Harga Stop Kontak Broco, Saklar, Listrik Dll


Harga Broco Listrik – Broco merupakan salah merek aksesoris atau peralatan listrik yang memiliki kualitas baik untuk kebutuhan rumah tangga. Jenis produk Broco sendiri juga sangat bermacam-macam seperti saklar, stop kontak, outlet  TV, outlet telepon, outlet data, steker, dan masih banyak lainnya yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Mungkin seluruh aksesoris alat tersebut sudah pernah anda temui, sebab alat-alat tersebut biasa ada di dalam rumah. Namun terkadang ada yang salah menafsirkan nama aksesoris listrik tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa nama aksesoris listrik dan cara menggunakannya yang perlu anda ketahui supaya nama dan fungsinya tak lagi tertukar.

  1. Steker Broco

Mungkin anda biasa mengenal nama aksesoris listrik yang satu ini dengan nama “colokan listrik”, memang tidak ada salahnya tetapi yang perlu anda ketahui adalah alat listrik ini memiliki nama Steker. Fungsi steker adalah sebagai penghantar listrik untuk menuju tempat lain atau stop kontak.

Cara menggunakan steker :

Cara menggunakan steker sangatlah mudah, jika steker sudah terpasang kabel maka colokkan saja dimana terdapat dua lubang yang sesuai dengan arahnya. Namun jika belum  terdapat kabel maka harus dilakukan pemasangan dahulu.

Caranya adalah dengan buka baut atau mur untuk dapat membuka permukaan pelindung, lalu kendurkan batu pengencang kabel kemudian hubungkan masing-masing kabel sesuai dengan tempatnya dan kencangkan. Anda harus pastikan warna kabel yang sama dan jangan sampai ada kabel dengan warna berbeda menjadi satu yang terhubung atau menempel antara satu dengan lainnya diantar baut pemasangannya.

Jenis-Jenis Steker

  • Steker Bengkok

  • Steker Adapter

  • Steker T

  • Steker Arde

  1. Saklar Broco

Banyak sekali orang yang menyebut saklar dengan nama stop kontak, namun anda harus pastikan apakah nama tersebut memang benar demikian. Dan jawabannya adalah, saklar dan stop kontak berbeda. Begitu pula secara fungsinya, saklar berfungsi sebagai pemutus arus listrik. Sedangkan stop kontak berfungsi sebagai penyedia atau sarana arus listrik tersebut akan dialirkan.

Cara Menggunakan Saklar :

Cara menggunakan saklar sangatlah mudah, hanya cukup tekan searah permukaan dan lampu atau perangkat listrik lain pun akan menyala. Namun dengan syarat, kabel listrik sudah terhubung. Apabila belum terhubung maka harus dilakukan pemasangan kabel terlebih dahulu.  Pada saat pemasangan kabel, anda harus pastikan bahwa sumber arus listrik dalam keadaan mati atau tidak teraliri listrik. Jika anda belum bisa memasangnya maka anda bisa memasrahkannya kepada tukang ataupun orang yang mengerti benar.

Jenis-Jenis Saklar

  • Saklar Seri Outbow

  • Saklar Engkel

  • Steker + Saklar

  1. Fitting Lampu Broco

Nama aksesoris listrik yang satu ini berasal dari bahasa inggis, yakni Fitting. Fitting adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menaruh sebuah lampu bohlam, yang berbentuk bulat dengan lubang di bagian tengahnya. Fitting terdiri dari dua jenis yaitu, berulir dan “sumpit” yang dimana lampu tidak diulirkan namun ditusukkan ke tempatnya.

Cara Menggunakannya :

Cara menggunakannya juga mudah, fitting ini biasa digunakan sebagai tempat lampu supaya lebih aman ditempatkan menggantung, di plafon atau di media lain yang membutuhkan penerangan. Cara pemasangannya untuk jenis ulir, hanya cukup tempelkan lampu pada lubang ulir yang tersedia lalu sesuaikan ulir dan putar untuk mengencangkan. Namun jangan sampai terlalu kencang dan pastikan saat memutar harus dilakukan secara perlahan supaya kaca lampu tidak pecah.

Jenis-Jenis Fitting Lampu

  • Fitting Lampu Plafon

  • Fitting Lampu Gantung

  • Fitting Lampu Kombinasi

  1. Socket Broco

Electric Soket merupakan bahasa inggris dari Stop Kontak. Fungsi yang dimiliki oleh socket ini tidak jauh berbeda dengan stop kontak, selama terpasang pada sebuah dinding atau perangkat maka dinamakan dengan socket. Sebab lubang alat listrik ini merupakan penghubung arus listrik atau jaringan sehingga perangkat rumah bisa aktif sempurna.

Cara Menggunakannya :

Caranya adalah dengan mencolokkan kabel yang telah terhubung di TV dengan kabel socket dinding dinding yang terhubung dengan antena atau jaringan lainnya, maka perangkat tersebut bisa aktif dan sudah dapat anda manfaatkan.

Pemasangan alat ini pada dinding rumah bertujuan supaya lebih rapi untuk sebuah proses instalasi kabel antena TV, sehingga dengan keberadaan socket tv di beberapa titik dalam dinding rumah, anda pun bisa lebih leluasa memindahkan tanpa harus menarik kabel panjang untuk sambungan ke antena luar.

Baca juga: Harga TV Kabel Murah

Jenis-Jenis Socket

Beberapa jenis socket lain kini hadir sebagai hadir, berikut ini adalah dua jenis socket yang biasa dipasang sebagi pelangkap perkaks electrical rumah :

  • Telephone Wall Socket

  • TV Socket

  1. Ballast Broco

Ballast merupakan sebuah nama aksesoris listrik yang cara penggunaannya sangat mudah, setiap lampu pastinya mempunyai ballast. Ballast berfungsi sebagai penyeimbang atau pembatas besaran arus listrik yang masuk dan juga mengoperasikan lampu pada karasteristik yang sesuai.

Cara Mengunakan Ballast :

Pemasangannya hanya cukup ditempel pada kap lampu, biasanya aplikasi ini lebih cenderung pada neon, dengan kandungan tabung unsur phospor yang ada didalamnya. Apabila ruang atau tempat ballast tidak ada, anda dapat membeikan dudukan ataupun memasang ballast versi anda sediri. Anda harus usahakan posisinya tidak jauh dengan lampu dan juga terlindung air hujan.

  1. Stop Kontak Broco

Nama aksesoris listrik ini juga seringkali tertukar, dan stop kontak sendiri merupakan tempat steker dipasang, itulah fungsi dan cara menggunakan sederhana Stop Kontak. Namun pengaplikasian stop kontak ada yang dipasang langsung pada dinding dan ada juga yang dipasang langsung pada kabel.

Baca juga: Harga MCB Listrik Rumah

Cara Menggunakan stop kontak / terminal listrik

Proses pemasangan kabel pada stop kontak tidak jauh berbeda dengan sistem kerja memasang kabel ataupun menghubungkan kabel dengan steker. Pisahkanlah dua warna kabel yang berbeda, tempatkan di posisi yang sudah disediakan lalu kencangkan dan anda harus pastikan semua tak saling berhubungan, kemudian pasang kembali.

Yang agak sukar memasang bagi pemula adalah memasang stop kontak didalam tembok, sebab arus listrik yang ada dalam kabel langsung. Maka dari itu, jika anda ragu untuk memasangnya anda pun bisa memasrahkan pada ahlinya. Tetapi jika anda ingin tetap mencobanya, turunkan MCB listrik supaya tidak ada aliran listrik menuju stop kontak.

Setelah itu, rapikanlah dan coba. Apabila MCB turun maka pemasangannya gagal. Pastikan hingga berhasil, jangan sampai beberapa hari kedepan ada wangi karet terbakar dan menyebabkan arus pendek yang bisa menjadi kebakaran. Nah, itulah nama aksesoris listrik dan cara menggunakannya untuk jenis stop kontak. Salah satu merk yang bagus yaitu stop kontak broco.

Daftar Harga Aksesoris Listrik Broco 2019

 Untuk gambaran beberap harga aksesoris listrik Broco, kami disini akan berbagi informasi mengenai Harga Aksesoris Listrik Broco 2019 yang mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi.

Jenis Material
Satuan Harga
(Rp.)
Broco Standard & New Gee
Saklar Engkel Outbow Broco New Gee – Art 16210 Bh 10.000
Saklar Seri Outbow Broco New Gee – Art 16220 Bh 14.000
Stop Kontak Outbow Broco New Gee – Art 15410 Bh 11.000
Stop Kontak Ganda Outbow Broco New Gee – Art 15420 Bh 23.700
Saklar Engkel + Stop Kontak 1Lb Outbow Broco New Gee – Art 15211 Bh 17.400
Broco Stop Kontak Lantai (warna: Silver) / Warna Gold 
Stop Kontak (2Slot) + Chip Kosong (1Slot)  D25400-99 Bh 295.000
Stop Kontak (2Slot) + Outlet Data CAT5e (1Slot)  D25474-99 Bh 323.000
Stop Kontak (2Slot) + Outlet Telepon (1Slot)  D25471-99 Bh 316.000
Broco Atlantic (Warna Abu2, Outdoor series IP44)
Saklar Engkel Outbow Broco Atlantic IP44 Bh 37.500
Saklar Seri Outbow Broco Atlantic IP44 Bh 51.000
Stop Kontak Outbow Tutup Broco Atlantic IP44 Bh 29.000
Broco Galleo (Snow White Colour) 
Saklar Engkel Broco Galleo – Art G 161 Bh 11.000
Saklar Engkel Hotel Galleo – Art G 163 Bh 15.500
Saklar Seri Broco Galleo – Art G 162 Bh 15.600
Stop Kontak Broco Galleo – Art G 151 Bh 11.500
Outlet TV Broco Galleo – Art G 183 Bh 31.400
Outlet Telepon Broco Galleo – Art G 171 Bh 43.400
Outlet Data CAT5E Broco Galleo – Art G 174 Bh 49.000
Broco Gracio (Putih/Cream)
Saklar Engkel Broco Gracio Bh 11.000
Saklar Engkel Hotel Gracio Bh 15.500
Saklar Seri Broco Gracio Bh 15.600
Stop Kontak Broco Gracio Bh 11.500
Outlet TV Broco Gracio Bh 31.400
Outlet Telepon Broco Gracio Bh 43.400
Outlet Data CAT5E Broco Gracio Bh 49.000
Steker/ Stop Kontak
Steker Biasa (Broco New Gee – Art 344L) Bh 2.500
Steker Arde (Broco New Gee – Art 13310) Bh 8.500
Steker+Saklar dengan lampu (On/Off) (Broco New Gee – Art 13311) Bh 17.000
Steker Serbaguna/ Universal (Broco New Gee – Art 13910) Bh 16.000
Kontra Steker Biasa (Broco New Gee – Art 334N) Bh 3.000
Kontra Steker Arde (Broco New Gee – Art 13410) Bh 9.500
T-Multiplug Arde (Broco New Gee – Art 13830) Bh 17.000
Stop Kontak 3Lubang Putih (Broco New Gee – Art 15330) Bh 33.000
Stop Kontak 4Lubang Putih (Broco New Gee – Art 15340) Bh 38.500
Stop Kontak 5Lubang Putih + Saklar (Broco New Gee – Art 15851) Bh 76.500
Fitting Lampu
Fitting Plafon Bulat Hitam (Broco New Gee – Art 210L) Bh 3.500
Fitting Gantung (Broco New Gee – Art 216L) Bh 3.000
Fitting Kombinasi (Broco New Gee – Art 226) Bh 5.500
Fitting Plafon Persegi Cream (Broco New Gee – Art 1210) Bh 8.500
Fitting Plafon Bulat Lux Putih (Broco Gracio – Art 12101) Bh 22.500
Broco Gridswitch (Allegra)
Broco Gridswitch 10 Tombol (Broco Allegra C061) Bh 1.129.000
Broco Gridswitch 18 Tombol (Broco Allegra C064) Bh 1.472.000

Demikian Harga Peralatan Listrik Broco 2019 yang bisa kami sampaikan untuk anda, harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa anda pemberitahuan kepada kami. Maka dari itu, untuk memastikannya anda bisa mengunjungi toko listrik yang ada di sekitar anda.



Leave a Comment