Harga Rumput Gajah Mini Dan Cara Menanam


Rumput Gajah Mini Varigata – Rumput gajah mini merupakan salah satu jenis rumput yang biasa ditanam di halaman rumah atau taman. Rumput gajah mini mempunyai karakter unik dan sesuai dengan namanya pertumbuhan rumput ini bukanlah tumbuh tinggi, melainkan menyamping. Pertumbuhannya seragam dan berwarna hijau pekat sehingga akan sangat cocok untuk ditanam di halaman dan taman.

Tanaman yang memiliki nama latin Pennisetum purpureum schamach ini berasal dari Amerika dan kini sudah cukup populer di Indonesia. Yang membuat rumput ini menarik adalah tampilannya yang pendek, daunnya kecil dan pertumbuhannya seragam sehingga akan selalu terlihat rapi.

Rumput gajah mini juga menjadi pilihan yang tepat untuk menghijaukan taman ataupun halaman rumah, karena rumput jenis ini tidak membutuhkan perawatan khusus dan anda pun tidak perlu memotongnya setiap bulan.

Bisnis Rumput Gajah Mini

Dilihat dari segi bisnis, membudidayakan rumput gajah mini sekarang ini akan sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan biaya perawatannya yang murah, mudah dijual dan harganya juga kompetitif. Sudah banyak sekali gardener yang sukses berbisnis rumput gajah mini.

Bahkan hanya dengan lahan yang kecil saja, anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari tanaman ini. Untuk menjual rumput gajah mini tidaklah sulit, karena rumput ini banyak dicari dan diminati. Masa panennya juga cukup singkat, dari mulai masa penanaman hingga rumput sudah bisa dijual kembali sebagai bibit hanya memerlukan waktu sekitar 2,5 sampai 3 bulan saja.

Nah, apakah anda tertarik untuk menanam rumput gajah mini? Lalu bagaimana cara menanam dan merawatnya? Anda bisa praktekkan langkah-langkah dalam menanam rumput gajah mini dibawah ini.

Baca juga: Harga Rumput Sintetis

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Cara menanam rumput gajah mini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara menanam tanaman hias pada umumnya. Pada masa awal pertumbuhannya rumput gajah mini akan membutuhkan tanah yang gembur dan memiliki banyak kandungan unsur hara.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan penanaman maka tanah harus dicangkul terlebih dahulu dan kemudian diberi pupuk dasar. Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah menanam rumput gajah mini :

  1. Langkah pertama sebelum melakukan penanaman rumput gajah mini adalah mencangkul tanah yang akan ditanami. Hal ini bertujuan agar tanah menjadi gembur dan rumput gajah mini bisa tumbuh dengan baik dan juga subur. Sebaiknya tanah dicangkul tipis saja, jangan sampai terlalu dalam kurang lebih sekitar 5 cm. Setelah itu tanah harus diratakan kembali.
  2. Setelah proses penggemburan tanah sudah selesai, taburkanlah pupuk kandang atau Pupuk harus ditabur sampai merata.
  3. Biarkan sekitar satu minggu sebelum akan dilakukan penanaman. Pupuk kandang yang digunakan untuk rumput ini sebaiknya pupuk kandang yang sudah lama (sudah jadi) atau yang sudah difermentasikan.
  4. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan bibit-bibit rumput gajah mini. Bibitnya bisa anda peroleh dengan membelinya di penjual perlengkapan taman atau penjual tanaman hias.
  5. Potonglah bibit rumput gajah mini tersebut menjadi beberapa bagian kecil. Namun jangan sampai terlalu kecil supaya tidak mudah mati.
  6. Siramlah tanah dengan air yang secukupnya, lalu buat lubang tanam dengan ukuran yang telah disesuaikan dengan bibit rumput gajah mini. Jarak antar lubang tanaman adalah 30 x 30 cm atau 40 x 40 cm
  7. Bibit rumput gajah mini yang sudah anda siapkan tadi kemudian ditanam pada lubang tersebut. Tekan bibit rumput yang sudah di tanam agar dapat menempel kuat pada tanah.
  8. Selanjutnya setelah proses penanam sudah selesai, maka siramlah dengan air secukupnya
  9. Lalu gilas rumput gajah mini yang telah anda tanam tadi dengan batang pisang. Potonglah batang pisang sesuai dengan kebutuhan, lalu gelindingkan berulang-ulang pada rumput gajah mini tersebut. Hal bertujuan agar rumput gajah mini menempel kuat dengan tanah dan tidak akan mudah rusak ataupun terlepas.

Cara Perawatan Rumput Gajah Mini

Supaya rumput gajah mini yang anda tanam tersebut bisa tumbuh sesuai dengan harapan, maka lakukanlah perawatan rumput yang tepat dan benar.

Sebenarnya rumput gajah mini tidak memerlukan perawatan khusus, namun jika diabaikan begitu saja maka rumput yang anda tanam tidak akan bisa tumbuh dengan baik dan subur.

Berikut dibawah ini adalah beberapa hal yang harus anda lakukan dalam merawat rumput gajah mini :

  1. Pertama, siramlah rumput gajah mini yang baru anda tanam dengan air secukupnya. Penyiraman hanya dilakukan jika diperlukan saja, yaitu jika tanah dalam kondisi kering ataupun tidak turun hujan setelah penanaman.
  2. Anda harus segera melakukan penyulaman jika ada bibit rumput gajah mini yang sudah mati ataupun tumbuh tidak sempurna.
  3. Supaya pertumbuhan rumput gajah mini tidak terganggu, maka bersihkanlah rumput lainnya yang telah tumbuh disekitar rumput gaja mini. Rumput liar merupakan gulma yang bisa mengganggu perkembangan dan juga pertumbuhan gajah mini anda.
  4. Pemupukan juga perlu dilakukan supaya rumput gajah mini anda bisa tumbuh dengan subur. Gunakanlah pupuk kandang atau kompos yang kemudian ditaburkan secara merata di sekitar rumput gajah mini tersebut. Pupuk kandang yang baik yaitu pupuk kandang yang halus (dihaluskan terlebih dahulu).
  5. Selain pupuk kandang, anda juga bisa menggunakan pupuk NPK. Caranya adalah dengan melarutkan 1 sendok makan pupuk NPK dengan 10 liter air. Larutan pupuk tersebut kemudian disiramkan secara merata pada rumput gajah mini anda. Sebaiknya penyiraman larutan pupuk ini dilakukan pada sore hari. Pemupukan dengan cara seperti ini akan sangat efektif untuk menghemat waktu dan tenaga, karena penyiraman dan pemupukan bisa anda lakukan sekaligus.
  6. Rapikanlah bagian bagian tepi rumput yang berdekatan dengan jalan taman ataupun tembok supaya terlihat rapi dan indah.
  7. Lakukan pemangkasan jika ada rumput yang tumbuh lebih tinggi dibandingkan rumput lainnya agar terlihat lebih indah.

Itulah cara menanam dan merawat rumput gajah mini yang benar. Yang perlu anda perhatikan dalam menanam rumput gajah mini adalah cahaya matahari.

Rumput gajah mini dapat tumbuh optimal jika mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Maka dari itu, sebaiknya tanamlah rumput gajah mini anda pada area yang terkena cahaya matahari secara langsung.

Rumput gajah mini juga tahan terhadap cuaca dan dapat beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan dan iklim.

Baca juga: Harga Rumput Jepang

Harga Rumput Gajah Mini

Apabila anda berminat untuk membudidayakan rumput gajah mini, kini anda tidak perlu bingung lagi karena sudah banyak sekali yang menjualnya. Harga dari rumput gajah mini sangat bervariasi, tergantung dari ukuran dan usia tanamnya. Pada umumnya, rumput gajah mini dijual per meter persegi.

Di tingkat petani, rumput gajah mini ini biasanya dijual Rp 10.000 untuk per meternya. Jika pemesannya banyak harganya kemungkinan bisa lebih murah sekitar Rp 8.000 per meter.

Namun, harga rumput di kios tanaman hias bisa jadi agak lebih mahal daripada di tingkat petani. Biasanya rumput gajah mini di tingkat supplier sebesar Rp 15.000 – Rp 25.000 per meternya.

Beberapa orang juga menerima pemesanan rumput gajah mini termasuk penanamannya. Namun, harganya juga akan bertambah karena menggunakan jasa tukang taman untuk menanamnya. Untuk harganya antara Rp 30.000 sampai Rp 40.000 per meter.

Harga rumput gajah mini tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Terkadang di setiap daerah memiliki harga yang berbeda. Untuk memastikannya anda bisa langsung mengunjungi tempat budidaya rumput gajah mini di kota anda.

Semoga informasi yang kami sampaikan ini bisa membantu dalam memilih rumput gajah mini untuk dekorasi yang sesuai dan bermanfaat bagi para pembaca.

Taman Rumput Gajah Mini

Demikian informasi harga rumput gajah mini yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Perlu dicatat, harga rumput ini bisa bermacam-macam. Tergantung dari penjual, kualitas produk dan lain sebagainya.

Maka dari itu Anda bisa memperbanyak referensi dengan bertanya langsung ke beberapa penjual rumput gajah mini. Atau Anda juga bisa mencari informasi lewat toko online atau situs jual beli online terpercaya.



Leave a Comment