Harga Partisi Ruangan


Harga Pembatas Ruangan – Partisi merupakan sekat yang berfungsi untuk membatasi antara ruang satu dengan ruang lainnya. Namun partisi tidak sama dengan dinding pembatas, meskipun fungsi dasarnya sama. Sebab, partisi dapat dipindah dan diatur tata letaknya sesuai dengan keinginan kita, hal inilah yang menjadi perbedaan antara partisi dengan dinding pembatas.

Nah, pada kesempatan kali kami akan mengulas jenis, fungsi, tips memilih jenis partisi, dan harga partisi ruangan.

Jenis-Jenis Partisi Ruangan

  1. Partisi masif

Apabila anda yang mengingankan kegiatan privasi tanpa harus terganggu oleh orang lain, misalnya untuk membatasi antara ruang keluarga dengan ruang kerja yang sebenarnya satu ruangan maka anda bisa memakai jenis patisi ini. Material pembentuk partisi masif pada umumnya tidak transparan (tidak tembus pandang) dan menggunakan bahan yang solid.

  1. Partisi semi transparan

Jenis partisi ruangan yang unik yaitu partisi semi transparan yang termasuk campuran bahan material solid dengan bahan transparan.

  1. Partisi transparan

Partisi transparan ini dipilih supaya para penghuni dapat melihat kegiatan penghuni lainnya meskipun dibatasi dengan sekat. Bisa juga jenis partisi ini dipasang di kamar mandi untuk dapat memberikan sekat apabila anda ingin mandi menggunakan shower.

Baca juga: Kamar Tidur Minimalis

Fungsi Partisi Ruangan

Dengan adanya partisi dalam sebuah interior, partisi ini bertujuan untuk dapat membedakan antara ruang satu dengan ruang yang lainnya supaya mempunyai fungsi yang berbeda. Jadi bisa dikatakan bahwa fungsi utama partisi adalah untuk mendefinisikan kegunaan dari suatu ruang yang akan dipisahnya.

Maka dari itu, aktivitas pada masing-masing ruangan bisa dibuat lebih spesifik. Berikut ini adalah fungsi partisi ruangan yang perlu anda ketahui :

  1. Memisahkan dua ruangan

Memisahkan dua ruangan yang dipisahkan oleh partisi, maka akan memiliki fungsi yang berbeda antara satu ruang dengan lainnya. Biasanya akan diterapkan pada interior yang menghubungkan antara ruang tamu dengan ruang tengah, dan juga ruang keluarga dengan ruang makan. Maka sebelum memilih partisi ruangan, anda harus terlebih dahulu menetukan fungsi utama dari ruangan tersebut.

  1. Memberikan privasi untuk sisi ruangan lain

Pada desain interior yang biasanya menggabungkan antara ruang tamu dengan ruang tengah, maka kita akan memerlukan partisi untuk dapat memisahkan keduanya. Sebab aktivitas dalam ruangan yang tertentu, tidak sama dengan aktivitas yang dikerjakan di tempat lain. Tidak adanya partisi tentu akan membuat kedua ruangan ini tidak bisa dimanfaatkan lebih maksimal. Sehingga kita harus mengupayakan privasi baik itu untuk keluarga ataupun tamu pada masing-masing ruangan.

  1. Menjadikan elemen penghias ruangan

Kini partisi atau penyekat tidak hanya digunakan untuk memisahkan ruangan saja, namun juga penghias interior. Anda pun bisa membuat partisi dengan berbagai desain atau model yang elegan, ataupun dengan memasang hiasan pada partisi anda. Dengan adanya partisi yang sangat cantik ini, maka fungsinya tidak hanya sekedar pembatas ruangan saja tetapi juga dapat digunakan sebagai elemen dekoratis interior rumah minimalis anda.

Material yang biasa digunakan pada partisi

Ada beberapa macam bahan material partisi yang bisa anda gunakan sebagai penyekat atupun penghias rumah anda. Setiap bahan partisi memiliki karakter sendiri yang dapat disesuaikan dengan desain yang anda inginkan. Beberapa bahan yang biasa digunakan sebagai material partisi adalah sebagai berikut :

  • Kaca

Partisi yang terbuat dari bahan kaca akan membuat ruangan anda tetap terasa terang. Meskipun ada sekat, tidak akan menghalangi satu ruangan dai cahaya yang berasal dari ruang lainnya. Disamping itu, partisi yang berbahan kaca ini juga akan menciptakan kesan luas. Akan tetapi, jenis partisi kaca ini tidak akan cocok jika digunakan untuk memisahkan ruangan yang memerlukan privasi tinggi.

  • Kayu

Bahan material kayu akan mudah dibentuk menjadi berbagai jenis partisi yang multi-fungsi. Anda dapat membuat partisi ini hanya sekedar bidang pembatas dengan berbagai ornamen hias, ataupun dengan membuatnya sebagai lemari pajangan hiasan. Semuanya memiliki dungsi yang sama yaitu sebagai partisi pembatas ruangan yang dapat ditambahkan dengan hiasan yang cantik.

  • Bambu

Anda bisa menata bambu utuh (berupa bumbung) atau mengolahnya menjadi sebuah anyam. Bambu ini akan memberikan kesan etnik jika jenis bambu yang anda pilih merupakan bambu yang memiliki teksture tertentu. Nuansa alami  bisa didapatkan pada ruangan yang menggunakan pastisi berbahan bambu ini.

Tips Memilih Jenis Partisi Ruangan Yang Tepat

  • Sesuaikan dengan ruangan

Pertama, anda harus menentukan terlebih dahulu fungsi ruangan yang akan diberikan partisi. Hal ini bertujuan untuk membantu anda dalam menentukan desain partisi yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja, untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang keluarga maka anda dapat menggunakan desain partisi yang juga memiliki fungsi sebagai rak. Dengan demikian, anda bisa meletakkan benda-benda seperti pernak-pernik ataupun foto keluarga  yang cantik untuk anda pajang.

  • Pertimbangkan anggaran

Setelah anda menentukan ruangan mana yang akan diberi partisi, maka selanjutnya pertimbangkan anggaran yang anda miliki. Jadi, anda dapat menyesuaikan anggaran yang anda miliki dengan jenis partisi yang akan digunakan untuk rumah minimalis anda. Maka dari itu, hal-hal yang yang harus dipertimbangkan antara lain, yaitu bentuk, model, bahan dan juga biaya pemasagan untuk partisi tersebut.

  • Memilih desain partisi

Terakhir, anda harus pastikan memilih pembatas ruangan untuk minimalis ini sudah sesuai dengan selera anda. Anda bisa memilih pembatas yang desai dan warnanya memiliki berpadu selaras dengan tema interior rungan anda. Anda juga harus mempertimbangkan material dan ukuran partisi tersebut. Pastikanlah bahwa partisi tersebut tidak begitu besar hingga menghabisakan banyak space.

Baca juga: Gorden Jendela Minimalis

Harga Partisi Ruangan atau Pembatas Ruangan

Bagi anda yang berniat untuk membeli partisi ruangan, disini kami akan memberikan daftar harga partisi ruangan yang mungkin bisa menjadi referensi dalam memilih jenis partisi ruangan yang sesuai. Namun perlu diketahui, bahwa harga partisi ruangan ini bisa berubah sewaktu-waktu  dalam waktu yang singkat.

Disamping itu, harga partisi ruangan antara satu daerah dengan daerah yang lain bisa berbeda-beda. Harga partisi ruangan ini tergantung dari jenisnya. Nah, untuk lebih jelasnya berikut adalah harga partisi ruangan terbaru :

Harga Partisi Ruangan

  • Harga Penyekat Ruangan Type SOREPA : Rp. 2.150.000,- / m²
  • Harga Penyekat Ruangan Type SAMOWA : Rp. 1.719.000,- / m²
  • Harga Penyekat Ruangan Type Nice Partition : Rp. 1.338.000 / m²
  • Harga Penyekat Ruangan Lipat PVC : Tinggi mak 220 cm Rp. 2.096.000 – 2.321.000/ m¹
  • Harga Penyekat Ruangan Lipat PVC : Tinggi mak 300 cm Rp. 2.698.000 – 2.950.000 / m¹

Harga Pasang Partisi Gypsum per meter (1 Sisi)

Gypsum Jayaboard 1 Sisi. Rangka Hollow Meni Rp.95.000/m2
Gypsum Jayaboard 1 Sisi. Rangka Hollow Galvanis/Galvalum Rp.100.000/m2
Gypsum Elephant 1 Sisi. Rangka Hollow Meni Rp.93.000/m2
Gypsum Elephant 1 Sisi. Rangka Hollow Galvanis/Galvalum Rp.97.000/m2
Gypsum Knauf 1 Sisi. Rangka Hollow Meni Rp.90.000/m2
Gypsum Knauf 1 Sisi. Rangka Hollow Galvanis/Galvalum Rp.95.000/m2

Harga Pasang Partisi Gypsum per meter (2 Sisi)

Gypsum Jayaboard 2 Sisi. Rangka Hollow Meni Rp.165.000/m2
Gypsum Jayaboard 2 Sisi. Rangka Hollow Galvanis/Galvalum Rp.170.000/m2
Gypsum Elephant 2 Sisi. Rangka Hollow Meni Rp.163.000/m2
Gypsum Elephant 2 Sisi. Rangka Hollow Galvanis/Galvalum Rp.167.000/m2
Gypsum Knauf 2 Sisi. Rangka Hollow Meni Rp.155.000/m2
Gypsum Knauf 2 Sisi. Rangka Hollow Galvanis/Galvalum Rp.160.000/m2

Harga Pasang Plafon Gypsum per meter

Gypsum Jayaboard Rangka Hollow Meni Rp.105.000/m2
Gypsum Jayaboard Rangka Hollow Galvanis/Galvalum Rp.110.000/m2
Gypsum Elephant Rangka Hollow Meni Rp.103.000/m2
Gypsum Elephant Rangka Hollow Galvanis/Galvalum Rp.107.000/m2
Gypsum Knauf Rangka Hollow Meni Rp.100.000/m2
Gypsum Knauf Rangka Hollow Galvanis/Galvalum Rp.105.000/m2

Harga Pasang List Profil

Lebar lis 7cm s/d 10cm Rp.20.000/m1
Lebar lis 12cm s/d 15cm Rp.30.000/m1
Lebar lis 17cm s/d 20cm Rp.45.000/m1

Harga Desain Plafon Standar

Drop ceiling Rp.55.000/m1
Up Ceiling (Kolong) Rp.100.000/m1
Drop oval Rp.170.000/m1


Leave a Comment