Contoh Desain Teras Rumah


Teras Rumah – Teras merupakan salah satu bagian penting dari sebuah rumah. Pada umumnya, teras rumah terdapat pada bangunan rumah bagian depan. Oleh karena itu, teras rumah merupakan bagian rumah yang akan pertama kali dilihat orang ketika akan masuk dalam rumah. Dengan begitu, sangat penting sekali bagi kita untuk membangun teras rumah sebaik mungkin agar memberikan kesan postif saat melihat rumah kita.

Di area perkotaan, lahan untuk membangun rumah kini sangat terbatas sehingga kita harus panda-pandai dalam mendesain rumah. Dalam kondisi seperti ini, bagian-bagian rumah harus kita buat sesimple mungkin termasuk bagian teras rumah. Maka tak jarang, di perkotaan kebanyakan rumah dibangun dengan desain minimalis. Teras yang dibangun juga tidak terlalu luas, atau yang bisa dikatakan sebagai teras rumah minimalis.

Teras rumah sendiri merupakan bagian penting yang biasa kita gunakan untuk bersantai, membaca koran sambil minum kopi, atau  untuk menerima tamu. Maka sudah seharusnya kita membuat desain yang baik supaya teras rumah minimalis ini bisa nyaman untuk kita gunakan.

Tak heran, banyak sekali pemilik rumah yang memperindah teras rumahnya dengan berbagai hiasan seperti tanaman-tanaman di dalam pot sehingga tampak hijau, segar, dan indah.

Model Teras Rumah Minimalis

1. Teras Minimalis Sederhana

Model teras minimalis sederhana ini sangat cocok untuk rumah-rumah  yang berukuran kecil. Teras ini memiliki lantai yang tidak terlalu luas, pintu utama dan atap datar kecil sebagai penutupnya. Tanpa memiliki elemen tambahan seperti tiang ataupun dinding karena elemen ini dapat membuat rumah semakin terlihat sempit.

Supaya lebih menarik, anda bisa mengaplikasikan elemen dekorasi seperti taman vertikal atau gantungan di dinding.

Baca juga: Desain Interior Kamar Tidur Minimalis

Ide lain untuk teras minimalis sederhana:

Teras mungil dan tidak terlalu menonjol, hanya memiliki fungsi sebagai jalan masuk utama.

Meskipun sederhana, anda bisa menciptakan kesan manis dengan menempatkan beberapa elemen tanaman di teras ini.

2. Teras Minimalis Mewah

Untuk rumah mewas, teras rumah menjadi salah satu bagian yang bisa dieksplorasi lebih lanjut. Ukuran teras bisa dibuat lebih luas, bentukan teras bisa diolah sedemikian rupa supaya bisa tampak elegan. Demikian pula dengan penambahan perabot.

Tidak masalah jika anda menambahkan perabot seperti kursi dan meja di teras rumah mewah ini. Hal ini bertujuan untuk ruang tunggu ataupun ruang santai di sore hari. Agar terlihat megah, anda bisa mengaplikasikan marmer pada dinding.

Anda juga dapat mengaplikasikan teras minimalis mewah, seperti ini :

Teras rumah mewah dengan elemen pencahayaan dan perabot minimalis di depan rumah.

Teras rumah mewah dengan tempat duduk yang unik mungkin bisa menjadi pilihan.

3. Teras Minimalis Batu Alam

Saat ini, batu alam memang sering dihadirkan dalam sebuah rumah minimalis dengan tujuan untuk mengurangi kemonotonan dalam sebuah fasade rumah. Biasanya batu alam dipasang pada bagian teras rumah untuk dapat menciptakan kesan fokus di teras rumah, seperti tekstur dan juga warna alami yang muncul.

Agar menciptakan kesan elegan, anda dapat menambahkan pencahayaan buatan yang sederhana pada dinding teras.  Selain itu, rumah akan terlihat fokus dengan teras yang jauh lebih tinggi dari taman rumah.

Maka dari itu, anda bisa menambahkan elemen beberapa anak tangga untuk dapat mempertegas teras rumah.

Inpirasi lain untuk teras minimalis menggunakan batu alam:

Elemen batu alam yang memiliki ukuran besar juga bisa dimanfaatkan sebagai lantai dan dinding teras.

Pemanfaatan elemen batu alam ini tidak perlu di seluruh dinding, hanya cukup sebagian saja.

4. Teras Minimalis Elegan

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menciptkan konsep elegan pada sebuah teras rumah. Selain memanfaatkan batu alam, bentukan-bentukan seperti teralis jendela yang dipasang di muka pintu utama juga bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat.

Bentuk tersebut tidak harus selalu masif. Bentukan berongga dengan pola tertentu juga bisa diterapkan. Dengan adanya elemen vertikal ini teras rumah akan menjadi lebih fokus dan terlihat elegant.

Selain desain diatas, model nan elegan ini juga dapat anda terapkan :

Suasana elegan dapat anda ciptkan dengan memasang pintu utama dari material kaca.

Tambahkan juga elemen dinding bertekstur di teras rumah untuk dapat menambah kesan detail yang manis.

5. Tiang Teras Minimalis Batu Alam

Untuk sebuah rumah yang mempunyai teras bertiang, solusi model untuk membuat teras tersebut menjadi terlihat menarik maka bisa difokuskan pada tiang.

Batu alam bisa dipasang di beberapa bagian atau keseluruhan tiang. Namun pastikan juga bahwa tiang tersebut memang cocok untuk dipasang batu alam.

Anda pun harus memilih jenis batu alam apa yang pas untuk elemen depan rumah. Pilihlah sesuai warnanya ataupun sesuai karakteristik tekstur.

Desain lain teras batu alam, seperti ini :

Suasana yang elegan bisa diciptakan dengan memasang pintu utama dari material kaca.

Tambahkan pula elemen dinding bertekstu di teras untuk dapat menambah kesan detail yang manis.

6. Teras Bata Ekpos

Tidak hanya batu alam saja. Variasi tiang teras yang dapat diaplikasikan berikutnya adalah bata ekspose. Model ini sangat cocok sekali untuk rumah bergaya indutrialis. Sebagai dekorasinya, anda dapat meletakkan sofa apabila area cukup luas atau bisa juga kursi kayu jika areanya lumayan kecil..

Gaya teras industralis lainnya sebagai berikut :

Penataan batu bata ekspose berongga di teras untuk elemen shading yang unik.

Agar tidak nampak ramai, tempatkan bata ekspose hanya di satu bagian dinding teras.

7. Teras Rumah Cantik

Dalam menciptakan sebuah teras rumah tidak harus selalu dilakukan dengan bentukan atau material bangunan. Sebab, dengan memanfaatkan tanaman juga sudah cukup membantu untuk menciptakan kesan visual teras yang nampak lebih cantik alami.

Di teras rumah yang sederhana, penambahan elemen tanaman gantung dapat dimanfaatkan sebagai bahan dekor yang terbaik. Selain itu, tanaman ini dapat menyaring udara kotor yang akan masuk ke rumah. Jadi, selain nampak cantik, rumah anda juga akan terlihat lebih sehat.

Selain desain di atas, berikut adalah contoh lainnya :

Keberadaan kursi dan meja putih ditengah elemen tanaman akan terlihat sangat cantik.

Kombinasikan elemen tanaman dengan lantai teras dari kayu supaya lebih natural.

8. Teras Marmer

Rumah meditarian merupakan konsep rumah megah yang paling diminati oleh kebanyakan orang pada saat ini. Konsep ini sangat fokus pada bentukan rumah yang simetris dengan elemen teras sebagai fokus utamanya. Karakteristik utama rumah meditarian adalah teras yang nampak tinggi menjulang sampai atapnya.

Untuk dapat menciptakan kesan meditarian yang khas, material marmer atau granis dapat dipasang di teras rumah tersebut. Baik itu di lantai ataupun di bagian tiang teras. Teras ini akan nampak seperti kastil ataupun istana di negri dongeng.

Insiparasi teras marmer lainnya adalah sebagai berikut :

Padukan dinding marmer dengan elemen kayu untk teras rumah mewah unik.

Menciptakan teras minimalis dengan satu area dinding yang dilapisi dengan marmer terbaik.

9. Teras Minimalis Klasik

Konsep minimalis klasik merupakan kombinasi antara minimalis yang sederhana dan klasik yang fokus. Gaya ini selalu hadir dalam sebuah rumah modern yang dimana bagian teras akan menjadi fokus utama dari fasade-nya. Tidak perlu banyak dekorasi apabila anda ingin menerapkan model teras ini.

Sebab, keberadan atap teras yang khas sudah sangat menarik. Namun, jika anda ingin mecoba dekorasi yang lain maka anda dapat menambahkan aksen lengkung dibawah atap teeras atau memasang tiang di teras ini yang diisi dengan batu alam supaya lebih terlihat klasik.

Desain teras minimalis klasik lain yang bisa Anda pertimbangkan:

Desain teras minimalis klasik yang simetris pada sebuah rumah dengan dominasi batu alam.

Teras rumah klasik dengan pagar rendah dan lebih tinggi dari permukaan tanah.

10. Teras Material Alami

Konsep rumah alami atau rumah kembali ke alam saat ini mulai bangkit.

Anda bisa meletakkan konsep tersebut pada teras rumah, dimana teras rumah akan dibentuk dengan material yang alami.

Misalnya kayu atau bambu yang dipadukan dengan dinding batu alam yangtidak terlalu tinggi.

Konsep ini cocok untuk rumah yang memiliki taman indah atau taman luas, karena kayu di teras akan berpadu secara alami dengan vegetasi-vegetasi yang ada di taman tersebut.

Model lainnya:

Manfaatkan material bambu yang melimpah di Indonesia untuk teras yang keren.

Menciptakan shading yang dinamis dengan material bambu atau kayu di teras masuk.

Baca juga: Model Ruang Tamu Minimalis

11. Model Teras Minimalis Type 36

Rumah tipe 36 adalah rumah standar yang tidak begitu luas. Sehingga teras rumah ini tidak bisa memiliki ukuran yang sangat luas.

Teras rumah tipe 36 kebanyakan hadir hanya sebagai ruang transisi dan tidak bisa dimanfaatkan untuk ruang bersantai. Sehingga elemen estetika di teras tidak perlu terlalu berlebihan.

Aksen garis vertikal dan horizontal merupakan aksen yang cocok untuk diterapkan.

Karena bentukan garis lurus adalah bentukan yang paling sederhana. Untuk menghilangkan kesan monoton, permainan warna bisa diterapkan di garis-garis tersebut.

Selain itu, desain ini juga cocok untuk teras rumah tipe 36:

Rumah type 36 dengan teras sederhana dengan bouvenlis untuk penerangan tambahan.

Manfaatkan elemen kayu dan batu alam untuk rumah type 36 yang lebih natural.

12. Model Teras Minimalis Type 21

Teras rumah tipe 21 pun demikian. Tidak jauh berbeda dengan teras tipe 36, teras tipe 21 juga tidak membutuhkan aksen yang berlebihan.

Cukup dengan memainkan garis-garis vertikal dan horizontal. Selain itu permainan warna juga bisa diterapkan untuk menghilangkan kesan yang terlalu sederhana.

Berikut inspirasi lain untuk teras rumah tipe 21:

Rumah type 21 dengan teras modern dan pintu masuk yang tinggi.

13. Model Teras Minimalis Type 45

Untuk rumah tipe 45, luasnya teras bisa sedikit lebih lapang.

Demikian juga dengan modelnya. Anda bisa menciptakan sebuah teras yang lebih tertutup dengan bantuan bidang dinding yang kecil di depan teras.

Jangan lupa untuk menciptakan atap datar di teras yang bermanfaat untuk menghalau panas dan hujan.

Sementara itu, elemen dinding ini bisa dicat dengan warna tertentu atau bahkan ditambahkan batu alam yang bertekstur.

Namun hindari penambahan dinding yang terlalu lebar. Dan sebisa mungkin jangan sampai dinding tersebut menutupi pintu utama rumah.

Ini model teras rekomended untuk rumah tipe 45:

Detail teras rumah minimalis dengan elemen berupa dinding dan atap datar yang menyatu.

Teras rumah yang kecil dengan bentuk lorong namun diberi pencahayaan yang baik.

14. Model Teras Minimalis Type 54

Teras rumah tipe 54 dapat hadir dengan cara yang lebih modern.

Walau tidak banyak memasang aksen atau bentuk yang berlebihan, kehadiran teras rumah tipe 54 bisa dimanfaatkan untuk ruang tunggu.

Selain itu Anda bisa menambahkan pencahayaan yang baik di teras atau taman yang ada di dekat teras.

Tujuannya adalah untuk menciptakan kesan yang elegan terutama saat malam hari.

Sementara itu, rumah tipe 54 bisa menerapkan desain ini:

Teras unik yang berada di tengah rumah dan memisahkan rumah menjadi dua bagian.

Desain teras modern pada rumah type 54 yang mewah dan elegan.

Demikian informasi yang dapat kami bagi tentang ide desain teras rumah minimalis sederhana. Semoga beberapa gambar mu di atas bisa memberikan inspirasi yang memudahkan anda untuk mendesain ruang tamu yang sesuai dengan tema dekorasi rumah. Selamat mencoba!



Leave a Comment