Desain dan Tips Memilih Lemari Pakaian yang Tepat


Lemari Pakaian – Mempunyai luas kamar tidur yang cukup terbatas tentunya membuat anda harus cermat dalam memiih desain furnitur yang sesuai dengan ukuran kamar tidur tersebut, seperti misalnya memilih ukuran kasur dan lemari. Selain harus memiliki ukuran yang sesuai dengan kamar tidur, desain lemari sendiri juga harus tetap memiliki fungsi maksimal sebagai tempat penyimpanan pakaian.

Nah, disini kami akan memberikan inspirasi beberapa desain lemari pakaian yang bisa menjadi solusi ruang penyimpanan untuk luas kamar tidur yang terbatas. Tidak hanya membuat kamar tidur kecil anda terlihat lebih luas, keringkasan desainnya juga membuat lemari ini praktis digunakan.

Contoh Desain Lemari Pakaian

Desain Lemari Pakaian Multifungsi yang Menyatu Dengan Dinding

Desain lemari yang menyatu dengan dinding (built-in storage) merupakan sebuah lemari yang dibuat dengan memberikan dimensi ruang pada dinding. Apabila anda ingin mempunyai ruang penyimpanan yang cukup besar sekaligus dapat menjaga kerapian dan keseimbangan tata ruang, maka anda bisa mencoba untuk menerapkan desain lemari ini.  Model lemari yang satu ini juga sangat bervariasi, dapat menyatu dengan meja kerja ataupun menyatu dengan tempat tidur.

Desain Lemari Pakaian Pintu Geser dengan Cermin

Mungkin anda pernah mendengar bahwa dengan memasang cermin di sebuah ruangan maka akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Memilih desain lemari dengan pintu geser untuk kamar tidur yang sempit juga akan membuat penggunaanya terasa lebih praktis. Apabila anda memilih desain lemari berpintu geser yang sekaligus terdapat cermin pada bagian pintunya, maka anda bisa langsung mendapatkan dua keuntungan tersebut dalam satu waktu.

Desain lemari yang satu ini dapat memberikan kesan modern yang stylish bagi kamar anda. Cermin minimalis pada desain lemari ini juga memiliki fungsi sebagai area berhias. Sangat ringkas dan praktis, kan?

Desain Lemari Pakaian Tinggi dan Terbuka

Apabila anda ingin mempunyai lemari built-in tetapi memiliki budget terbatas, maka desain lemari yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Desain tinggi lemari yang hampir mencapai plafon rumah, tampilan dari desain lemari ini juga terlihat seperti lemari built-in yaitu tertanam ke dinding.

Desain lemari yang terbuka akan lebih praktis digunakan, alternatif lain jika anda tidak mau pusing dengan lemari geser yang sering rusak.

Desain Lemari Pakaian Pada Ranjang Multifungsi

Furnitur multifungsi, seperti tempat tidur yang juga memiliki fungsi sebagai lemari, merupakan furnitur yang tidak hanya ringkas namun juga dapat menghemat ruang. Desain lemari ini hanya terdiri dari laci-laci penyimpanan saja tanpa adanya tempat untuk menggantung pakaian, sehingga masih akan sangat dibutuhkan ruang penyimpanan lain untuk dapat merapikan barang-barang lainnya.

Desain Lemari Pakaian Rak Terbuka

Memilih desain lemari yang menggunakan rak terbuka ini dapat menghindari kesan sumpek yang dihadirkan furnitur tertutup pada kamar tidur kecil. Tampilan effortless dari baju-baju yang hanya dibiarkan menggantung begitu saja juga membuat desain lemari yang satu ini memiliki peran sebagai elemen dekor kamar. Disamping itu, desain lemari ini juga bisa anda buat sendiri dengan sangat mudah. Anda hanya perlu membeli rak, tempat gantungan baju, dan boks kain.

Desain Lemari Pakaian Tanpa Pintu

Apabila anda masih ragu dengan desain lemari terbuka karena takut baju-baju di dalam lemari akan mudah rusak dan kotor, atau karena anda tidak ingin berurusan dengan pintu geser yang mudah rusak maka desain lemari dengan tirai ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Mainkan elemen dekorasi di kamar tidur anda dengan memilih motif tirai atau model gorden yang atraktif sehingga kamar  akan terasa lebih hidup.

Tips Memilih Lemari Pakaian di Kamar yang Kecil

Apakah anda sudah mendapatkan lemari pakaian yang pas? Jika belum, berikut kami akan memberikan tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil supaya anda tidak salah pilih.

1. Mengetahui berapa luas lahan yang tersedia di dalam kamar

Pertama, ketahui terlebih dahulu seberapa luas lahan atau ruang kosong yang ada di kamar tersebut. Apabila anda sudah mengetahui hal ini, pasti akan lebih mudah bagi anda menentukan ukuran lemari pakaian nantinya. Ingat berapa banyak baju yang anda miliki. Apakah cukup jika semuanya nanti dimasukkan dalam lemari pakaian? Bila tidak, maka letakkan barang seperlunya dalam kamar. Perlu diingat bahwa kamar anda bukan gudang yang digunakan untuk meletakkan semua barang-barang. Apabila jumlah baju anda terlalu banyak, anda bisa memilih baju mana yang paling sering dipakai untuk nantinya dimasukkan dalam lemari pakaian. Sisanya, bisa anda simpan di keranjang atau kotak tertutup lalu taruh di luar kamar.

2. Banyaknya penghuni kamar tidur juga berpengaruh pada pemilihan lemari pakaian

Tips selanjutnya adalah tentukan juga berapa jumlah orang yang menempati kamar. Anda tidak perlu membeli lemari baju dengan tiga pintu jika anda hanya tinggal di kamar sendirian. Namun, lain halnya bila sebuah kamar ditempati oleh dua orang, maka anda bisa memilih lemari pakaian dengan sekat atau pintu yang terpisah. Dengan adanya sekat ini, akan memudahkan anda saat mencari baju dan supaya baju anda tidak tercampur dengan baju punya orang lain. Jangan lupa untuk cek sekat penahan yang terdapat pada lemari pakaian. Apakah sekatnya terlalu tipis atau memang sudah cukup jika digunakan sebagai pembatas. Jika kualitas sekat lemari pakaian anda sudah bagus, maka anda sudah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk memperbaiki sekat penahan yang lepas atau rusak.

Mempunyai banyak sekat atau ruang yang berbeda sesuai dengan kegunaannya merupakan salah satu tips dalam memilih lemari pakaian di kamar yang kecil. Seperti misalnya, pilih lemari baju yang memiliki ruang untuk menggantungkan meja atau jas. Setidaknya, anda harus memiliki 2 kabinet atau laci yang digunakan untuk menimpan aksesoris pakaian supaya tidak tercecer di luar.

3. Pilih lemari pakaian dengan desain minimalis

Supaya lemari tetap menyatu dengan perabotan dan  keseluruhan ruang, maka pilih lemari pakaian yang mempunyai desain minimalis. Desain lemari minimalis ini akan sangat cocok sekali diterapkan pada hunian yang tidak mempunyai ruang terbatas. Dengan memiliki desain lemari pakaian minimalis yang berkualitas bagus, anda sekaligus dapat memperindah tampilan kamar.

Desain lemari pakaian minimalis ini juga dapat memberikan kesan kamar terlihat lebih luas. Selanjutnya pilih lemari pakaian minimalis yang memiliki bentuk ramping dan tinggi. Jangan sampai anda memilih lemari pakaian minimalis dengan ukuran yang lebar, sebab ruangan akan tampak sesak. Sebaiknya pilih lemari pakaian minimalis dengan tinggi yang dimaksimalkan dengan tinggi ruangan. Cara ini akan lebih menghemat ruang anda tanpa harus mengurangi kapasitas penyimpanan baju. Dengan memilih desain lemari pakaian modern yang minimalis, maka anda akan mendapatkan tampilan kamar yang sangat elegan dan terkesan lebih lapang.

Jangan lupa untuk meneliti pada bagian dalam lemari baju minimalis. Cek pada pola potongan kayunya, apakah potongan tersebut dibuat dengan rapi. Cek jug pada daun pintu lemari apakah terbuat dari belahan kayu yang disambung. Jangan sampai anda memilih lemari yang daun pintunya terbuat dari belahan kayu yang disambung. Trend yang tengah populer di dunia furnitur saat ini adalah lemari dengan desain pintu minimalis yang tidak mempunyai gagang pintu. Terlihat sangat elegan dan nampak bersih.

4. Warna tertentu dari lemari baju minimalis dapat memberi efek kamar yang lebih luas

Ruangan sempit akan nampak lebih luas jika anda memilih furnitur yang tepat. Warna terang akan membuat semuanya lebih jelas, sebab di dalam kamar yang kecil tentu pandangan akan terbatas. Pilih warna lemari yang senada dengan warna dekorasi ruangan anda. Rekomendasi warna yang bagus untuk lemari pakaian minimalis adalah warna netral seperti warna putih, krem, kuning gading, abu-abu muda, dan warna-warna lainya yang natural seperti warna kayu. Warna-warna lemari pakaian memiliki kelebihan yang mudah dikombinasikan dengan furniture dan aksesoris kamar yang terdapat di ruangan anda.

Dalam memilih lemari pakaian di kamar yang kecil ini anda harus menghindari untuk memilih warna lemari pakaian yang berwarna gelap. Warna gelap hanya akan memberikan kesan ruangan yang tidak lapang dan nampak penuh. Bisa juga memilih lemari pakaian yang mempunyai unsur kaca. Ini merupakan trik jitu untuk ilusi mata bahwa kamar kecil yang anda miliki terkesan luas. Disamping itu, kalian juga sudah tidak perlu ruang lagi untuk menempatkan kaca karena sudah built-in dengan lemari pakaian minimalis.

5. Desain pintu geser pada lemari, elegan sekaligus hemat ruang

Pilih lemari dengan desain pintu geser. Berbeda dengan lemari konvensional pada umumnya yang mengharuskan untuk menyisakan sedikit ruang di sebelah kanan dan kiri lemari agar pintunya dapat dibuka. Dengan lemari modern minimalis, kalian tidak perlu membutuhkan banyak ruang untuk menaruhnya. Ruang yang sempit bukan jadi batasan dalam memilih lemari. Desain lemari minimalis dengan pintu geser sekarang sudah menjadi populer karena terkesan elegan, simpel, namun fungsional karena bisa menghemat ruang.

6. Pastikan lemari pakaian minimalis kalian terbuat dari bahan yang kuat

Selektiflah dalam memilih bahan baku furnitur. Terdapat beberapa pilihan bahan dalam membuat lemari pakaian. Antara lain kayu, plastik, bahan partikel, bahkan lemari baju yang terbuat dari kain. Tiap bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dari segi harga, lemari pakaian dengan bahan plastik tentu lebih murah. Perawatan lemari pakaian bahan plastik juga lebih mudah. Namun untuk segi keawetan, lemari dengan bahan plastik tidak dapat diandalkan. Secara tampilan, bahan plastik juga tidak elegan jika dipandang. Terlebih sebagai pelengkap perabot rumah minimalis, lemari pakaian dengan bahan plastik sepertinya kurang cocok karena tidak dapat berpadu dengan perabot lain serta komposisi ruangan.

Akan lebih baik jika anda menggunakan lemari baju dengan bahan kayu. Kayu yang awet biasanya adalah kayu solid, misalnya saja kayu jati. Kayu jati yang kualitasnya bagus berwarna coklat gelap secara natural. Keunggulan dari kayu jati adalah bahannya yang sangat kuat. Selain itu, kayu jati lebih awet dan tahan terhadap perubahan cuaca sehingga tidak mudah lapuk dan habis dimakan rayap. Akan tetapi kekurangannya adalah harganya cukup mahal. Kayu lain yang kuat dan biasa digunakan sebagai bahan baku furnitur antara lain kayu mahoni, sengon, akasia, merbau, bangkirai, ulin, dan beberapa jenis kayu lainnya.

Tetapi anda juga tidak harus membeli lemari dari bahan kayu jati. Alternatif untuk memiliki lemari baju minimalis modern adalah dengan menggunakan bahan yang terbuat dari plywood yang dapat dengan mudah ditemukan. Kayu plywood harganya yang tidak terlalu mahal serta mudah untuk dibentuk sehingga desainnya mayoritas lebih beragam. Furnitur yang terbuat dari plywood biasanya banyak terdapat di rumah minimalis masa kini.

Gunakan produk lemari yang sudah teruji kualitasnya. Terutama menggunakan produk yang memiliki kualifikasi bahan kayu yang sudah teruji melalui Indonesian Legal Wood. Sebisa mungkin kalian juga harus ikut menjaga kelestarian alam dengan menggunakan produk furnitur yang diproduksi dengan bahan baku kayu legal. Cirinya adalah dengan mengutamakan penggunaan furnitur dengan label Sitem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) dari program Indonesian Legal Wood. Dengan kata lain, produk yang jelas bahan bakunya, akan lebih terjamin kualitas barangnya.

7. Tips tambahan dan perawatan lemari pakaian

Lemari pakaian di kamar yang kecil memang membutuhkan perawatan khusus. Jangan menaruh lemari pakaian pada pojok ruangan, ini justru akan membuat ruangan kalian terlihat lebih sempit. Jika sudah terlanjur, itu tidak jadi masalah karena kalian hanya perlu menarik lemari baju sekitar 5 hingga 10 cm dari dinding sehingga kamar kalian akan terasa lebih luas. Selain itu, lemari baju modern yang menempel dengan dinding akan membuat lemari lembab karena tidak ada celah udara. Hal inilah yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan berpengaruh pada keawetan lemari.

Jika kamar kalian terdapat kamar mandi, maka kamar akan terasa semakin sempit. Solusinya adalah jangan meletakkan furnitur atau segala perabotan pada dinding dekat dengan kamar mandi. Jika memang terlalu sempit, maka taruh furnitur dengan memberi jarak pada dinding yang dekat dengan kamar mandi.

Untuk menghindari pertumbuhan jamur atau serangga, kalian dapat menaruh beberapa kamper atau kapur barus di dalam lemari pakaian. Cek ketersediaannya apabila sudah habis, maka segera ganti dengan yang baru.

Agar anda bisa mendapatkan suasana yang nyaman, maka letakkan lemari baju dekat dengan tempat tidur. Tempat ini adalah rekomendasi terbaik dalam menata lemari di dalam kamar sempit. Selain lebih dekat, kalian juga akan lebih kreatif dalam membuat dekorasi tempat tidur yang lebih cantik. Usahakan untuk meletakkan lemari baju mengarah pada cahaya. Agar kalian mendapatkan pencahayaan yang baik ketika sedang memilih pakaian.



Leave a Comment