Panduan Membuat Kolam Ikan Minimalis Lengkap Dengan Foto

Gambar Contoh Kolam Ikan Minimalis -Keterbatasan lahan seringkali menjadi suatu pertimbangan bagi anda untuk tidak membangun kolam ikan di rumah, terutama bagi anda yang tinggal di perkotaan. Padahal sebenarnya anda ingin sekali membuat sebuah kolam ikan di rumah. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan membuat kolam ikan minimalis sebagai solusinya. Kolam ikan minimalis ini dapat memenuhi segi estetika yang anda inginkan dengan efek gemericik air dan juga ikan – ikan kecil di dalamnya yang mampu memberikan efek relaksasi seusai bekerja. Tahukah anda, bahwa dengan membuat kolam ikan minimalis ini tidak akan menyita seluruh luas halaman anda dan tentunya tetap dapat dibuat pada lahan yang terbatas sekalipun.

Dengan membuat kolam ikan minimalis, banyak manfaat yang bisa anda dapat. Seperti misalnya, rumah anda akan jauh lebih indah, terlebih jika rumah anda dipenuhi dengan rerimbunan pohon atau taman. Ini akan menciptakan suasana yang segar dan juga indah. Selain itu, memiliki kolam ikan di rumah juga dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi penghuninya.

Desain Kolam Ikan Minimalis

Berikut ini kami sajikan untuk anda beberapa ide – ide dan juga contoh desain dari kolam ikan minimalis yang dapat anda jadikan referensi, terutama bagi anda yang saat ini sedang bingung ingin membuat desain kolam ikan minimalis seperti apa yang tentunya juga cocok dengan desain rumah anda. Berikut beberapa contohnya :

  1. Kolam Ikan Minimalis Outdoor Bergaya Akuarium Rendah

Menjadi hal yang paling nikmat memang jika kita dapat menikmati pemandangan ikan peliharaan kolam ikan minimalis yang ada di luar ruangan. Selain dapat menambah keindahan luar rumah, proses perawatan dan juga pembersihannya juga lebih mudah dilakukan. Anda dapat memilih desain kolam ikan minimalis bergaya akuarium rendah ini untuk ditempatkan pada posisi lantai yang juga dapat menggantikan fungsi dinding pembatas. Cukup sediakan sedikit ruang saja untuk dapat membuat kolam ikan minimalis cantik ini.

  1. Kolam Ikan Minimalis Dengan Dekorasi Alami

Apabila anda ingin memiliki kolam ikan minimalis yang tidak pakai ribet, anda bisa menambahakan sedikit dekorasi alami yang tentunya tidak akan menguras kantong . Aksesoris yang wajib ada dikolam ikan minimalis, yaitu batu alam dan pepohonan berukuran sedang yang rindang tentu dapat menciptakan suasana belakang rumah yang terasa sangat segar. Selain itu anda juga bisa menambahkan model air mancur sebagai pemanis di kolam ikan minimalis anda.

  1. Kolam Ikan Minimalis Bergaya Etnik Kombinasi Kaca

Dengan perpaduan yang pas antara konkrit dengan kaca ini, dapat menghadirkan sebuah kolam ikan minimalis yang berbeda dari lainnya. Dengan meggunakan layar kaca, menjadikan anda dapat lebih asyik menikmati pemandangan ikan yang menari – nari. Uniknya lagi, desain kolam ini dibuat pada bagian dalam rumah yang ditempatkan di tengah taman. Desain kolam ikan minimalis ini juga sangat pas untuk anda yang ingin menambahkan kesan tradisional namun dengan aksen yang tetap modern di dalam rumah.

  1. Kolam Ikan Minimalis Tempat Bersantai di Atas Dek Kayu Elegan

Jika dilihat sekilas, area ini memiliki kolam ikan yang dipisahkan oleh sekat. Namun, pada dasarnya kolam ikan minimalis yang satu ini merupakan sebuah kolam besar yang sekaligus menjadi rumah untuk ikan – ikan cantik berada di dalamnya. Anda dapat menciptakan sebuah ruang khusus untuk menikmati kolam ikan minimalis ini setiap saat. Salah satunya adalah dengan menambahkan dek kayu dengan sofa yang empuk dan sebuah coffee table minimalis diatasnya. Hasilnya, kolam ikan minimalis yang awalnya hanya berbentuk kolam biasa kini dapat anda jadikan sebuah area khusus bersantai dengan dek kayu yang elegan.

  1. Kolam Ikan Minimalis Nuansa Alami dengan Perpaduan Platform Kayu

Desain kolam ikan minimalis ini juga nampak sederhana tanpa banyak polesan. Namun, dengan menambahkan paltform kayu di sekelilingnya, dapat menjadi nilai tambah yang efektif serta membuat suasana makin hangat. Jika anda tidak ingin merasa ribet dengan dekorasi yang bermacam – macam, anda dapat memilih satu saja dekorasi utama yang memiliki ukuran besar seperti kendi raksasa pada kolam ikan minimalis ini. Hasilnya, kolam ikan minimalis ini akan terkesan lebih hidup dan tidak membosankan sama sekali.

  1. Kolam Ikan Minimalis dengan Struktur Efisien

Pada umumnya, kolam ikan minimalis memiliki bentuk yang simetris, baik itu persegi panjang ataupun bujur sangkar yang mengikuti pola rumah hunian. Namun, kolam ikan minimalis yang satu ini tidak mengikuti aturan main seperti kolam ikan biasanya. Posisinya yang sejajar dengan dinding rumah, menjadikan kolam ikan minimalis ini hadir dengan ukuran dan juga bentuk yang disesuaikan dengan porsi ruang yang ada. Jadi, meskipun tidak simetris, kolam ikan minimalis ini justru dapat membaur dengan baik dan indah di depan halaman rumah.

Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis

Sekarang, anda tidak perlu ragu lagi untuk membuat kolam ikan sendiri di rumah. Langkah – langkah berikut ini dapat anda jadikan panduan saat hendak membuat kolam ikan minimalis, yaitu :

  1. Desain Kolam

Untuk bahan referensi saat membuat desain kolam, anda dapat mencarinya dengan mudah di internet, majalah atau buku – buku panduan. Sesuaikan desainnya dengan luas dan juga lebar rumah anda. Lalu, anda juga perlu menyelaraskan desain kolam dengan tema rumah. Untuk rumah dengan tipe minimalis, akan lebih cocok jika desain kolamnya berbentuk segi empat atau persegi panjang. Desain yang melingkar atau meliuk juga dapat menajdi alternatif selanjutnya jika masih ada lahan yang sisa.

  1. Ukuran Kolam

Gambarlah desain yang anda inginkan, lalu wujudkan. Sebelum itu, anda perlu menentukan ukuran kolam yang akan dibuat. Sesuai dengan namanya, kolam ikan minimalis ini tentunya tidak memerlukan ukuran yang terlalu besar. Dengan ukuran 2x½ m anda sudah bisa mendapatkan kolam cantik dengan air mancur sederhana di tengahnya dan taman minimalis di pinggirannya yang dihiasi batu – batu alam hingga terlihat sangat natural. Unsur penting dalam pengukuran kolam lainnya adalah posisi penempatan kolam. Sebaiknya, posisi kolam dibuat strategis supaya dapat dinikmati seluruh anggota rumah dan tidak mengganggu aktivitas sehari – hari.

  1. Material Kolam

Untuk mewujudkan kolam ikan yang indah, tidak harus menghabiskan biaya yang mahal. Anda cukup menyesuaikan dengan budget yang anda miliki. Namun, penting bagi anda untuk memilih material yang bagus. Material kolam yang baik, tentu akan menjadikan kolam lebih tahan lama. Sebagai improvisasi, anda dapat menambahkan komponen lain dalam kolam seperti taman mini pada pinggiran kolam, batu – batu alam dan juga patung – patung air yang akan membuat kolam jadi lebih hidup dan tidak monoton.

  1. Isi Kolam

Untuk kolam ikan minimalis, sebaiknya anda mengisinya dengan jenis ikan yang juga kecil dan mungil sebagai penghuninya. Misalnya ikan koi, ikan mas, dan yang lainnya. Ikan koi sendiri dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Perawatan ikan koi pun juga sangat mudah, cukup dengan mengganti airnya secara berkala. Yang paling penting adalah memilih jenis ikan yang mudah dirawat dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Anda juga dapat menambahkan tanaman air di pinggiran kolam. Ornamen – ornamen lainnya untuk mengisi dan merias kolam, dapat anda fikir dan sesuaikan dengan selera anda. Kolam ikan minimalis sendiri dapat dibuat bukan hanya di luar ruang, di dalam ruang pun bisa. Meski begitu, supaya keindahan serta kesan naturalnya dapat lebih terasa, maka akan lebih baik jika anda membuatnya di halaman atau di luar rumah anda.

Leave a Comment