemukan merk tertentu yang memiliki ketahanan berbeda.

  • Metode Searah Serat

Metode searah serat ini caranya adalah dengan menggunakan sebatang kayu balok yang sudah dipotong dengan sudut potongnya kurang lebih sekitar 15 – 20 derajat. Lalu, langkah selanjutnya adalah sambungkan kembali dua potong kayu tadi dengan menggunakan lem putih yang telah anda pilih.

Sambungkanlah dengan tepat pada bekas potongannya tadi. Setelah lemnya sudah benar – benar kering, selanjutnya ikat potongan kayu dengan kuat sampai tidak bergerak lalu lakukan tekanan terhadap sisi yang lain secara bertahap.

  • Metode Perendaman

Metode perendaman ini merupakan cara yang cocok digunakan untuk mengetes lem pada outdoor furniture. Caranya adalah gunakan dua batang kayu dengan ukuran sama yang dilapiskan jadi satu (caranya sama persis seperti proses laminasi) lalu tunggu hingga benar – benar mengering. Setelah itu, rendam di dalam air hingga meresapnya air dapat mempengaruhi sambungan tersebut. Lem yang mempunyai kualitas baik biasanya mampu bertahan lebih lama.

Harga Lem Fox, Rajawali, dan Berbagai Merk

Banyaknya jenis serta merk lem yang bervariasi saat ini tentu mempunyai kisaran harga yang juga bervariasi. Hanya saja beragam harga lem tersebut di setiap kota pada beberapa daerah di Indonesia sudah berbeda.

Bahkan harga yang ditetapkan pada tiap – tiap toko bangunan di kota yang sama kadang cukup berselisih. Berbeda dengan harga bahan – bahan bangunan lain, harga lem sendiri bisa dibilang sangat jarang mengalami perubahan.

Biasanya jika terjadi perubahan harga pada lem, selisihnya tidak begitu menonjol. Jika ingin membeli lem dengan harga yang lebih miring atau murah, anda dapat memilih untuk membelinya dalam satu kardus.

Sebab secara kalkulasi, sebenarnya akan lebih murah membelinya dalam jumlah besar atau katakanlah satu kardus daripada membelinya secara ecer. Namun memang semua pilihan tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut merupakan list harga bermacam – macam jenis lem (lem kayu, lem fox, lem rajawali, lem aibon, dll) yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Harga Lem Merk Aica Aibon
Deskripsi Barang Ukuran Harga
Lem Aica Aibon Kaleng Kecil 70 gr Rp. 17.000,-
Lem Aica Aibon 700 gr Rp. 60.000,-
Lem Aica Aibon 1 kg Rp. 95.000,-
Aica Aibon 10 9 kg Rp. 330.000,-
Aica Aibon 12 9,5 kg Rp. 405.000,-
Aica Aibon 601 10 kg Rp. 505.000,-
Aica Aibon GTR III 15 L / 11 kg Rp. 500.000,-

 

Harga Lem Merk FOX
Deskripsi Barang Harga
FOX Lem PVAc Rp. 22.000,-
FOX Reffil Lem PVAc Rp. 22.000,-
Lem FOX Putih PVAc 500 gr Rp. 18.000,-
Lem FOX Putih PVAc 1 kg Rp. 25.000,-
Lem FOX Kuning Kaleng Kecil 350 gr Rp. 26.000,-
Lem FOX kuning 650 gr Rp. 41.000,-
Lem FOX Kuning 2,5 kg Rp. 140.000,-

 

Harga Lem Merk Rajawali
Deskripsi Barang Ukuran Harga
Lem PVC Rajawali 350 gr Rp. 9.000,-
Lem Kayu / Putih Rajawali 850 gr Rp. 15.000,-
Lem Rajawali Kuning 500 ml 400 g Rp. 25.000,-

 

Harga Lem Merk UHU
Deskripsi Barang Harga
Lem UHU 7 ml cair Rp. 6,000,-
Lem UHU 35 ml cair Rp. 12.000,-
UHU German 8,2 gr Lem Stic / Stik Kecil Minion Rp. 7.769,-
Lem UHU Stick Besar Rp. 13.500,-
UHU All Plastic Lem Plastik Rp. 50.000,-
UHU Contact Liquid Shoes 33 ml Lem Sepatu Rp. 45.500,-
UHU Wood 27 ml Lem Kayu Daya Rekat Rp. 31.250,-
UHU Porcelain 13 ml Lem Porselen Rp. 38.650,-
UHU Twist and Glue 35 ml Lem Kertas Rp. 27.550,-
UHU All Purpose 35 ml Rp. 15.600,-

 

Harga Lem Pipa PVC
Deskripsi Barang Ukuran Harga
Isarplas Lem Pipa 45 g Rp. 7.500,-
Isarplas Lem Pipa 400 g Rp. 40.000,-

 

Harga Lem Kaca / Silicone Sealant
Deskripsi Barang Ukuran Harga
Lem Kaca/Silikon Sealant Putih Soligen 300 ml Rp. 25.000,-
Riefton Silicone Rubber Aquarium Sealant 50 gr Rp. 13.000,-
Jason Lem Silicone 1 kg Rp. 58.500,-
Kenmaster Lem Silicone Tabung – Putih 340 gr Rp. 40.000,-
Kenmaster Lem Silicone Tabung – Clear 340 gr Rp. 40.000,-
Kenmaster Lem Silicone Tabung – Hitam 340 gr Rp. 40.000,-
Sinarmastool Lem Silicon Red Besar Dexton – 3 Pcs 85 gr Rp. 63.500,-


Leave a Comment