Harga Rumput Jepang Per Meter


Rumput Jepang – Rumput merupakan salah satu jenis tanaman penutup tanah yang  paling umum digunakan, terutama untuk di area taman. Ini dikarenakan rumput termasuk jenis tanaman yang paling bagus dan memiliki beberapa fungsi.

Rumput dapat menyerap air dan mengurangi debu dari tanah beterbangan tertiup angin. Selain itu, menutup tanah dengan menggunakan rumput juga akan membuat tampilan taman terlihat semakin eksotis. Rumput sendiri terdiri dari berbagai macam, namun yang paling banyak diminati dan dicari adalah rumput jepang.

Rumput jepang termasuk salah satu jenis rumput  hias yang biasa ditanam di area taman untuk dapat memperindah taman. Rumput ini berguna untuk untuk memberikan kesan yang hijau dan asri pada taman. Tidak hanya itu, rumput jepang juga sangat baik dalam menyerap genangan air sehingga anda tidak akan pernah menemui genangan air pada taman anda.

Baca juga: Harga Rumput Gajah Mini

Tampilan taman anda akan dibuat menjadi lebih indah dan sejuk dengan perpaduan warna rumput hijau yang kontras dan bunga yang cerah. Karena itulah rumput jepang ini menjadi sangat populer dan banyak digunakan sebagai pilihan utama dalam rumput taman.

Pada umumnya, rumput memiliki ukuran yang panjang-panjang namun berbeda halnya dengan rumput jepang. Rumput yang satu memiliki ukuran pendek dengan tekstur yang kasar. Hal inilah yang membuat jepang dipilih sebagai pilihan utama rumput taman.

Rumput ini juga biasa disebut dengan rumput jarum, ini dikarenakan bentuk ujung rumputnya yang meruncing. Kita akan merasa tidak nyaman ketika duduk di atasnya, karena jika terkena permukaan kulit maka akan terasa sedikit sakit seperti tertusuk jarum.

Cara Menyuburkan Rumput Jepang

Rumput jepang banyak digunakan sebagai penghias taman karena memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan jenis rumput lainnya. Keunggulan rumput ini yaitu, perawatannya mudah, tingkat pertumbuhannya relatif lambat, mempunyai sistem perakaran yang kuat, dan tahan ketika diinjak.

Agar tanaman rumput jepang ini selalu terlihat hijau, maka anda harus melakukan perawatan secara rutin. Pastikan rumput  tersebut sudah mendapatkan nutrisi dan air yang cukup, ini berguna untuk mempertahankan kehidupannya.

Rumput jepang yang subur pastinya akan menyegarkan mata jika dipandang dan menghadirkan suasana yang semakin menyenangkan. Namun jika sebaliknya, maka siap-siap saja jika rumput yang selama ini anda tanam akan berubah menjadi kekuning-kuningan dan akhirnya mati.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang harus anda perhatikan untuk menyuburkan rumput jepang :

  1. Pastikan kebutuhan airnya terpenuhi

Seperti yang kita ketahui bahwa air adalah sumber kehidupan. Di indonesia, air biasanya akan melimpah pada saat musim hujan sehingga kita tidak perlu lagi menyiram tanaman. Disamping itu, ketika musim kemarau datang, hujan pun akan berhenti sehingga kandungan air di dalam tanah akan menurun drastis. Siramlah tanaman dengan air secukupnya dan jangan berlebihan karena bisa menyebabkan akar rumput membusuk.

  1. Pemupukan untuk Menambah Zat Organik

Setiap makhluk hidup pastinya membutuhkan makanan. Begitu pula dengan tanaman rumput jepang. Rumput ini membutuhkan pupuk yang kaya akan bahan organik. Tidak hanya pupuk cair organik, anda juga bisa menggunakan pupuk NPK untuk dapat mencerahkan warna hijau pada daun rumput jepang ini.

Dosis pupuk NPK yang biasa digunakan adalah 100 gram/m2. Agar penyebaran pupuk ini menjadi merata, maka anda bisa mencampurkan pupuk NPK tersebut dengan pasir.

  1. Pemangkasan untuk Menyeragamkan Tingginya

Tingkat pertumbuhan rumput jepang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut yaitu air, unsur hara, sinar matahari, dan lain-lain. Penyerapan yang dilakukan oleh setiap rumput jepang pada umumnya tidak sama, karena itulah tingkat pertumbuhannya pun berbeda-beda. Sehingga dalam jangka waktu yang lama akan terlihat rumput jepang yang tumbuh relatif cepat, sedang, dan lambat.

Kondisi seperti ini akan menyebabkan tinggi rumput menjadi tidak seragam sehingga akan tampak kurang indah. Solusi yang tepat adalah dengan memangkas rumput paling tidak setiap 3 bulan sekali untuk mempertahankan tingginya sekitar 2,5 sampai 3 cm.

  1. Pembersihan dari Tanaman Penganggu

Tanaman pengganggu atau yang biasa disebut dengan gulma ialah segala jenis tumbuhan yang hidup di tempat yang tidak tepat.  Jika tanaman ini dibiarkan begitu saja, maka penyerapan nutrisi yang dilakukan oleh tanaman budidaya akan menjadi terganggu.

Oleh sebab itu, semua gulma yang telah tumbuh di area taman harus segera dibasmi. Anda bisa mencabut gulma-gulma tersebut dan langsung membakarnya ketika sudah terkumpul supaya tidak menyebar lagi.

  1. Penyuntikan Media Tanam

Seiring dengan berjalannya waktu, media tanam yang mulanya gembur akan menjadi padat dan liat. Hal ini mengakibatkan rumput-rumput yang hidup di atasnya akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan air dan juga unsur hara. Maka untuk mencegah hal tersebut terjadi, anda pun bisa menyuntikkan pasir dan humus ke dalamnya.

Caranya adalah dengan menggunakan garpu taman untuk dapat melubangi media tanam dengan jarak 10 x 3 cm dan kedalaman kurang lebih 5 sampai 10 cm. Setelah itu, anda bisa menaburkan campuran pasir dan humus di atasnya.

Baca juga: Harga Rumput Sintetis

Harga Rumput Jepang

Apabila anda ingin membuat taman rumah yang indah dengan menyempatkan rumput di taman depan ataupun belakang, maka pilihlah rumput jepang. Rumput jepang akan sangat cocok untuk untuk halaman rumah anda, tampilannya yang mewah juga akan membuat tampilan taman anda menjadi lebih indah, asri, dan sedap untuk dipandang.

Selain itu perawatannya yang mudah, banyak sekali kegunaannya, dan terjangkau membuat rumput ini banyak diminati. Sedangkan untuk masalah harganya sendiri rumput jepang relatif terjangkau.

Pada dasarnya harga rumput jepang akan semakin mengalami kenaikan seiring dengan melonjaknya nilai tukar dolar terhadap rupiah. Namun sebagian penjual rumput jepang masih ada juga yang tidak menaikkan harga, justru sebaliknya  adalah yang memberikan penawaran sangat menarik yaitu 190rb/m. Harga tersebut terbilang cukup murah. Nah untuk lebih jelasnya kami akan memberikan informasi harga rumput jepang terbaru.

Rumput Jepang biasanya banyak dijual dalam bentuk benih (seed) atau biji maupun blok-blok rumput beserta tanah dan akarnya yang siap tanam. Anda bisa memilih sendiri wujud rumput Jepang seperti apa yang Anda kehendaki.

Namun sebaiknya jika Anda tak memiliki keterampilan lebih untuk mengembang-biakkan rumput Jepang sendiri, sebaiknya pilih rumput Jepang yang sudah siap tanam agar lebih praktis dan proses pertumbuhannya relatif lebih cepat.

Bibit Rumput Jepang

Adapun harga rumput Jepang siap tanam biasanya berkisar mulai dari Rp 20 ribuan hingga Rp 50 ribuan per 1 x 1 meter. Sementara itu untuk benih atau biji rumput Jepang 1 pack isi 50 benih dibanderol mulai Rp 10 ribuan, lalu bibit rumput Jepang merek Haira Seed isi 1 gram harganya Rp 12 ribuan, bibit merk Bermuda grass ukuran 500 gram harganya Rp 550 ribuan, dan bibit per karung isi 1,25 kg (untuk penanaman 300 meter persegi) harganya mencapai Rp 1,35 jutaan.

Taman Rumput Jepang

Memang ada beberapa faktor yang membuat harga rumput jepang bisa berbeda. Maka jangan heran jika ada yang menjualnya dengan harga murah, begitu juga sebaliknya. Yang pasti Anda perlu memastikan kualitas rumput jepang yang hendak dibeli.

Di samping itu jangan lupa untuk melakukan perawatan rumput jepang. Sehingga tampilannya tetap menarik hati. Atau jika tidak ingin repot merawatnya bisa mempertimbangkan rumput sintetis yang cenderung lebih mudah urusan perawatannya. Akan tetapi semua tentu disesuaikan dengan kebutuhan. Demikian artikel harga rumput jepang terbaru dari kami. Semoga bermanfaat untuk Anda yang berniat membeli rumput jepang.



Leave a Comment