Jenis dan Cara Memilih Cooker Hood (Penyedot Asap Dapur) yang Tepat


Penyedot Asap – Cooker hood adalah sebuah alat penghisap asap yang berguna untuk menyingkirkan atau mengusir asap, uap dan juga bau yang timbul karena aktivitas masak – memasak di dapur. Cooker hood ini akan menghisap lalu membuang asap kotor tersebut dan memprosesnya kembali supaya udara yang ada di dalam ruangan tetap sehat dan juga segar.

Cooker hood merupakan alat penghisap asap dapur yang mempunyai segudang manfaat terutama bagi kesehatan dan kesegaran udara di dalam rumah, khususnya di dapur. Apabila kesehatan menjadi hal yang penting dalam keluarga anda, maka cooker hood ini merupakan peralatan dapur yang wajib anda miliki. Mengapa demikian? Karena, asap dapur yang panas, bau, kotor dan juga pengap akibat proses memasak bisa menyebabkan polusi udara yang tentunya tidak baik bagi kesehatan keluarga anda. Jika asap dapur tersebut dihirup secara terus menerus, maka dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan dan jika mengendap dalam waktu yang lama di paru – paru akan mengakibatkan kanker paru – paru. Resiko yang ditimbulkan oleh asap dapur ini dapat terjadi jika dapur anda tidak dilengkapi dengan ventilasi atau sirkulasi udara yang bagus.

Dapur yang baik dan bersih tentu akan memperhatikan aspek kesehatan untuk kebaikan seluruh anggota keluarga. Lantai dapur yang bersih dengan udara segar merupakan pelengkap yang sempurna untuk kenyamanan selama proses masak-memasak ataupun saat menyantap makanan. Dengan menggunakan alat penghisap alat dapur ini, kenyamanan tersebut tentu dapat anda rasakan. Sebab asap dapur tidak akan menyebar kemana – mana dan akan langsung diserap lalu diproses kembali untuk dibuang keluar.

Memilih Cooker Hood Sesuai Kebutuhan

Ada tiga hal penting yang wajib anda perhatikan dalam memilih cooker hood yang benar – benar sesuai dan cocok untuk dapur anda. Yang pertama adalah, alat penghisap asap ini harus ditempatkan langsung tepat di atas kompor. Kedua, cooker hood ini harus berada dalam jangkauan pasokan listrik rumah anda. Dan yang ketiga adalah, apabila anda memilih model penyaluran dengan pipa buangan, maka anda wajib memiliki akses atau jalan keluar untuk pembuangannya.

Pada umumnya, semua peralatan dapur memiliki salah satu dari dua karakteristik, yaitu terintegrasi dengan peralatan yang lain (integrated unit) atau sebagai unit peralatan yang terpisah (freestanding unit). Semua model cooker hood sudah terintegrasi dengan peralatan lain. Tetapi, seberapa visible alat penghisap asap ini tergantung juga pada modelnya. Cooker hood dengan model fully integrated akan dapat menyatu dengan dapur sehingga alat penghisap asap ini hanya terlihat saat digunakan dan tersembunyi jika tidak digunakan. Sebaliknya, untuk cooker hood dengan model semi-integrated yang memang dirancang sebagai bagian dari desain dapur ini dapat ditampilkan sebagai titik fokus pada dapur anda.

5 Jenis atau Style Cooker Hood

Terdapat 5 jenis atau style dari cooker hood yang dapat anda pilih :

  1. Chimney Style

Bentuk dari chimney style ini mirip dengan cerobong yang menempel di dinding.

  1. Island

Bentuknya mirip dengan jenis chimney, namun jenis island ini dipasang menggantung pada tengah ruangan. Model ini membutuhkan langit – langit yang cukup tinggi dan juga kuat untuk menahan beban.

  1. Visor / Conventional

Modelnya menancap langsung ke dinding luar. Namun, cooker hood jenis ini sudah jarang lagi dapat ditemukan dalam ukuran diatas standar lebarnya, yaitu 60 cm.

  1. Fully Integrated

Model cooker hood ini dirancang sedemikian rupa supaya dapat menyatu dengan kitchen cabinet atau kitchen set dan peletakannya disembunyikan di belakang panel atau pintu kabinet. Model ini akan kelihatan saat digunakan dan dapat disembunyikan saat tidak sedang digunakan.

  1. Canopy (semi integrated)

Jenis cooker hood ini dipasang menyatu dengan bagian bawah kitchen set yang berada tepat di atas kompor namun tidak disembunyikan melainkan dibiarkan terlihat sebagai bagian dari dekoratif dapur.

Saat anda memilih ukuran cooker hood, ada dua hal penting yang perlu diingat. Yang pertama, anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa cooker hood yang anda pilih sudah sesuai dengan ukuran kompor. Apabila anda memiliki kompor yang ukuran lebarnya 90 cm, maka cooker hood yang harusnya anda pilih juga 90 cm ukurannya. Dan yang kedua, semua cooker hood harus dipasang sedemikian rupa hingga jarak antara bagian bawah cooker hood dengan bagian atas kompornya sekitar 75 cm.

Lebih Baik Memilih Cooker Hood Ekstraksi atau Resirkulasi?

Cooker hood sendiri bekerja dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan ekstraksi, dimana cooker hood akan menghisap asap panas lalu membuangnya keluar melalui saluran pembuangan. Dan yang kedua adalah resirkulasi, dimana cooker hood akan menghisap asap lalu memprosesnya hingga bersih dan mengalirkannya kembali dalam ruangan tersebut.

Berikut ini merupakan perbedaan cara kerja, kelebihan serta kekurangan antara kedua alat penghisap asap tersebut :

  1. Ekstraksi
  • Cara kerja : menyaring udara kotor dengan filternya lalu melepaskannya melalui ventilasi keluar ruangan.
  • Kelebihan : sangat efektif digunakan untuk menghilangkan asap panas, bau dan juga kelembapan udara.
  • Kekurangan : memerlukan ventilasi ke dinding luar yang biaya pemasangannya cukup mahal.
  1. Re-sirkulasi
  • Cara kerja : menghisap udara ke dalam alat melalui filter guna menetralisir bau dan juga menghilangkan partikel lemak. Udara yang terhisap kemudian dibersihkan dan dikembalikan ke dapur. Alat ini membutuhkan filter karbon atau re – circulating kit untuk memproses dan mensirkulasikan lagi udara bersih ke dapur.
  • Kelebihan : biaya pemasangannya lebih rendah dan dapat digunakan untuk semua jenis dapur.
  • Kekurangan : filter arangnya harus diganti secara berkala dan tidak bisa digunakan untuk menghilangkan uap air dari udara

Kedua jenis filter cooker hood ini harus sering – sering dibersihkan. Minimal sebulan sekali atau tergantung juga pada intensitas memasak anda. Jika cooker hood ini tidak sering dibersihkan, maka udara kotornya lama – lama dapat menyumbat alat penghisap asap tersebut.

 

Fitur Cooker Hood yang Penting

Cooker hood juga memiliki beberapa fitur penting yang perlu anda ketahui. Fitur – fitur penting dari alat penghisap asap ini diantaranya adalah :

  1. Control Panel

Cooker hood yang mempunyai control panel di bagian depan, akan lebih mudah dioperasikan jika dibandingkan dengan cooker hood yang control panelnya di dalam atau di bagian bawah.

  1. Power Setting

Power setting pada cooker hood digunakan untuk mengatur kecepatan dan juga daya hisapnya.

  1. Grease Filters

Grease filters atau saringan partikel lemak ini digunakan untuk menghisap partikel lemak yang naik pada saat proses memasak. Filter ini harus sering – sering dibersihkan supaya tidak menyumbat alat hisapnya.

  1. Fitur Lampu

Biasanya, cooker hood sudah dilengkapi dengan lampu halogen atau lampu pijar yang dapat digunakan untuk menerangi saat anda  memasak.

Itulah beberapa tips dalam memilih cooker hood atau alat penghisap dapur yang bisa kami sampaikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa memudahkan anda dalam menentukan cooker hood yang sesuai dengan kebutuhan dapur anda.



Leave a Comment